WEBSITE E-LEARNING BERBASIS STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) PADA MATERI FISIKA SUHU DAN KALOR

  • Syifa Ramadhani Program Studi Pendidikan Fisika,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur,13220 Indonesia
  • Hadi Nasbey Program Studi Pendidikan Fisika,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur,13220 Indonesia
  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Pendidikan Fisika,Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur,13220 Indonesia

Abstract

Abstrak

Kesulitan menerapkan materi dengan soal yang diberikan, bingung harus memulai darimana dalam memecahkan soal dan kurangnya memahami konsep menjadi kendala siswa dalam belajar fisika khususnya topik Suhu dan Kalor. Pemilihan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) membantu melibatkan antusiasme siswa untuk memperoleh pengetahuan dengan mengaitkan kehidupan nyata sehingga lebih mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web menggunakan Google Sites topik Suhu dan Kalor menggunakan strategi REACT. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Website ini dirancang secara berurutan dengan tampilan yang menarik, contoh aplikasi kehidupan nyata dan dilengkapi dengan aktivitas kegiatan siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket skala Likert yang telah divalidasi kepada ahli media, materi dan pembelajaran serta diuji coba kepada guru dan siswa. Hasil dari pengembangan ini memperoleh persentase rata-rata keseluruhan sebesar 81,76% dengan interpretasi sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika SMA kelas XI yang dapat menambah pengalaman belajar siswa dengan meningkatkan antusias siswa serta membantu siswa memahami topik Suhu dan Kalor.

Kata-kata kunci: e-learning, website, strategi REACT, suhu dan kalor

Abstract

Difficulty applying the material to the questions, needing clarification on where to start solving problems, and a lack of understanding of concepts are obstacles for students in learning physics, especially the topic of Heat and Temperature. The choice of the REACT strategy (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) helps involve students' enthusiasm for acquiring knowledge by linking real life so easier to understand. This study aims to develop web-based learning media using Google Sites on the topic of Heat and Temperature using the REACT strategy. The research method used is Research and Development (R&D) using the ADDIE research model, which consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. This website is designed sequentially with an attractive appearance and examples of real-life applications, and is equipped with student activities. This study uses an instrument in the form of a Likert scale questionnaire that has been validated by media, material, and learning experts and tested on teachers and students. The results of this development obtained an overall average percentage of 81.76%, with the interpretation that it was very suitable to be used as a medium for learning physics in class XI high school, which could add to students' learning experiences by increasing student enthusiasm and helping students understand the topic of Heat and Temperature.

Keywords: e-learning, website, REACT strategy, heat, and temperature

References

Tim Pengembang Pedoman Guru Fisika, “Pedoman Guru Mata Pelajaran Fisika Kurikulum 2013,” Jakarta: KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2014.

B. Bustami, N. Ngadimin, A. Farhan, “The Difficulty Factors of Students to Understand Mathematics Physics 1 at Physics Education Department FKIP Unsyiah,” Asian J. Sci. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 1-10, 2020, doi: 10.24815/ajse.v2i1.14725.

M. Siahaan, B. Z. Siahaan, “Design and Development of College Student Worksheets for Simulation of Electromagnetic Waves,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 1, pp. 1-10, Jun. 2022.

S. Supeno, S. H. B. Prastowo, M. P. Rahayu, “Karakteristik Kemampuan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Well dan Ill Structured Problems pada Pembelajaran Fisika,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 6, no. 1, p. 63, 2020, doi: 10.29303/jpft.v6i1.1053.

N. Merisa, A. Halim, E. Mahzum, “The Effects of Exercise Using Minnesota Strategy Problem Solving Model to Student Learning Outcomes and Critical Thinking Ability,” Asian J. Sci. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 24-32, 2020, doi: 10.24815/ajse.v2i1.14745.

J. Febrianti, H. Akhsan, M. Muslim, “Analisis Miskonsepsi Suhu Dan Kalor Pada Siswa Sma Negeri 3 Tanjung Raja,” J. Inov. dan Pembelajaran Fis., vol. 6, no. 1, pp. 90-102, 2019, doi: 10.36706/jipf.v6i1.7819.

E. Septiyani, D. Nanto, “Four-Tier Diagnostic Test Assisted Website for Identifies Misconceptions Heat and Temperature,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 35-42, Jul. 2021.

M. Maison, D. A. Kurniawan, R. P. Wirayuda, D. Chen, “Process Skills-Based E-Module: Impact On Analytical Thinking Skills,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 1, pp. 23-34, Jun. 2022.

D. Gurcay, E. Gulbas, “Determination of Factors Related to Students ’ Understandings of Heat , Temperature and Internal Energy Concepts,” vol. 6, no. 2, pp. 65-72, 2018, doi: 10.11114/jets.v6i2.2854.

S. N. Kane, A. Mishra, A. K. Dutta, “Preface: International Conference on Recent Trends,” in Physics (ICRTP 2016), vol. 755, no. 1. 2016.

N. Nisrina, G. Gunawan, A. Harjono, “Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 2, no. 2, p. 66, 2017, doi: 10.29303/jpft.v2i2.291.

E. Ültay, “Investigating the Effect of the Activities Based on Explanation Assisted REACT Strategy on Learning Impulse , Momentum and Collisions Topics,” vol. 8, no. 7, pp. 174-186, 2017.

T. Günter, “The effect of the REACT strategy on students’ achievements with regard to solubility equilibrium: Using chemistry in contexts,” Chem. Educ. Res. Pract., vol. 19, no. 4, pp. 1287-1306, 2018, doi: 10.1039/c8rp00087e.

H. Ramli, S. Kepa, “Enhancing Students’ Conceptual Comprehension and Self-Efficacy on Exponential Function Using the React Strategy: a Quasi Experiment on Tenth Graders in Banda Sub-District,” J. Educ. Innov., vol. 8, no. 2, pp. 108-119, 2021, [Online]. Available: https://erudio.ub.ac.id.

F. Karsli, M. Yigit, “Effectiveness of the REACT Strategy on 12th Grade Students’ Understanding of the Alkenes Concept,” Res. Sci. Technol. Educ., vol. 35, no. 3, pp. 274-291, 2017, doi: 10.1080/02635143.2017.1295369.

J. W. Gong, H. C. Liu, X. Y. You, L. Yin, “An integrated multi-criteria decision making approach with linguistic hesitant fuzzy sets for E-learning website evaluation and selection,” Appl. Soft Comput., vol. 102, p. 107118, 2021, doi: 10.1016/j.asoc.2021.107118.

N. K. Putri, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Materi Hukum Newton Pada Gerak Benda,” Fak. Tarb. Dan Kegur. Univ. Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2021.

B. Harsanto, “Inovasi Pembelajaran di Era Digital: Menggunakan Google Sites dan Media Sosial,” UNPAD Press, 2017.

L. M. L. Agad et al., “Development of webquest using Google Site in teaching Circulatory System,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1340, no. 1, pp. 2-7, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1340/1/012060.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,” CV. Alfabeta, Bandung, 2015.

N. Lestari, R. Wirasty, “Pemanfaatan Multimedia Dalam Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa,” Amaliah J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 349-353, 2019, doi: 10.32696/ajpkm.v3i2.289.

Y. R. T. Ferdinandus Pantur, V. H. B. Hayon, “Pengaruh Respon Pada Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan Smkn 4 Kupang Pada Materi Pokok Asam Basa,” vol. 73, no. 1, pp. 99-107, 2021.

S. Azzahra, G. Nuri Istifah Khasanah, Dwi Agus Kurniawan, Maison, Wibisono, O. S. M. N. Devi Permata Sari, “Analisis Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Website sebagai Media Pembelajaran di SMAN 8 Tanjung Jabung Barat,” E-Journal Ups, vol. 4, pp. 1-11, 2022.

T. Novianti, Nindya, E. Hertanti, Al Farizi, “Pengaruh Media Simulasi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Konsep Fluida Statis,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 5, no. 2, pp. 1-9, 2019, doi: .1037//0033-2909.I26.1.78.

R. Ramli, L. Fitriana, B. Budi, “Aplikasi Multimedia Pembelajaran Berbasis Game Animasi Menggunakan Metode Cai (Computer Assisted Instruction) Untuk Mata pelajaran Fisika,” Buletin Utama Teknik, vol. 3814, pp. 55-59, 2021, [Online].Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/4315%0Ahttps://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/download/4315/3091.

Firdha nisa Nisa, A. D. Lesmono, R. Bachtiar, “Model Penbelajaran Konstekstual Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (React) Dengan Simulasi Virtual dalam Pembelajaran Fisika di SMA (Materi Momentum, Impuls, Tumbukan Kelas X SMAN 2 Jember),” J. Pembelajaran Fisika, vol. pp. 8-14, 2018.

S. K. Suci, M. Muhaimin, Z. Zurweni, “The Implementation and Effect of Problem-Based Learning Based on Local Wisdom Toward Students’ Communication and Critical Thinking Ability on Temperature and Heat Topic,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 1, pp. 165-174, Jun. 2022.

M. Martini, I. Ismet, K. Wiyono, “Desain Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning pada Pelajaran Fisika SMA,” JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. dan Ris. Ilmiah), vol. 5, no. 2, pp. 59-71, 2021, doi: 10.30599/jipfri.v5i2.1186.

F. Bakri, F. Fajriani, D. Muliyati, “Media E-Learning Berbasis Cms Joomla: Pelengkap Pembelajaran Fisika Sma,” J. Teknodik, p. 99, 2018, doi: 10.32550/teknodik.v21i2.346.

W. Mutiara, Mukti, D. Anggraeni, “Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Materi Listrik Statis,” FKIP e-PROCEEDING, vol. 5, no. 1, pp. 51-59, 2020, [Online]. Available: https://sites.google.com/view/fisikakuyess.

Published
2023-01-31
How to Cite
Ramadhani, S., Nasbey, H., & Sunaryo, S. (2023). WEBSITE E-LEARNING BERBASIS STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) PADA MATERI FISIKA SUHU DAN KALOR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 11(1), PF-71. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF11
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya