PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN MATERI HUKUM ARCHIMEDES BERBASIS PENDEKATAN STEM
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.17Abstract
Abstrak
Sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat disebabkan adanya revolusi industri 4.0 mengakibatkan berbagai transformasi dalam kehidupan manusia, termasuk transformasi pembelajaran di dunia pendidikan yang harus membekali peserta didik dengan berbagai bidang. Salah satu transformasi pembelajaran yang dimunculkan adalah pembelajaran dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah buku pengayaan pengetahuan materi hukum Archimedes dengan pendekatan STEM sebagai sumber belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Buku pengayaan berbasis pendekatan STEM memuat hubungan antara pengetahuan sains, teknologi, teknik, dan matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket pada metode skala likert. Hasil penelitian di validasi oleh ahli materi pembelajaran dan ahli media pembelajaran dengan kualifikasi layak digunakan sebagai sumber belajar bagi peserta didik.
Kata-kata kunci: Buku Pengayaan Pengetahuan, Pendekatan STEM, Hukum Archimedes.
Abstract
In accordance with the rapid development of technology due to the Industrial Revolution 4.0 resulted in various transformations in human life, including the transformation of learning in education that should equip students with various fields. One of the most exciting learning transformations is learning with STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) approaches. The study aims to produce an enrichment book of Archimedes ' material knowledge with STEM approach as a learning resource. This research includes the type of development research by referring to the ADDIE development model. The enrichment book-based STEM approach contains the relationship between science, technology, engineering, and mathematics. Data collection techniques are carried out with a poll on the Likert scale method. The results of research in validation by learning materials experts and learning media experts with qualifications deserve to be used as a learning resource for learners.
Keywords: Knowledge Enrichment Book, STEM approach, Archimedes law.
References
[2] A. Rofiah, C. E. Rustana & H. Nasbey, “Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan Berbasis Kontekstual Pada Materi Optik,” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-JOURNAL), vol. 4, pp. SNF2015-II, 2015.
[3] Puskurbuk, “Panduan Pemilihan Buku Nonteks Pelajaran,” Jakarta: Balitbang, 2018.
[4] Mentri Pendidikan, “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku Yang Digunakan Oleh Satuan Pendidikan,” Indonesia, Jakarta: Kemendikbud, 2018.
[5] P. Khoirun Nissa & B. Lorenza Dheanti, “The E-Learning Design for Problem Based Learning in Dynamic Fluid Topic using Microsoft Sway,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 115-122, 2021.
[6] S. Sunaryo, H. Nasbey & H. Amelia, “Learning Media Development using Transformative Learning Strategy Android Application as a Distance Learning Support on Static Fluid,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 61-72, 2021.
[7] H. D. Pfeiffer et al., “Conceptual structures for STEM research and education,” In 20th International Conference on Conceptual Structures, ICCS, pp. 10-12, 2013.
[8] R. W. Bybee, “The Case for STEM Education: Challenges and Opportunities,” Arlington: NSTA Press, 2013.
[9] A. Permanasari, “STEM education: Inovasi dalam pembelajaran sains,” In Seminar Nasional Pendidikan Sains VI 2016, Sebelas Maret University, pp. 23-3, 2016.
[10] T. Torlakson, “INNOVATE: A Blueprint for Science, Technology, Engineering, and Mathematics,” California: State Superintendent of Public Instruction, p. 7, 2014.
[11] Sugiyono, “Metodologi Penelitian Pendidikan,” Bandung: Alfabeta, 2015.
[12] T. Suhery, “Implementasi STEMI Pada Pembelajaran Kimia dalam rangka Menerapkan Kurikulum 2013,” Seminar Nasional Pendidikan IPA, vol. 1, no. 1, pp. 8-13, 2017.
[13] S. Syamsidar, K. Khaeruddin & H. Helmi, “The Effectiveness of using Student Worksheets to Practice Science Process Skills on Hooke’s Law Material,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 83-90, 2021.