PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA MATERI VEKTOR DAN KINEMATIKA GERAK LURUS FISIKA

Authors

  • Savira Amalia Kirana Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No 1. Jakarta Timur, 13220 Indonesia
  • Andreas Handjoko Permana Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No 1. Jakarta Timur, 13220 Indonesia
  • Hadi Nasbey Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No 1. Jakarta Timur, 13220 Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.09

Abstract

Abstrak

Penggunaan kurikulum 2013 revisi yang bertujuan agar siswa dapat memperoleh informasi serta pengetahuan secara mandiri. Salah satu media untuk memperoleh informasi dan pengetahuan secara mandiri berupa bahan ajar dalam bentuk E-Modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-Modul berbasis Android dengan menggunakan pendekatan Science, Technology, Engineering and Matematics (STEM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini berupa produk E-Modul berbasis Android dengan menggunakan pendekatan STEM. Dalam E-Modul ini menampilkan materi dilengkapi dengan contoh soal dan tugas proyek serta evaluasi. Konten yang terdapat dalam E-Modul ini didukung dengan gambar, animasi, video, dan praktikum virtual serta simulasi tentang materi fisika khususnya materi vektor dan kinematika gerak lurus. STEM dalam E-Modul ini terdapat pada materi, proyek sederhana serta evaluasi pembelajaran. E-Modul berbasis Android ini digunakan sebagai media pembelajaran alternatif oleh peserta didik untuk belajar mandiri. Penelitian ini menghasilkan produk E-modul berbasis Android dengan pendekatan STEM yang layak sebagai bahan ajar dan dapat digunakan sebagai sumber bahan ajar mandiri oleh siswa SMA kelas X.

Kata kunci: Bahan ajar, E-Modul, Android, Science Technology Engginering and Mathematics, ADDIE.

Abstract

The use of the revised 2013 curriculum aims to enable students to obtain information and knowledge independently. One of the media which can be used to obtain information and knowledge independently is an E-Module. This study aims to produce teaching materials in the form of an Android-based E-Module using the Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) approach. The research method used in this research is research and development (RnD) with the ADDIE development model. The results of this research are in the form of an Android-based E-Module product using the STEM approach. In this E-Module, it displays material equipped with sample questions, project assignments and evaluations. The content contained in this E-Module is supported by images, animation, video and virtual practicum as well as simulations on physics material, especially vector material and straight motion kinematics. STEM in this E-Module is contained in materials, simple projects and evaluation of learning. Additionally, this Android-based E-Module is used as an alternative learning medium by students for independent learning. This study produces an Android-based E-module product with a STEM approach that is feasible as a teaching material and can be used as a source of independent teaching materials by grade X high school students.

Keywordsi: Teaching Materials, E-Modul, Android, Science Technology Engginering and Mathematics, ADDIE

References

[1] Kemendikbud, “Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013,” Jakarta, 2014.
[2] P. Widhy, “Integrative Science untuk Mewujudkan 21st Century Skill dalam Pembelajaran IPA SMP,” Seminar Nasional MIPA, 2013.
[3] A. Mulyono, “Anak Kesulitan Belajar,” Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
[4] P. B. Hartati, “Efektifitas Pengembangan Bahan Ajar Mikrobiologi Berbasis Inkuiry dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang,” Proceeding Biology Education Conference, vol. 14, no. 1, p. 518, 2017.
[5] S. Sunaryo, H. Nasbey & H. Amelia, “Learning Media Development using Transformative Learning Strategy Android Application as a Distance Learning Support on Static Fluid,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 61-72, 2021.
[6] H. Permana et al., “The Development of Augmented Reality Application to Explore Fluid Concepts,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 53-60, 2021.
[7] A. S. Budi et al., “Virtual Reality Technology in Physics Learning: Possibility, Trend, and Tools,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 23-34, 2021.
[8] Sukiman, “Pengembangan Media Pembelajaran,” Yogyakarta: Pedagogia, 2012.
[9] Hamdi, “Pengembangan dan Penerapan Modul Pembelajaran Materi Teori Dasar Bentuk Muka Bumi untuk Meningkatkan Kognitif Mahasiswa Pendidikan MIPA FKIP UNIGHA Sigli,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 3, no. 2, p. 22, 2015.
[10] S. P. Yanuar, “Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi,” Among Makarti, 2016.
[11] H. I. Lery Rahmatullah Sirregar, “Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik Mata Kuliah Diagnosis Kendaraan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya,” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, vol. 4, no. 1, p. 45, 2017.
[12] M. H. Rahmiyati, “Pengembangan Modul Elektronik dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Hukum Termodinamika untukm SMA/MA Kelas XI,” Jurnal Edufisika, vol. 3, no. 1, pp. 68-71, 2018.
[13] A. T. Sulistiyowati, “The Effect of STEM-Based Worksheet on Students Science Literacy,” Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah , vol. 3, no. 1, pp. 89-96, 2018.
[14] I. Ibnah, “The Effectiveness of Applying STEM Approach to Self-Efficacy and Student Learning Outcomes for Teaching Newton’s Law,” JPPPF (Jurnal Penelitian danPengembangan Pendidikan Fisika), vol. 4, no. 1, pp. 11-18, 2018.
[15] R. W. Bybee, “The case for STEM education: Challenges and opportunity,” Arlington, Texas: National Science Teachers Association (NSTA) Press, 2013.
[16] F. R. Jauhariyyah, “Science, Technology, Engineering and Mathematics Project Based Learning (STEM-PjBL) pada Pembelajaran Sains,” Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, vol. 2, p. 432, 2017.
[17] J. Winarni, “STEM: Apa, Mengapa dan Bagaimana,” Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, vol. 01, p. 976, 2016.
[18] J. Krajcik, “Engaging learners in STEM education,” Eesti Haridusteaduste Ajakiri. Estonian Journal of Education, p. 35, 2017.
[19] K. Aris, “Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja),” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 6, no. 1, pp. 40-49, 2017.
[20] K. I. Pangesti, “Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA,” Unnes Physics Education Journal, pp. 53-58, 2017.
[21] R. Virman, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Discovery Learning pada Materi Vektor Peserta Didik Kelas X SMA KPG khas "Papua" Merauke,” Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, vol. 6, no. 3, pp. 83-92, 2018.
[22] E. Supriana, “Pengembangan E-Book Berbasis Android dengan Soal HOTS untuk Membantu Menganalisis Besaran Pada Materi Gerak Lurus,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), vol. 6, no. 1, pp. 114-120, 2020.
[23] T. Suganda et al., “The Correlation of Isomorphic, Open-Ended, and Conventional Score on the Ability to Solve Kinematics Graph Questions,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 2, pp. 173-180, 2020.
[24] N. Aldoobie, “ADDIE Model,” American International Journal of Contemporary Research, pp. 68-72, 2015.
[25] S. L. Danver, “The SAGE Encyclopedia of Online Education,” Minneapolis, USA: SAGE Publishing, 2016.
[26] K & S. G. Shelton, “Using the ADDIE Model for Teaching Online,” International Journal of Information and Communication Technology Education, vol. 2, no. 3, pp. 14-15, 2007.
[27] A. Erica, “About Us : Northwest Academic Computing Consortium,” 5 November 2015, [Online]. Available: http://www.nwacco.org/card/addie/, [Accessed 10 February 2020].
[28] R. A. Cahyadi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model,” Halaqa: Islamic Education Journal, vol. 3, no. 1, pp. 35-43, 2019.
[29] E. Septiyani & D. Nanto, “Four-Tier Diagnostic Test Assisted Website for Identifies Misconceptions Heat and Temperature,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, 35-42, 2021.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Kirana, S. A., Permana, A. H., & Nasbey, H. (2022). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA MATERI VEKTOR DAN KINEMATIKA GERAK LURUS FISIKA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 10(1), PF–57 . https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.09

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya