PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DENGAN MENERAPKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.23Abstract
Abstrak
Project Based Learning (PjBL) masih jarang dilakukan di sekolah meskipun diyakini dapat pelaksanaan pembelajaran aktif di sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile learning (m-learning) yang akan membantu guru memudahkan proses pembelajaran dengan model Project Based Learning (PjBL) pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar untuk fisika tingkat SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model Dick & Carey. Penelitian ini dibatasi sampai pada tahapan Dick & Carey yang ke-9 yaitu tahap revisi instruksional. Analisa data dilakukan dengan mengumpulkan data melalui ahli materi, ahli media, dan responden. Aspek-aspek penilaian yang digunakan mengacu pada kajian teori yang ada. Dengan media pembelajaran berbasis mobile learning ini maka diharapkan proses pembelajaran fisika dengan model Project Based Learning (PjBL) dapat menjadi lebih mudah dan efektif.
Kata-kata kunci: pembelajaran aktif, mobile learning, Project Based Learning (PjBL), dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar.
Abstract
Project Based Learning (PjBL) is still rarely done in schools. This research was conducted to develop learning media based on mobile learning (m-learning) that will help teachers facilitate the learning process with the Project Based Learning (PjBL) model on rotational dynamics and rigid body materials for high school physics. The research method used in this study is the Research and Development (Research and Development) method with the Dick & Carey model. This research completes up to the 9th Dick & Carey stage, the revised tutorial. Data analysis is done by collecting data through material experts, media experts, and respondents. Assessment aspects refers to the existing theories. With this mobile learning, it is expected that the process of learning physics with the Project Based Learning (PjBL) model can be easier and more effective.
Keywords: active learning, mobile learning, Project Based Learning (PjBL), rotational dynamics and rigid body.
References
Book
Cengara, & Hafied. (2011). Makalah Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali.
Effendi, & Uchjana, O. (2010). Ilmu Komunikasi dan Praktek. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya .
Moeleong, & Lexy. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabera.
Mulyana, & Dedi. (2011). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Sendjaja, & Djuarsa. (2011). Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Veitzhal, & Rivai. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada.
Widjaya. (2010). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.
Online Articles
No Title. (2020). https://www.pertamina.com