ALAT PERAGA TEKANAN HIDROSTATIS BERBANTUAN MANOMETER DIGITAL UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS XI

  • Diah Natasa Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta 13220, Indonesia
  • Raihanati Raihanati Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta 13220, Indonesia
  • Agus Setyo Budi Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Alat peraga adalah media pembelajaran kontekstual yang dapat mempermudah peserta didik memperoleh pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga tekanan hidrostatis untuk peserta didik SMA kelas XI. Alat peraga yang dikembangkan terdiri dari pipa U, manometer digital dan tabung kebocoran setinggi 30 cm. Fluida yang digunakan adalah air dan minyak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development atau RnD) dengan metode penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Hasil dari penelitian ini adalah alat peraga tekanan hidrostatis berbantuan manometer digital untuk materi fluida statis yang dilengkapi dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Berdasarkan hasil validasi kelayakan oleh ahli media diperoleh rata-rata persentase capaian sebesar 88,75% dan oleh ahli materi diperoleh rata-rata persentase capaian sebesar 82,58%. Hasil uji coba pengguna oleh pendidik diperoleh rata-rata persentase sebesar 94,33% dan uji coba pengguna oleh peserta didik diperoleh rata-rata persentase sebesar 92,97%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa alat peraga tekanan hidrostatis berbantuan manometer digital yang dikembangkan sangat layak menjadi media pendamping pembelajaran fisika.

Kata-kata kunci: alat peraga, tekanan hidrostatis, fluida statis, dan ADDIE.

Abstract

Teaching aids are contextual learning media that can facilitate students in gaining conceptual understanding. This study aims to develop hydrostatic pressure teaching aids for class XI high school students. The teaching aids developed included a U-pipe, a digital manometer, and a 30 cm high leakage tube. The fluids used are water and oil. The research method used in this research is the research and development method (RnD) with the ADDIE research method, which consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The result of this research is a hydrostatic pressure-aided digital manometer for static fluid material, which is equipped with a student worksheet (LKPD). Based on the validation of eligibility by media experts, the average percentage of achievement was 88.75%, and by material experts, the average percentage of achievement was 82.58%. The results of the user test by the educator obtained an average percentage of 94.33%, and the user test by students obtained an average presentation of 92,97%. From the results of this research, it can be concluded that the hydrostatic pressure props assisted by digital manometers developed as very suitable to become a media companion for learning physics.

Keywords: teaching aids, hydrostatic pressure, static fluid, and ADDIE

References

W. Indrasari, A. S. Budi, D. P. Fadilla, “The Development of Educational Aids for Restitution Coefficient Experiment Using Microcontroller,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 1, pp. 95-104, 2022.

S. E. Putri, I. P. Suwarna, “The Experimental Study of Kinesthetic Style Student Learning Outcomes in Remedial Teaching Assisted by Projectile Motion Props,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 25-36, 2020.

Arsyad, Azhar, “Media Pembelajaran,” Depok: PT.Rajagrafindo Persada, 2014.

N. Sudjana, “Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (2nd Ed.),” Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2011.

G. S. Bandem, W. Suastra, K. Suma, “Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Siswa Sma Di Kota Singaraja Dalam Mempelajari Fisika,” E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 4, no. 1, 2014.

J. Dewitt, L. Archer, J. Moote, “15/16-Year-Old Students’ Reasons For Choosing And Not Choosing Physics At A Level,” International Journal Of Science And Mathematics Education, pp. 1071-1087, 2019.

V. Yolanda, Fakhruddin, Yennita, “Analisis Miskonsepsi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Materi Fluida Statis Menggunakan Metode Certain Of Response Index (CRI) Di SMAN 7 Pekanbaru,” Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, pp. 1-9, 2017.

L. Sukariasih, L. Tahang, L. O. Nursalam, S. Fayanto, “Description Of Physics Problem-Solving In The Topic Of Static Fluid: Case Study Of Physics Education In Halu Oleo University,” Universal Journal Of Educational Research, vol. 8, no. 10, pp. 4568-4579, 2020.

I. Solihat, E. Mahendrawan, “Simulasi Pengukuran Tekanan Udara Menggunakan Manometer Sederhana,” Jurnal Inovasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, pp. 10-22, 2019.

Smith, Owen, “Basic Plumbing Services Skills: Roof Plumbing,” Cengage Learning Australia, South Melbourne, 2017.

A. Setiyani, S. Sudarmin, E. Ellianawati, “E-UKBM Ethno-STEM: The Development of Independent Learning Activities to Train Students’ Critical Thinking Skills in Pressure Topics,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 2, pp. 249-258, 2022.

Sugiyono, “Statistik Untuk Pendidikan,” in Statistika Untuk Penelitian, 2012.

M. Dhanil, F. Mufit, “Design and Validity of Interactive Multimedia Based on Cognitive Conflict on Static Fluid Using Adobe Animate CC 2019,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 177-190, 2021.

D. Halliday, R. Resnick, J. Walker, “Fundamentals of Physics Extended 10th Edition,” United State of America: Wiley, 2018.

Published
2023-01-31
How to Cite
Natasa, D., Raihanati, R., & Setyo Budi, A. (2023). ALAT PERAGA TEKANAN HIDROSTATIS BERBANTUAN MANOMETER DIGITAL UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS XI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 11(1), PF-15. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF03
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya