PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBANTUAN FLASHCARD DILENGKAPI SOAL-SOAL LITERASI SAINS PADA MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH

  • Shaladsha Irma Halimah Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia
  • I Made Astra Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia
  • Agus Setyo Budi Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-learning berbantuan flashcard dilengkapi soal-soal literasi sains pada materi teori kinetik gas yang dapat digunakan sebagai sebagai media pembelajaran untuk membantu peserta didik selama pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu R&D (Research and Development) dengan model yang digunakan adalah model Dick & Carey, karena sebagai model pendekatan yang efektif dalam pembelajaran mandiri. Tiap prosedur yang terdapat di dalam model Dick & Carey mengembangkan suatu unit pembelajaran yang terorganisir, serta dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran secara sistematis yang terdiri dari sepuluh tahap. Responden penelitian ini terdiri dari responden ahli, yaitu: ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran, serta guru fisika dan peserta didik kelas XI SMA. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan persentase rata-rata sebesar 89,58%, oleh ahli materi menunjukkan persentase rata-rata sebesar 90,65%, serta oleh guru fisika kelas XI menunjukkan persentase rata-rata sebesar 96,00% dengan kategori “sangat baik”. Penelitian ini menghasilkan produk e-learning berbantuan flashcard dilengkapi soal-soal literasi sains pada materi teori kinetik gas yang layak digunakan sebagai media pembelajaran selama PJJ.

Kata-kata kunci: e-learning, flashcard, literasi sains, pembelajaran jarak jauh.

Abstract

This study aims to develop e-learning assisted by flashcards equipped with scientific literacy questions on gas kinetic theory material that can be used as a learning medium to help students during distance learning. The method used in this research is R&D (Research and Development) with the model used is the Dick & Carey model, because it is an effective approach model in independent learning. Each procedure contained in the Dick & Carey model develops an organized learning unit and can assist students in a systematic learning process consisting of ten stages. The respondents of this study consisted of expert respondents, namely: material experts, media experts, and learning experts, as well as physics teachers and students of class XI SMA. The results of validation by media experts showed an average percentage of 89.58%, by material experts an average percentage of 90.65%, and by class XI physics teachers showed an average percentage of 96.00% in the "very good" category.  This research resulted in e-learning products assisted by flashcards equipped with scientific literacy questions on gas kinetic theory material which was to be suitable for use as learning media for students during distance learning.

Keywords: e-learning, flashcard, scientific literacy, distance learning.

References

R. Yuniarti & W. Hartati, “Persepsi Mahasiswa Tentang Penerapan E-learning pada Masa Darurat Covid-19,” Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 6, pp. 158-167, 2020.

Y. Guntara & I. S. Utami, “Implementation of Augmented Physics Animation Integrated Crosscutting Concept COVID 19 in Facilitating Problem Solving Skills and Disaster Preparedness,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no, 1, pp. 43-52, 2021.

UNICEF, “COVID-19 dan Anak-Anak di Indonesia,” 2020.

D. R. Hidayat et al., “Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19” Perspektif Ilmu Pendidikan, 2020, vol. 34, pp. 147–154.

S. Sunaryo, H. Nasbey & H. Amelia, “Learning Media Development using Transformative Learning Strategy Android Application as a Distance Learning Support on Static Fluid,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 61-72, 2021.

R. Pakpahan & Y. Fitriani, “Analisa Pemanfataan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19,” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh, vol. 4, pp. 30-36, 2020.

A. S. Budi et al., “Virtual Reality Technology in Physics Learning: Possibility, Trend, and Tools,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 23-34, 2021.

S. W. Widyaningsih et al., “Online Interactive Multimedia Oriented to HOTS through E-Learning on Physics Material about Electrical Circuit,” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), vol. 9, 2020.

S. Dahiya et al., “An eLearning System for Agricultural Education,” Indian Res. J. Ext. Edu, pp. 132-135, 2012.

H. Warni, “The Relevance of E-Learning in Higher Education,” Journal Kajian Pendidikan, vol. 3, pp. 181-194, 2013.

O. Kabil, “Philosophy in Physics Education,” Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 4, pp. 675-679, 2015.

W. Hariyanto, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Macromedia Flash 8 Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sifat Mekanik Bahan Kelas X TKJ 2 SMK Batik Perbaik,” vol. 5, pp. 1-4, 2012.

N. S. Pratama & E. Istiyono, “Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking (HOTS),” Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF), vol. 6, pp. 104-112, 2015.

J. S. T. Batong & I. Wilujeng, “Developing Web-Students, Worksheet Based on Inquiry Training for Increase Science Literacy,” Journal of Physics: Conference Series, 2018.

G. Angraini, “Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X di Kota Solok,” Prosiding Mathematics and Sciences Forum, pp. 161-170, 2014.

S. Sumarti, Y. S. Rahayu & M. Madlazim, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Melatih Literasi Sains Siswa,” JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), vol. 5, pp. 822, 2017.

E. Septiyani & D. Nanto, “Four-Tier Diagnostic Test Assisted Website for Identifies Misconceptions Heat and Temperature,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no, 1, pp. 35-42, 2021.

R. F. Ramadannisa & M. M. Hartina, “The Design of Web-Based Learning Using Google Sites for Teaching Heat and Temperature Topic,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 107-114, 2021.

Hanafi, “Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidika,” Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, vol. 4, pp. 129-150, 2017.

T. D’Angelo, J. C. Bunch & A. C. Thoron, “Instructional Design Using the Dick & Carey Systems Approach,” vol. 2, pp. 1-5, 2018.

N. Nurjannati, M. Rahmad & M. Irianti, “Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains Pada Materi Radiasi Elektromagnetik,” Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 2, pp. 1-11, 2016.

K. Sage et al., “Flip It or Click It: Equivalent Learning of Vocabulary From Paper, Laptop, and Smartphone Flashcards,” Journal of Educational Technology Systems, vol. 49, pp. 145-169, 2020.

D. E. Whitmer et al., “A Mastery Approach to Flashcard-Based Adaptive Training,” In: Sottilare R., Schwarz J. (eds) Adaptive Instructional Systems. HCII 2020, Lecture Notes in Computer Science, Springer, Cham, vol. 12214, 2020.

Published
2022-01-31
How to Cite
Halimah, S. I., Astra, I. M., & Budi, A. S. (2022). PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBANTUAN FLASHCARD DILENGKAPI SOAL-SOAL LITERASI SAINS PADA MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 10(1), PF-35 . https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.06
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya