PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TOPIK GERAK MELINGKAR BERBASIS TRANSFORMATIVE LEARNING

Authors

  • Alvita Ruthdwina Kusumadianti Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Unversitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, Kode Pos (13220), Indonesia
  • Hadi Nasbey Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Unversitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, Kode Pos (13220), Indonesia
  • Esmar Budi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Unversitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, Kode Pos (13220), Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.13

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Aplikasi Android sebagai media pembelajaran topik Gerak Melingkar berbasis Transformative Learning. Konsep dari Transformative adalah merekonstruksi mekanisme pengetahuan (kognitif) dan pemahaman individu dengan perubahan sudut pandang suatu objek. Metode penelitian dalam bentuk Research and Development dengan model ADDIE dan desain pembelajaran menggunakan Trasnformative Learning. Langkah dalam Transformative Learning adalah activating event, disorienting dilemma, encouraging critical self, memperoleh penguatan dalam proses refleksi diri, oppurtunity to the test new paradigm. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan kepada 112 siswa tingkat SMA, bahwa 86,6% atau 97 responden memiliki smartphone dengan sistem operasi android, sebanyak 86,6% atau 98 responden memilih pentingnya pemahaman untuk materi Gerak Melingkar. Proses transformative learning pada materi gerak melingkar ditujukan kepada siswa supaya dalam proses pembelajaran adanya peristiwa yang menyadari akan keterbatasan pemahaman yang dimiliki serta adanya diskursus kritis yang membangun sebuah konsep. Pembuatan produk menggunakan bantuan MIT App Inventor. Tahapan penelitian yang telah dicapai dengan mewujudkan desain yang berisikan: kompetensi, konten materi, kumpulan soal. Pendahuluan materi disertai adanya video sebagai awal pemahaman serta harapan adanya perubahan sudut pandang terkait materi

Kata-kata kunci: aplikasi android, gerak melingkar, transformative learning.

Abstract

This research aims to develop and produce Android Applications as a learning medium for Transformative Learning-based Circular Motion topics. The concept of Transformative is to reconstruct the mechanism of knowledge (cognitive) and understanding of an individual with changes in the point of view of an object. The research method is in the form of Research and Development with the ADDIE model and learning, design using Transformative Learning. The steps in Transformative Learning are activating events, disorienting dilemmas, encouraging critical self, gaining reinforcement in the self-reflection process, opportunities to test the new paradigm. Based on the results of the needs analysis conducted to 112 high school students, that 86.6% or 97 respondents have smartphones with android operating system, as many as 86.6% or 98 respondents chose the importance of understanding for Circular Motion material. Transformative learning process in circular motion material is intended for students so that in the learning process there are events that are aware of the limitations of understanding and the existence of critical discourses that build a concept. Product creation using the help of MIT App Inventor. The stages of research that have been achieved by realizing a design that contains: competence, material content, a collection of questions. The introduction of the material is accompanied by a video as the beginning of understanding and expectation of a change in the point of view related to the material.

Keywords: android application, circular motion, transformative learning.

References

[1] A. Mezirow J, “Belajar sebagai Transformasi,” San Fransisco: CA: Jossey-Bass, 2000.
[2] R. K. Retno Dian Anggraeni, “Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android,” ISSN: 2087-9946, vol. 3, pp. 11-18, 2013.
[3] S. M. J. S. Muhammad Iqbal Noviansyah, “Pengaruh Pembelajaran Gerak Melingkar Beraturan Berbantuan Alat Peraga Portable Board Terhadap Hasil Belajar Siswa,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, Vol. 4, No. 9, September 2015.
[4] R. M. Branch, “Instructional Design: The ADDIE Approach,” Athens: Univercity of Georgia, 2009.
[5] T. Suganda et al., “The Correlation of Isomorphic, Open-Ended, and Conventional Score on the Ability to Solve Kinematics Graph Questions,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 2, pp. 173-180, 2020.
[6] F, I. Dewi et al., “The Design of One-Dimensional Motion and Two-Dimensional Motion Learning Media Using Digital Camera and Tracker-Based Air Track,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 65-74, 2020.
[7] X. N. B. A. S. Axel D Rumate, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Android Untuk Infromasi Kegiatan dan Pelayanan Gereja,” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 6, pp. 1-6, 2017.
[8] K. K. Gani Hamdi, “Membangun Aplikasi Berbasis Android “Pembelajaran Psikotes” Menggunakan App Inventor,” JURNAL DASI, vol. 2, no. ISSN: 1411-3201, p. 4, 2011.
[9] Hardika, “Pembelajaran Transformatif Berbasis Learning How To Learn,” Malang: UMM Press, 2013.
[10] S. Sunaryo, H. Nasbey & H. Amelia, “Learning Media Development using Transformative Learning Strategy Android Application as a Distance Learning Support on Static Fluid,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 61-72, 2021.
[11] G. R. A. N. L. Darwin B, “Emotional Intelligence, The Role of Transformative Learning in Academi Excellence,” Texas: Spring 2005 Edition, 2005.
[12] K. McGonigal, “Teaching for Transformation: From Leraning Theory to Teaching Strategy,” Newsletter Center for Teaching and Learning, vol. 14, p. 2, 2005.
[13] Y. Rahmawati, “Peranan Transformative Learning dalam Pendidikan Kimia: Pengembangan Karakter, Identitas Budaya, dan Kompetensi Abad ke-21,” Jurnal Riset Pendidikan Kimia, vol. 8, p. 1, 2018

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Kusumadianti, A. R., Nasbey, H., & Budi, E. (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TOPIK GERAK MELINGKAR BERBASIS TRANSFORMATIVE LEARNING. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 10(1), PF–81 . https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.13

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya