MEDIA PEMBELAJARAN E-POSTER BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Authors

  • Siti Idayatun Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No.1 Jakarta Timur, Kode Pos 13220, Indonesia
  • Bambang Heru Iswanto Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No.1 Jakarta Timur, Kode Pos 13220, Indonesia
  • Firmanul Catur Wibowo Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No.1 Jakarta Timur, Kode Pos 13220, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.19

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-poster berbasis pendekatan saintifik pada materi suhu dan kalor yang layak digunakan dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang disebarkan kepada peserta didik ditemukan bahwa media pembelajaran yang digunakan guru monoton dan membosankan. Selain itu, peserta didik perlu melakukan percobaan/eksperimen untuk dapat memahami konsep fisika materi suhu dan kalor pada pokok bahasan pemuaian zat. Tingkat kelayakan media pembelajaran e-poster divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran e-poster berbasis pendekatan saintifik layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata-kata kunci: e-poster, pendekatan saintifik, suhu dan kalor

Abstract

This research aims to develop an e-poster learning media based on a scientific approach on temperature and heat material that is suitable for use in learning. The method used in this research is Research and Development (R&D) with the ADDIE research model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Based on the results of the needs analysis distributed to students, it was found that the learning media used by the teacher was monotonous and boring. Additionally, students need to conduct experiments to be able to understand the physics concepts of temperature and heat on the subject of expansion of substances. The feasibility level of the e-poster learning media was validated by media experts, material experts and students. The results of this study indicate that the scientific approach-based e-poster learning media is feasible to use in learning.

Keywords: e-poster, scientific approach, temperature and heat

References

[1] UCLES, “Global Education Census Report 2018,” Cambridge: Cambridge Assessment International Education, 2018.
[2] OECD, “PISA 2018 Assessment and Analytical Framework.”
[3] J. D. Marjan, “Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu'allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat,” E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2014.
[4] Kemdikbud, “Capaian Nasional UNBK,” Pusat Penilaian Pendidikan, 2019.
[5] I. G. P. E. Saputra, H. Harnipa & M. Akhfar, “Development of Science Learning Device Oriented Guided Inquiry with Virtual Laboratory to Train Science Process Skills of Junior High School Students in Kendari,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 13-22, 2021.
[6] R. Diani, “Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung,” Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni, pp. 83-93, 2016.
[7] S. Rizawayani & R. Safitri, “Pengembangan Media Psoter pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 12 Banda Aceh,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 5, no. 1, pp. 127-133, 2017.
[8] N. Wijayati, “Penerapan Saintifik Berbantuan Media Poster Dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Bahasa Indonesia Tema Cita-citaku,” e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 4, no. 1, pp. 1-9, 2016.
[9] Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,” Bandung: Alfabeta, 2017.
[10] L. Cheung, “Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation,” 2016.
[11] Branch, “Instructional Design-The ADDIE Approach,” New York: Springer, 2009.
[12] W. Sanjaya, “Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan,” Jakarta: Kencana, 2018.
[13] M. Rusdi, “Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur Dan Sintesis Pengetahuan Baru),” Depok: Pt Raja Grafindo Persada, 2018.
[14] S. Syamsidar, K. Khaeruddin & H. Helmi, “The Effectiveness of using Student Worksheets to Practice Science Process Skills on Hooke’s Law Material,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 83-90, 2021.
[15] R. F. Ramadannisa & M. M. Hartina, “The Design of Web-Based Learning Using Google Sites for Teaching Heat and Temperature Topic,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 107-114, 2021.
[16] E. Septiyani & D. Nanto, “Four-Tier Diagnostic Test Assisted Website for Identifies Misconceptions Heat and Temperature,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 35-42, Juli 2021.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Idayatun, S., Iswanto, B. H., & Wibowo, F. C. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN E-POSTER BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 10(1), PF–125 . https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.19

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya