PENGEMBANGAN E-MODUL ASTROFISIKA SEBAGAI MODUL PENDAMPING PERSIAPAN KSN ASTRONOMI

Authors

  • Veronica Julianti Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1 Jakarta Timur, Kode Pos 13220, Indonesia
  • Andreas Handjoko Permana Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1 Jakarta Timur, Kode Pos 13220, Indonesia
  • Riser Fahdiran Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1 Jakarta Timur, Kode Pos 13220, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.07

Abstract

Abstrak

Materi astronomi dalam  kurikulum 2013 sangat sedikit dan kurang mendalam. Namun  minat siswa  dalam mempelajari astronomi terlihat cukup banyak. Ini terlihat dalam banyaknya peminat yang ikut dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) Astronomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul Astrofisika yang layak digunakan sebagai modul pendamping KSN Astronomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Dari angket yang disebar ke siswa peminat astronomi bahwa kesulitan utama  adalah kurangnya sumber belajar dan  materi yang tersulit adalah  astrofisika dan astronomi bola.  Sedangkan  dari angket ke guru-guru pembimbing KSN Astronomi juga menyatakan  sulitnya  sumber belajar. Uji kelayakan e-modul dalam bentuk flipbook divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan diujicobakan kepada guru pamong KSN Astronomi serta pengujian secara online kepada kelompok kecil yang terdiri atas 10-15 orang. Dari hasil penelitian, diperoleh E-Modul Astrofisika yang layak untuk dipakai sebagai bahan persiapan KSN Astronomi.

Kata-kata kunci: e-modul, Astrofisika, KSN Astronomi

Abstract

The material  of astronomy in the 2013 curriculum is very few and lacks depth. However, students' interest in studying astronomy looks quite large. This can be seen from the number of students who take Kompetisi Sains Nasional (KSN) Astronomy. This study aims to develop an Astrophysics E-Modul that is suitable for use as a companion module for KSN Astronomy. The method used in this research is Research and Development (R & D) with 4D model (Define, Design, Develop, Disseminate). From the questionnaires distributed to astronomy enthusiast students that the main difficulty was the lack of learning resources and the most difficult material is astrophysics and spherical astronomy. Meanwhile, from the questionnaire to the KSN Astronomy guidance teachers, they also stated the difficulty of learning resources. The eligibility test of the e-module in the form of a flipbook was validated by material experts, media experts and tested on KSN Astronomy teachers as well as online testing to a small group of 10-15 people. From the results of the research, obtained E-Astrophysics Module that is suitable to be used as preparation material for KSN Astronomy.

Keywords: e-Module, astrophysics, KSN Astronomy

References

[1] Pengelola Web Kemdikbud, “Astronomi Semakin Populer, Bukti Anak Indonesia Cinta Sains,” https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/07/astronomi-semakin-populer-bukti-anak-indonesia-cinta-sains 2019, Diakses tanggal 13 April 2020.
[2] R. Elzulfiah et al., “Kajian Perkembangan Pendidikan Astronomi Untuk Sma Di Indonesia,” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF, vol. 4, 2015, http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2015/.
[3] N. M. Pujani, “Pengembangan Perangkat Praktikum Ilmu Pengetahuan Bumi Dan Antariksa Berbasis Kemampuan Generik Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium Calon Guru Fisika,” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 3, no. 2, pp. 471-484, 2014.
[4] Daryanto, “Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar,” Yogyakarta: Gava Media, 2013.
[5] P. Sutanto, “Panduan Praktis Penyusun e-Modul Pembelajaran,” Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, 2018.
[6] K. P. Lestari, H. Nasbey & R. Raihanati, “The Development of “Poster Equipped with Video (POSEVI)” on Fluids at Rest Topic for 11th Grade Students,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 91-98, 2021.
[7] D. Dziob, U. Górska, T. Kołodziej, et al., “Physics competition to inspire learning and improve soft skills: a case of the Chain Experiment,” Int J Technol Des Educ, vol. 32, pp, 413-446, First published: 3 September 2020.
[8] Thiagarajan, et al., “Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook,” Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota, 1974.
[9] M. A. Said, M. Arsyad & M. Tawil, “The Development of Electronic Practicum Modules at Electronic Course for Physics Education Program,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 99-106, 2021.
[10] V. Trimble, M. J. Aschwanden & C. J. Hansen, “Astrophysics in 2006,” Space Sci Rev, vol. 132, pp. 1-182, 2007.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Julianti, V., Permana, A. H., & Fahdiran, R. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL ASTROFISIKA SEBAGAI MODUL PENDAMPING PERSIAPAN KSN ASTRONOMI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 10(1), PF–45 . https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.07

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya