PENGEMBANGAN APLIKASI E-MODUL MAGNITIS BERBASIS ANDROID BERBANTUAN SOFTWARE SAC

  • Ayu Rindi Antika Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • Anggara Budi Susila Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • Agus Setyo Budi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-modul Magnitis berbentuk aplikasi guna meningkatkan pemahaman konsep materi medan magnet pada peserta didik kelas XII MIPA SMA. Metode yang digunakan yaitu Research and Development dengan pendekatan model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap, antara lain: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi Android yang dapat diunduh di Google Playstore dan berisi materi pembelajaran yang akan divalidasi oleh tiga validator, tiga guru fisika, dan diuji cobakan ke siswa kelas XII MIPA. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif. Teknik analisis data berupa angket uji validasi dinilai menggunakan penilaian skala Likert. Hasil validasi ahli materi mendapatkan 77,1% (sangat baik), hasil validasi ahli media mendapatkan 83,4% (sangat baik), hasil validasi ahli pembelajaran mendapatkan 78,75%, hasil validasi oleh guru fisika mendapatkan 92,4% (sangat baik), dan peserta didik kelas XII MIPA 90,5% (sangat baik). Selanjutnya, analisis n-gain dari hasil pretest dan posttest guna mengetahui peningkatan pemahaman konsep. Hasil rerata uji n-gain sebesar 0,57 yang berartikan peningkatan pemahaman konsep peserta didik dalam interprestasi sedang. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi e-modul pada materi medan magnet layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata-kata kunci: E-modul, Aplikasi, Medan Magnet

Abstract

This study aims to produce a Magnitis E-module product as an application to improve understanding of the concept of magnetic field material in class 12th Science for High School students. The method used is Research and Development with the ADDIE development model approach consisting of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The resulting product is an Android application that can be downloaded on the Google Playstore and contains learning materials that will be validated by three validators and three physics teachers and tested on class 12th Science students. Analysis of research data using descriptive analysis. The data analysis technique in the form of a validation test questionnaire was assessed using a Likert scale. The validation results of material experts get 77.1% (very good), the validation results of media experts get 83.4% (very good), the validation results of learning experts get 78.75%, the validation results by physics teachers get 92.4% (very good), and class XII MIPA students 90.5% (very good). Furthermore, the n-gain analysis of the results of the pretest and posttest to determine the increase in understanding of the concept. The average result of the n-gain test is 0.57, which means an increase in students' understanding of concepts in moderate interpretation. It can be concluded that the application of e-modules on magnetic field material is feasible to be used as a learning medium.

Keywords: E-module, Application, Magnetic Field

References

P. Setyosari, “Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas,” Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 2014.

Puspendik Kemdikbud, “Laporan hasil ujian nasional,” Diambil dari Pusat Penilaian Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.

Peraturan Kementrian Pendidikan Nasional, “Standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah,” Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, 2007.

Y. R. Liana, “Pengembangan e-modul interaktif berbasis android menggunakan sigil software pada materi listrik dinamis,” Seminar Nasional Pascasarjana, 2019.

A. D. Puspitasari, “Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA,” Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, 2019.

R. Ali, S. R. Ghazi, S. Hussain, Z. T. Faitma, “Effectiveness of modular teaching in biology at secondary level,” Asian Social Science, vol. 6, 2010.

Y. R. Liana, “Pengembangan e-modul interaktif berbasis android menggunakan sigil software pada materi listrik dinami,” Seminar Nasional Pascasarjana, 2019.

Oktiana, “Pengembangan media pembelajaran berbasis android dalam bentuk buku saku digital mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa di kelas XI MAN I,” Yogyakarta: UNY, 2019.

Kemendikbud, “Panduan praktis penyusunan e-modul,” Jakarta: Kemdikbud, pp. 1-57, 2017.

Data Books, “Perangkat mobile global menggunakan andoid,” 2017, Databook.co.id:https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/10/09/73-perangkat-mobile-global-menggunakan-android.

A. Rivalia, “Karapan sapi as android-based learning module material of physics,” Journal of Physics: Coference Series, 2019.

R. M. Branch, “Instructional design,” The ADDIE approach, New York : Springer Science & Business Media, 2009.

Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D),” Bandung: Alfabeta, 2013.

Published
2023-01-31
How to Cite
Rindi Antika, A., Budi Susila, A., & Setyo Budi, A. (2023). PENGEMBANGAN APLIKASI E-MODUL MAGNITIS BERBASIS ANDROID BERBANTUAN SOFTWARE SAC. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 11(1), PF-47. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF07
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya