KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF YANG DIKEMBANGKAN DENGAN MENGGUNAKAN POWERPOINT ISPRING SUITE 8 PADA KONSEP FLUIDA STATIS UNTUK PESERTA DIDIK SMA

Authors

  • Riski Triono Hadinoto Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur 13220, Indoneisa
  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur 13220, Indoneisa
  • Cecep E. Rustana Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur 13220, Indoneisa

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.1102.PF13

Abstract

Abstrak

Peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi fisika fluida statis khususnya prinsip Archimedes. Kesulitan konseptual ini disebabkan oleh salah satu faktornya berupa gaya mengajar guru yang hanya mengandalkan metode ceramah dan secara umum masih rendahnya keterampilan guru di indonesia untuk mendesain dan memanfaatkan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran menggunakan perangkat lunak Mircrosoft Office PowerPoint dengan bantuan iSpring Suite 8 yang dikembangkan tersebut sebagai media pembelajaran di kelas untuk peserta didik SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan Dick & Carey. Langkah dalam pengembangan meliputi: 1) analsis kebutuhan dan karakter peserta didik melalui studi literatur, 2) mengembangkan media pembelajaran, 3) validasi ahli dan uji coba lapangan produk penelitian. Instrumen validasi dan uji lapangan media menggunakan kuesioner penilaian dengan skala Likert. Indikator penilaian yang digunakan berlandaskan kajian teori yang ada. Hasil validasi menghasilkan persentase kelayakan oleh ahli materi 85,41%, ahli media 78,95%, Guru Fisika SMA 83,90%, serta uji coba lapangan terbatas oleh peserta didik SMA 85,83%. Dari data tersebut, hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan PowerPoint iSpring Suite 8 pada pokok bahasan fluida statis untuk peserta didik SMA sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika di SMA.

Kata-kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Fluida Statis, Archimedes, PowerPoint, iSpring Suite 8

Abstract

Students have difficulty understanding static fluid physics material, especially Archimedes' principle. This conceptual difficulty is caused by one of the factors, namely the teaching style of teachers who only rely on the lecture method and, in general, the low skills of teachers in Indonesia to design and utilize learning media. This study aims to determine the feasibility of learning media using Microsoft Office PowerPoint software with the help of iSpring Suite 8, which was developed as a learning medium in the classroom for high school students. The research method used is the Research & Development method with the Dick & Carey development model. The steps in the development include: 1) analyzing the needs and character of students through literature studies, 2) developing learning media, and 3) expert validation and field trials of research products. The validation instrument and the media field test used an assessment questionnaire with a Likert scale. The assessment indicators used are based on existing theoretical studies. The results of the validation resulted in the percentage of eligibility by material experts at 85.41%, media experts at 78.95%, high school physics teachers at 83.90%, and limited field trials by high school students at 85.83%. These results indicate that interactive learning media using PowerPoint iSpring Suite 8 on the subject of static fluids for high school students is very suitable to be used as a physics learning medium in high school.

Keywords: Interactive Learning Media, Static Fluids, Archimedes, PowerPoint, Ispring Suite 8

References

[1] D. P. A. Lestari, M. Alamsyah, “Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite 9,” Prosiding Seminar Nasional Sains, vol. 1, no. 1, 2020.
[2] U. D. Putri, Parno, E. Supriana, “Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Materi Fluida Statis,” Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana UM, vol. 2, 2017.
[3] M. E. Loverude, C. H. Kautz, P. R. L. Heron, “Helping students develop an understanding of Archimedes’ principle, I Research on student understanding,” American Journal of Physics, vol. 71, no. 11, pp. 1178-1187, 2003.
[4] S. Sunaryo, H. Nasbey, H. Amelia, “Learning Media Development using Transformative Learning Strategy Android Application as a Distance Learning Support on Static Fluid,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 61-72, July 2021.
[5] M. Dhanil, F. Mufit, “Design and Validity of Interactive Multimedia Based on Cognitive Conflict on Static Fluid Using Adobe Animate CC 2019,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 177-190, Dec. 2021.
[6] J. Mansyur, I. K. Werdhiana, D. Darsikin, S. N. Kaharu, N. Tadeko, “Students’ External Representation Patterns of Suspending Objects in Static Fluid,” Uropean Journal of Educational Research, vol. 11, no. 2, pp. 805-820, 2022.
[7] N. Khoiri, S. Ristanto, A. F. Kurniawan, “Profile of Students’ Conceptual Understanding of Physics in Senior High School,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 2, pp. 241-248, Dec. 2022.
[8] M. Yaumi, “Media dan Teknologi Pembelajaran,” Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.
[9] Daryanto, “Media Pembelajaran peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran,” Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2016.
[10] C. Hasanudin, “Media Pembelajaran: Kajian Teoritis dan Kemanfaatan,” Sleman: Penerbit Deepublish, 2017.
[11] S. E. Smaldino, D. L. Lowther, J. D. Russell, “Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar,” Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
[12] R. Riyana, D. Kurniawan, “Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru,” Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2012.
[13] M. A. Furqon, M. Muladi, M. Z. Arifin, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Mobile Pada Kompetensi Pengalamatan Jaringan Untuk SMK Program Keahlian TKJ,” Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang, 2016.
[14] R. J. Craig, J. H. Amernic, “PowerPoint Presentation Technology and the Dynamics of Teaching,” Innovative Higher Education, vol. 31, pp. 147-160, 2006.
[15] A. Esquela-Kerscher, N. K. Krishna, J. B. Catalano, P. S. Lundberg, J. A. Kerry, “Design and Effectiveness of Self-Directed Interactive Learning Modules Based on PowerPoint,” Medical Science Educator volume, vol. 26, pp. 69-76, 2016.
[16] R. K. Kumar, “Interactive Learning Modules Based on PowerPoint,” Medical Science Educator, vol. 26, p. 421, 2016.
[17] Irwanto, “Basic physics learning process in electrical engineering vocational education program using ispring presenter interactive powerpoints to improve student understanding,” Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, vol. 6, no. 1, 2020.
[18] M. Ali, M. Asrori, “Metodologi dan Aplikasi RIset Pendidikan,” Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
[19] H. Permana, F. Bakri, I. H. Salsabila, D. Ambarwulan, D. Muliyati, D. Sumardani, “The Development of Augmented Reality Application to Explore Fluid Concepts,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 53-60, Jul. 2021.
[20] N. R. Kusuma, K. M. Mustami, O. Jumadi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Power Point Ispring Suite 8 pada Konsep Sistem Ekskresi di Sekolah Menengah Atas,” PhD Thesis, Universitas Negeri Makassar, 2018.
[21] H. R. Putra, “Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 pada Materi Hidrolisis Garam untuk Kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Batanghari,” Doctoral dissertation, 2019.
[22] H. A. Sutopo, “Teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan,” Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.
[23] S. Fahmi, “Membangun Multimedia Interaktif Edisi 1,” Yogyakarta: Bildung, 2018.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Triono Hadinoto, R., Sunaryo, S., & E. Rustana, C. (2023). KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF YANG DIKEMBANGKAN DENGAN MENGGUNAKAN POWERPOINT ISPRING SUITE 8 PADA KONSEP FLUIDA STATIS UNTUK PESERTA DIDIK SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 11(1), PF–89. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF13

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya