COMPUTER BASED TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI DISTRIBUSI PEMAHAMAN KOMPETENSI LITERASI SAINS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI BERDASARKAN FRAMEWORK PISA 2015

  • Vonny Karista Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Yetti Supriyati Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Dwi Susanti Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract

Abstrak

Knoublach dalam B.Keefe & Copeland (2011) mengatakan soal dengan literasi merupakan soal yang membutuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi[1]. Keberhasilan penguasaan suatu konsep menurut Laily (2013) adalah dengan mengetahui sejauh apa aspek reasoning siswa sehingga dapat menganalisis serta mengsintesis, mengevaluasi, dan mengkreasikan suatu konsep secara baik sehingga dijadikan memori yang permanen dalam otak siswa[2]. Pada penelitian ini, tes yang akan digunakan sebagai instrumen penilaian adalah pilihan ganda bertingkat (two tier multiple choice) yang menyediakan soal dengan jawaban berupa beberapa pilihan yang disertai alasan [3]. Kompetensi yang dimaksud berdasarkan kompetensi literasi sains dalam framework PISA 2015 berdasarkan OECD 2016 adalah: a) Menjelaskan fenomena ilmiah, b) Mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, c) Menginterpretasi data dan bukti ilmiah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan LMS Schoology selama pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Penggunaan LMS dimaksudkan untuk merancang instrumen dengan stimulus yang tidak dapat disampaikan melalui tes tertulis, yakni simulasi. Materi usaha dan energi dipilih dalam penelitian ini karena dalam penelitian Maison, Neneng Lestari dan Anjas Widaningtyas (2020) masih terdapat miskonsepsi dalam kompetensi dasar materi tersebut[4].

Kata-kata kunci: Kompetensi, PISA, two tier, Usaha dan Energi

Abstract

Knoublach in B.Keefe & Copeland (2011) stated that literacy item are the one that needs higher order thinking skills[1]. The key of success in understanding a concept based on Laily (2013) is by knowing how far a student know how to reason, analyze, evaluate, and create a well understood concept and by that student’s brain will take that as a permanent memory[2]. In this research, two tier multiple choice  will be used. As it is an instrument that are able to provide items not only to solve the problem, but also students get to pick which reasons suits their answers best [3]. Competency in PISA 2015 based on OECD 2016 are students able to: a) explain natural phenomenon, b) design and evaluate scientific project, c) interpret data and scientific evidence. This research will be delivered using Schoology during schools online meetings due to COVID 19 outbreak. The use of Schoology is aimed to design an instrument with various stimulus that can not be given by paper based test such as simulation. Work and forces are choosen as the topic of the test instrument due to lack of understanding and misconception in the area[4].

Keywords: Competency, PISA, two tier, Work and Forces

Author Biography

Yetti Supriyati, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

.

References

E. B. Keefe & S. R. Copeland, “What is literacy? the power of a definition,” Res. Pract. Pers. with Sev. Disabil, vol. 36, no. 3-4, pp. 92-99, 2011.

N. R. Laily & A. W. Wisudawati, “Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Soal UN KIMIA SMA Rayon B Tahun 2012/2013,” Kaunia, vol. XI, no. 1, pp. 27-39, 2015.

A. Kadir, “Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar,” Al-Ta’dib, vol. 8, no. 2, pp. 70-81, 2015.

E. Septiyani & D. Nanto, “Four-Tier Diagnostic Test Assisted Website for Identifies Misconceptions Heat and Temperature,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 35- 42, 2021.

M. Maison, N. Lestari & A. Widaningtyas, “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 6, no. 1, p. 32, 2019.

Y. Guntara & I. S. Utami, “Implementation of Augmented Physics Animation Integrated Crosscutting Concept COVID 19 in Facilitating Problem Solving Skills and Disaster Preparedness,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 43-52, 2021.

S. Sunaryo, H. Nasbey & H. Amelia, “Learning Media Development using Transformative Learning Strategy Android Application as a Distance Learning Support on Static Fluid,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 61 - 72, 2021.

J. N. Butcher, J. N. Perry & M. M. Atlis, “Validity and utility of computer-based test interpretation,” Psychol. Assess., vol. 12, no. 1, pp. 6-18, 2000.

A. C. Bugbee, “The equivalence of paper-and-pencil and computer-based testing,” J. Res. Comput. Educ, vol. 28, no. 3, pp. 282-299, 1996.

T. O. Programme & I. S. Assessment, “1 . What is PISA ?,” pp. 11-20, 2019.

Kementrian Pendidikan & Kebudayaan, “Pendidikan Di Indonesia Belajar Dari Hasil PISA 2018,” no. 21, pp. 1-206, 2018.

A. Graham, “Journal of Physics Teacher Education Online,” Phys. Teach, vol. 40, no. 4, pp. 255-255, 2002.

J. van den Akker, “Principles and Methods of Development Research,” Des. Approaches Tools Educ. Train, pp. 1-14, 1999.

Nurjanah & N. Marlianingsih, “Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Dari Aspek Kebahasaan,” Fakt. J. Ilmu Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 69-78, 2015.

R. E. Zafitri, S. Fitriyanto & F. Yahya, “Pengembangan Tes Diagnostik Untuk Miskonsepsi Pada Materi Usaha Dan Energi Berbasis Adobe Flash Kelas Xi Di Ma Nw Samawa Sumbawa Besar Tahun Ajaran 2017/2018,” vol. 2, no. 2, 2018.

J. Walker, D. Halliday & R. Resnick, “Fundamentals of Physics Halliday & resnick 10ed,” 2014.

N. D. S. Pratama, “The Effectiveness of Web-Based Assessment on Student’s Understanding of Concepts on Equilibrium and Rotation Dynamics,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 2, pp. 247-254, 2020.

Ekohariadi, “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Literasi Sains Siswa Indonesia Berusia 15 Tahun,” J. Pendidik. Dasar, vol. 10, no. 1, pp. 29-43, 2009.

J. Osborne, “Science education for the twenty first century,” Eurasia J. Math. Sci. Technol. Educ, vol. 3, no. 3, pp. 173-184, 2007.

Published
2022-01-31
How to Cite
Karista, V., Supriyati, Y., & Susanti, D. (2022). COMPUTER BASED TEST UNTUK MENGIDENTIFIKASI DISTRIBUSI PEMAHAMAN KOMPETENSI LITERASI SAINS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI BERDASARKAN FRAMEWORK PISA 2015. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 10(1), PF-131 . https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.20
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya