STUDI PENDAHULUAN PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK MATERI BUNYI DAN CAHAYA

Authors

  • Nur Asiah Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadiyah Prof. DR, Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.27

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengacu pada permasalahan yang dialami siswa  dalam pelajaran fisika karena kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, didapat analisis kebutuhan siswa yaitu  dalam proses pembelajaran perlu adanya mekanisme atau suplemen  yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah  untuk menghasilkan dan mengetahui persepsi siswa terhadap pengembangan aplikasi mobile learning berbasis android  dengan menggunakan adobe flash CS6 untuk materi gelombang bunyi dan cahaya. Karena penelitian ini merupakan studi pendahuluan dengan menggunakan metode  research and developmeny (R&D), yang diarahkan pada pengembangan produk dalam bentuk  e-learning untuk siswa SMA yang berupa animasi dan pratikum dengan virtual lab  yang dapat diakses secara langsung di smartphone siswa. Subjek uji coba terbatas pada seratus delapan siswa terdiri dari tiga sekolah penelitian, masing-masing kelas terdiri dari tiga puluh enam siswa . data diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas control. Analisis data menggunakan google form  untuk menguji signifikansi dalam eksperimen  yang dapat dilakukan. Penelitian pendahuluan ini akan dilanjutkan untuk mengetahui kelayakan aplikasi mobile learning berbasis android dengan menggunakan adobe flash cs6 untuk materi bunyi dan cahaya.

Kata kunci: mobile learning, android, gelombang bunyi dan cahaya

Abstract

his study refers to the problems experienced by students in physics because of a lack of understanding of learning materials. Based on the results of observations that have been made, an analysis of student needs is obtained in the learning process the need for a mechanism or supplement that can be used as a learning medium. For this reason, the purpose of this research is to produce and find out students' perceptions of the development of Android-based mobile learning applications using Adobe Flash CS6 for sound and light wave material. Because this research is a preliminary study using research and development methods (R&D), which is directed at developing products in the form of e-learning for high school students in the form of animation and practical with a virtual lab that can be accessed directly on students' smartphones. The trial subjects were limited to one hundred and eight students consisting of three research schools, each class consisting of thirty-six students. Data obtained from the experimental class and control class. Data analysis uses google form to test the significance in the experiments that can be performed. This preliminary research will continue to determine the feasibility of an Android-based mobile learning application using Adobe Flash CS6 for sound and light material.

  Keywords: mobile learning, android, sound waves and light

References

[1] Muhammad Ngafifi, “Kemanjuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif social budaya,” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, vol. 2, no.1, p. 2, 2014.
[2] I. S. Utami, M. Vitasari, I. Langitasari, I. Sugihartono, and Y. Rahmawati, “The Local Wisdom-Based STEM Worksheet to Enhance the Conceptual Understanding of Pre-service Physics Teacher”, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 97 - 104, Jun. 2020.
[3] M. Masrifah, A. Setiawan, P. Sinaga, and W. Setiawan, “An Investigation of Physics Teachers’ Multiple Representation Ability on Newton’s Law Concept”, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 105 - 112, Jun. 2020.
[4] A. M. Yusuf, “Pegembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash untuk Mata Kuliah Fisika Modern Materi Radiasi Benda Hitam,” Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPFF), vol. 11, no. 1, p. 68, 2015.
[5] S. M. Siahaan, “Pengunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Fisika,” Prosiding Seminar Nasional Fisika 2012, Palembang: Universitas Sriwijaya, tanggal 4 Juli 2012.
[6] A. Arsyad, “Media Pembelajaran Edisi Revisi,” Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
[7] R. Haryadi and H. Pujiastuti, “The Science Literacy Capabilities Profile Using Guided Inquiry Learning Models”, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 81 - 88, Jun. 2020.
[8] R. Athiyyah, T. Al Farizi, and D. Nanto, “Improvement of Science Process Skills Through Sound Variable Intensity Level Tool Kit”, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 89 - 96, Jun. 2020.
[9] D. Oktasari, D. Hediansah, J. Jumadi, and W. Warsono, “Instructional Technology: Teacher’s Initial Perception of TPACK in Physics Learning”, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 131 - 138, Jun. 2020.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Asiah, N. . (2020). STUDI PENDAHULUAN PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK MATERI BUNYI DAN CAHAYA . PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 9(1), SNF2020PF-183. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.27

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya