RANCANG BANGUN TURBIN AIR SAVONIUS HORIZONTAL AXIS UNTUK KECEPATAN AIR RENDAH
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.1101.FA01Abstract
Pemanfaatan energi air sebagai sumber energi terbarukan membutuhkan suatu peralatan mekanis yaitu turbin air. Turbin air Savonius adalah tipe turbin yang paling cocok digunakan pada kecepatan aliran air rendah seperti di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan turbin air Savonius tipe horizontal axis yang dapat dimanfaatkan pada aliran air dengan kecepatan rendah. Turbin menggunakan jenis sudu tipe-L, dan menggunakan deflektor dengan kemiringan 30o yang berfungsi untuk memusatkan aliran air yang akan melewati rotor sehingga dapat meningkatkan daya serta torsi dari turbin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan. Turbin yang dikembangkan memiliki rangka dengan dimensi panjang 66 cm, lebar 38 cm dan tinggi 40 cm, dan sudu dengan dimensi panjang 30 cm dan lebar 10 cm. Dengan ukuran turbin yang lebih kecil dari turbin pada umumnya, hal ini membuat turbin dapat memanfaatkan saluran air yang tidak terlalu besar, juga memudahkan siapapun dalam instalasi turbin. Simpulan yang dapat diperoleh adalah pemilihan desain sudu, bahan sudu, dan generator yang digunakan dapat mempengaruhi efisiensi turbin dan listrik yang akan dihasilkan. Oleh karena itu digunakan akrilik sebagai bahan sudu dan Motor Stepper DC Nema17 17HS4401 12V 1.7A yang dialihfungsikan sebagai generator karena memiliki putaran yang ringan
References
Adawiyah, Y. R. (2019). al-Bī’ah al-lughawīyah fī tarqiyat mahārat al-kalām bi-Ma‘had al-Maṣdūqīyah, Kraksaan, Probolinggo. IJATL (International Journal of Arabic Teaching and Learning), 3(1), 56–74. Retrieved from https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/ij-atl/article/view/1064/0
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
‘Abd al-‘Azīz, M. Ḥ. (1998). Madkhal ilá ‘ilm al-lughah. Cairo: Maktabat al-Shabāb.
Chaer, A. (2003). Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmadi, H. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, O. (2005). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, A. (2014). Bi’ah lughowiyah (lingkungan berbahasa) dan pemerolehan bahasa: Tinjauan tentang urgensi lingkungan berbahasa dalam pemerolehan bahasa. An-Nida’, 37(1), 35–44. Retrieved from https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/311
Margono. (2014). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Rizqi, M. R. (2016). Peran bi’ah lughawiyyah dalam meningkatkan pemerolehan bahasa Arab. Alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(1), 128–144. Retrieved from http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/alfazuna/article/view/242
Rizqi, M. R. (2017). Resonansi bi’ah lughowiyah dalam meningkatkan akuisisi bahasa Arab. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, dan Humaniora, 4(2), 89–105. doi: 10.52166/dar%20el-ilmi.v4i2.654
Syaraviah. (2017). Peran lingkungan bahasa (bi’ah lughawiyah) dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab santriwati kelas XI bahasa di MA Pondok Pesantren AlAziziyah Putri Kapek Gunungsari tahun pelajaran 2016/2017. (Skripsi, Universitas Islam Negeri [UIN] Mataram, Nusa Tenggara Barat).
Sabri, H. (2016). Takwīn al-bī’ah al-lughawīyah fī al-jāmi‘ah al-Islāmīyah. JL3T (Journal of Linguistic, Literature & Language Teaching), 2(2), 91–204. doi: 10.32505/jl3t.v2i2.21
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2019). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tanzeh, A. (2011). Metodologi penelitian praktis. Yogyakarta: Teras.
Unsi, B. T. (2015). Kemahiran berbicara bahasa Arab melalui penciptaan lingkungan bahasa. Tafaqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman, 3(1), 123–141. doi: 10.52431/tafaqquh.v3i1.42
Wāfī, ‘A. W. (1971). al -Lughah wa-al-mujtama‘. Cairo: Dār al-Nahḍah.