PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) SCHOOLOGY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN READING, MIND MAPPING, AND SHARING (RMS) PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

  • Juanha Betviana Putri Manizha Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, RT.011/RW.014, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, 13220, Indonesia
  • Agus Setyo Budi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, RT.011/RW.014, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, 13220, Indonesia
  • Dwi Susanti Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, RT.011/RW.014, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi menuntut manusia untuk memiliki sumber daya yang berkualitas, terobosan baru dalam berpikir, penyusunan konsep, serta tindakan-tindakan agar siap menghadapi tantangan-tantangan di era yang baru. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan Learning Management System (LMS) Schoology dengan model Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) pada materi Pemanasan Global. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Dick & Carey. Terdapat sepuluh tahap prosedur pengembangan dalam model Dick & Carey yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran yang sistematis. Responden penelitian ini terdiri dari responden ahli, yaitu: ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Pada penelitian ini akan menghasilkan produk berupa Learning Management System (LMS) Schoology dengan model Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) pada materi Pemanasan Global.

Kata-kata kunci: Schoology, Reading Mind Mapping and Sharing (RMS), Pemanasan Global

Abstract

Technological developments require humans to have quality resources, breakthroughs in thinking, drafting concepts, and actions to be ready to face the challenges of a new era. This research aims to develop a Learning Management System (LMS) Schoology with a Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) model on Global Warming material. The method used in this research is Research and Development (R&D), with the development model used being the Dick & Carey development model. There are ten stages of development procedures in the Dick & Carey model that can help students in a systematic learning process. The respondents of this study consisted of expert respondents, namely: material experts, media experts, and learning experts. This research will produce a product in the form of a Learning Management System (LMS) Schoology with a Reading, Mind Mapping, and Sharing (RMS) model on Global Warming material.

Keywords: Schoology, Reading Mind Mapping and Sharing (RMS), Global Warming

References

Badan Standar Nasional Pendidikan, “Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI,” 2010.

A. Muhlisin, “Reading, mind mapping, and sharing (RMS): Innovation Of New Learning Model On Science Lecture To Improve Understanding Concepts,” Journal for the Education of Gifted Young Scientists, vol. 7, no. 2, pp. 323-340, 2019.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012, “Tentang Pendidikan Tinggi,” Pub. L. No. 12, Undang-undang Republik Indonesia, 2019.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, “Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” Pub. L. No. 20, 18, Pusdiklat Perpusnas, 2019.

Y. Guntara, I. S. Utami, “Implementation of Augmented Physics Animation Integrated Crosscutting Concept COVID 19 in Facilitating Problem Solving Skills and Disaster Preparedness,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 43-52, Jul. 2021.

M. Mutoharoh, D. Ambarwulan, “Evaluation of the use of the Moodle Platform for Fundamental Physics Lectures at University,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 169-176, Dec. 2021.

D. U. Rahmawati, J. Jumadi, E. M. Ramadan, “Developing Physics Learning Tools of Blended Learning Using Schoology with Problem-Based Learning Model,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 2, pp. 139-152, Dec. 2020.

C. Gautier, K. Deutsch, S. Rebich, “Misconceptions About the Greenhouse Effect Misconceptions About the Greenhouse Effect,” Journal of Geoscience Education, vol. 54, pp. 386-395, 2006.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan,” Alfabeta, 2013.

T. D’Angelo, J. C. Bunch, A. C. Thoron, “Instructional Design Using the Dick & Carey System Approach,” vol. 2, pp. 1-5, 2018.

D. Nuraini, L. Anggraini et al., “Buku Saku Edisi Serba-serbi Kurikulum Merdeka,” Ditspd, Kemendikbud, 2022.

Published
2023-01-31
How to Cite
Betviana Putri Manizha, J., Setyo Budi, A., & Susanti, D. (2023). PENGEMBANGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) SCHOOLOGY DENGAN MODEL PEMBELAJARAN READING, MIND MAPPING, AND SHARING (RMS) PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 11(1), PF-65. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF10
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya