PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR

  • Gita Putri Isyafiani Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Gd. Hasjim Asjarie, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
  • I Made Astra Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Gd. Hasjim Asjarie, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
  • Iwan Sugihartono Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Gd. Hasjim Asjarie, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan monopoli digital berbasis problem based learning pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran permainan monopoli digital menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Berdasarkan hasil studi pendahuluan dengan metode wawancara kepada 3 guru Fisika dan survei kepada 30 peserta didik terkonfirmasi bahwa peserta didik tampak lebih antusias apabila menggunakan media pembelajaran interaktif dibandingkan dengan tanpa menggunakan media pembelajaran non-interaktif, 83,3% peserta didik suka bermain permainan (game), 90% menginginkan media pembelajaran permainan edukasi agar pembelajaran fisika menjadi lebih menyenangkan, dan materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar menjadi salah satu materi fisika yang sulit dipahami oleh peserta didik. Penelitian ini telah menghasilkan media pembelajaran permainan monopoli digital berbasis problem based learning pada pokok bahasan dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar yang diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru.

Kata-kata kunci: Media Pembelajaran, Permainan, Monopoli, Problem Based Learning, Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar

Abstract

This study is a Research and Development which aims to develop a problem-based learning digital monopoly game learning media on the material of rotation dynamics and the equilibrium of rigid objects.  Research and development of digital monopoly game learning media using the ADDIE development model with stages of Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation.  Based on the results of a preliminary study with the interview method to 3 Physics teachers and a survey of 30 students confirmed that students seemed more enthusiastic when using interactive learning media compared to without using non-interactive learning media, 83.3% of students liked to play games, 90% want educational game learning media so that physics learning becomes more enjoyable, and the material of rotation dynamics and equilibrium of rigid objects becomes one of the physics materials that is difficult for students to understand. This research has produced a problem-based digital monopoly game learning learning media on the subject of rotation dynamics and the equilibrium of tough objects which are expected to be used as learning media by teachers.

Keywords: Learning Media, Games, Monopoly, Problem Based Learning, Rotation Dynamics and Rigidity of Objects

References

R. O‟Halloran, C. Deale, “Designing a Game Based on Monopoly as Learning Tool,” Journal of Hospitality & Tourism Education, vol. 22, no. 3, pp. 35-48, 2010.

U. A. Syahri, W. Christijanti, S. D. Pamelasari, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Digital Games Based Learning Tema Pencemaran,” Unnes Science Education Journal, vol. 3, no. 3, pp. 593-601, 2014.

S. W. Adiningtyas, “Peran Guru dalam Mengatasi Kecanduan Game Online,” Jurnal KOPASTA, vol. 4, no. 1, pp. 28-40, 2017.

Peranti, A. Purwanto, E. Risdianto, “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan MOFIN (Monopoli Fisika Sains) Pada Peserta didik SMA Kelas X,” Jurnal Kumparan Fisika, vol. 2, no. 1, pp. 41-48, 2019.

Y. Apriyani, Siswoyo, V. Serevina, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Permainan Monopoli pada Pokok Bahasan Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar,” Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, vol. 4, no. 1, pp. 42-48, 2019.

Y. R. Liana, S. Linuwih, S. Sulhadi, “The Development of Thermodynamics Law Experiment Media Based on IoT: Laboratory Activities Through Science Problem Solving for Gifted Young Scientists,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 51-64, Jun. 2020.

A. S. Sadiman, Harijanto, A. Haryono, R. Rahardjo, “Media Pendidikan,” Depok: PT. Rajagrafindo Persada, 2018.

Suliyanah, U. A. Deta, F. K. Kurniawan, N. A. Lestari, M. Yantidewi, M. N. R. Jauhariyah, B. K. Prahani, “Literature Review on The Use of Educational Physics Games in Improving Learning Outcomes,” in Journal of Physics: Conference Series,, vol. 1805, no. 1, p. 012038, 2021.

M. Hendri, M. Jarnawi, “Development of Nano Physics Learning Media (Physics Monopoly Game) Based on Software,” in Journal of Physics: Conf. Series, vol. 2126, no. 1, p. 012019, 2021.

R. Tania, J. Jumadi, F. Tolino, “Android-Based Learning Media Using Problem Based Learning on Physics Learning of Senior High School Students,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 2, pp. 289-298, Dec. 2020.

S. K. Suci, M. Muhaimin, Z. Zurweni, “The Implementation and Effect of Problem-Based Learning Based on Local Wisdom Toward Students’ Communication and Critical Thinking Ability on Temperature and Heat Topic,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 1, pp. 165-174, Jun. 2022.

Published
2023-01-31
How to Cite
Putri Isyafiani, G., Astra, I. M., & Sugihartono, I. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 11(1), PF-127. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF18
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya