PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) MENGGUNAKAN PROGRAM LECTORA INSPIRE PADA MATERI SUMBER ENERGI TERBARUKAN KELAS XII SMA

Authors

  • Annisa Azzahra Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, Kode Pos (13220), Indonesia
  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, Kode Pos (13220), Indonesia
  • Esmar Budi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, Kode Pos (13220), Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.12

Abstract

Abstrak

Menghadapi era revolusi industri 4.0, diperlukan pendidikan yang dapat membentuk sumber daya manusia kreatif, inovatif dan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif fisika berbasis pendekatan SETS dengan menggunakan program Lectora Inspire pada materi sumber energi terbarukan kelas XII SMA sebagai media pembelajaran. Metode penelitian dalam bentuk Research and Development dengan model pendekatan ADDIE. Langkah-langkahnya adalah analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, implementasi uji coba, dan evaluasi produk. Pendekatan SETS yang digunakan, langkah-langkahnya adalah tahap invitasi, tahap eksplorasi, tahap aplikasi konsep, tahap pemantapan konsep, dan tahap evaluasi. Hasil produk menggunakan Lectora Inspire dapat dipublikasikan secara online maupun offline dan terdapat evaluasi yang menampilkan feedback jawaban dan skor nilai. Tahapan pendekatan SETS pada e-modul fisika yang dikembangkan adalah mempelajari konsep sains sumber energi terbarukan, mengeksplorasi dampak lingkungan, pemaparan penggunaan teknologi, dan manfaat sumber energi bagi masyarakat. Instrumen yang digunakan untuk uji validasi penelitian ini berupa angket dengan menggunakan skala likert kepada ahli media, ahli materi, guru, dan peserta didik.

Kata-kata kunci: e-modul, pendekatan SETS, sumber energi terbarukan.

Abstract

Facing the Industrial Revolution 4.0 era, education is needed that can shape creative, innovative and competitive human resources. The aim of the research was to develop an interactive physics e-module based on the SETS approach using the Lectora Inspire program on renewable energy sources for Class XII SMA as a learning media. The research method is in the form of Research and Development with the ADDIE approach model. The steps are needs analysis, product design, product development, pilot implementation and product evaluation. The SETS approach used, the steps are the invitation phase, the exploration phase, the concept application phase, the concept consolidation phase and the evaluation phase. Product results with Lectora Inspire can be published online or offline and there is an evaluation that shows feedback on answers and scores. The phases of the SETS approach to the physics e-module being developed are studying the scientific concepts of renewable energy sources, investigating environmental impacts, uncovering the uses of technology and the benefits of energy resources to society. The instrument used to test the validation of this research is in the form of a questionnaire using a Likert scale for media experts, materials experts, educators, and students.

Keywords: e-module, SETS approach, renewable energy sources.

References

[1] F. E. Nastiti et al., “Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era Society 5.0,” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 61-66, 2020.
[2] M. Yusup, “Analisis Kurikulum Fisika SMA dalam Perspektif Literasi Energi,” Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, vol. 4, no. 1, pp. 48-53, 2017.
[3] BPPT, “Pengembangan Energi untuk Mendukung Industri Hijau,” Jakarta: Pusat Teknologi Sumber Daya Energi dan Industri Kimia, 2016.
[4] S. Amri, M. Rohman, “Strategi dan Disain Pengembangan Sistem Pembelajaran,” Jakarta : Prestasi Pustaka Karya, 2013.
[5] C. Suryani, “Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Min Sukadamai Kota Banda Aceh,” Jurnal Ilmiah Didaktika, vol. 16, no. 1, p. 23, 2016.
[6] A. Elvarita, T. Iriani & S. S. Handoyo, “Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan,” Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, Universitas Negeri Jakarta, vol. 9, no. 1, pp. 1-7, 2020.
[7] A, L. Puspitasari et al., “Persepsi Taruna Pada Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Aplikasi Edmodo Di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta,” Meteor STIP Marunda, vol. 11, no. 1, pp. 10-17, 2018.
[8] H. D. Utami, Y. Hermawati, “Virtual Reading Room And Digital Learning Material As A Learning Media In Distance Education,” Jurnal Pendidikan, vol. 19, no. 1, pp. 21-30, 2018.
[9] Purwaningtyas, D. W. Dwiyogo, I. Hariyadi, “Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Kelas XI Berbasis Online Dengan Program Edmodo,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 2, no. 1, pp. 121-129, 2017.
[10] Sugianto, Donny et al., “Modul Virtual: Multimedia Flip Book Dasar Teknologi Digital,” INVOTEC, vol. 9, no. 2, pp. 110-116, 2013.
[11] N. D. Shalikhah et al., “Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran,” Jurnal WARTA LPM, vol. 20, no. 1, pp. 9-16 , 2017.
[12] L. A. Sanjaya, A. S. Budi & I. M. Astra, “Pengembangan Alat Peraga Energi Terbarukan,” Prosiding SNF, vol. 5, pp. SNF2016-RND, 2016.
[13] Y. E. Yuksel, “Energy, Environment and Education, In: Dincer I., Colpan C., Ezan M. (eds) Environmentally-Benign Energy Solutions,” Switzerland: Green Energy and Technology Springer Nature Switzerland, 2020.
[14] Prihata et al., “Interactive Physics E-Book Design of Energy Resources to Optimize Self-Directed Learning and Critical Thinking Skill,” International Conference on Progressive Education (ICOPE), vol. 422, pp. 136-140, 2019.
[15] Hasanah, “Penerapan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) Pada Pembelajaran Reaksi Reduksi Oksidasi,” Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, vol. 5, no. 1, p. 8, 2013.
[16] C. Salawane et al., “Teaching Material using SETS Approach for Volcanic Dust Disaster Mitigation,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 2, pp. 195-202, 2020.
[17] Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, “Panduan Praktis Penyusunan E-Modul,” Jakarta: Kemendikbud, 2017.
[18] I. A. Putri, S. Siswoyo & W. Indrasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Usaha dan Energi SMA,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 2, pp. 71-78, 2016.
[19] K. R. Winatha, N. Suharsono & K. Agustini, “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 15, no. 2, pp. 188-199, 2018.
[20] A. Poedjiadi, “Sains Teknologi Masyarat: Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai,” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
[21] R. Sidiq, Najuah, “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar,” Jurnal Pendidikan Sejarah, vol. 9, no. 1, pp. 1-14, 2020.
[22] A. Purwanto et al., “EM-SETS: An Integrated E-module of Environmental Education and Technology in Natural Science Learning,” International Journal of Advanced Science and Technology, vol. 29, no. 3, p. 13, 2020.
[23] J. Reyna, J. Hanham & P. Meier, “The Internet Explosion, Digital Media Principles and Implications to Communicate Effectively in the Digital Space,” E-learning and Digital Media, vol. 15, no. 1, pp. 36-52, 2018.
[24] D. K. N. Rachim, “Study of The Lazy Nature of Physics Students Using The Quadratic Optimal Control Method,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 2, pp. 279-288, 2020.
[25] I. G. P. E. Saputra, H. Harnipa & M. Akhfar, “Development of Science Learning Device Oriented Guided Inquiry with Virtual Laboratory to Train Science Process Skills of Junior High School Students in Kendari,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 13-22, 2021.
[26] S. Syamsidar, K. Khaeruddin & H. Helmi, “The Effectiveness of using Student Worksheets to Practice Science Process Skills on Hooke’s Law Material,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 83-90, 2021.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Azzahra, A., Sunaryo, S., & Budi, E. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) MENGGUNAKAN PROGRAM LECTORA INSPIRE PADA MATERI SUMBER ENERGI TERBARUKAN KELAS XII SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 10(1), PF–73 . https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.12

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya