IMPLEMENTASI TPACK FRAMEWORK PADA PENGEMBANGAN BUKU TEKS FISIKA TOPIK USAHA DAN ENERGI

Authors

  • Mellyana Mega Hartina Departemen of Physics Education, Universitas Negeri Jakarta Jl. Ramawangun Muka, Jakarta 13220, Indonesia
  • Fauzi Bakri Departemen of Physics Education, Universitas Negeri Jakarta Jl. Ramawangun Muka, Jakarta 13220, Indonesia
  • Dewi Muliyati Departemen of Physics Education, Universitas Negeri Jakarta Jl. Ramawangun Muka, Jakarta 13220, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.1102.PF20

Abstract

Abstrak

Era revolusi 4.0 telah menambah tantangan pendidikan. Siswa harus memiliki keterampilan 4C yaitu criticial thinking, creativity, collaboration, and communication. Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan tersebut dengan meningkatkan kualitas buku teks pelajaran. Implementasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) pada buku teks dapat memudahkan siswa dalam mempelajari konsep yang dipelajari. Artikel ini menjelaskan hasil pengembangan buku teks berbasis kerangka kerja TPACK pada topik usaha dan energi. Hasil pengembangan buku yang mengimplementasi TK berupa penggunaan teknologi dalam penyusunan materi usaha dan energi. Implementasi PK berupa komponen apersepsi pada awal buku. Implementasi CK berupa materi yang akurat, fakta dan terperinci. Implementasi PCK berupa penggunaan strategi untuk keterampilan 4C dalam menyusun materi usaha dan energi. Implementasi TPK berupa penggunaan Augmented Reality dalam memvisualisasikan materi usaha dan energi. Implementasi TCK berupa konten materi mengenai teknologi yang berhubungan dengan materi usaha dan energi. Buku yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai sumber utama dalam pembelajaran fisika topik usaha dan energi.

Kata-kata kunci: TPACK, buku teks fisika, usaha dan energi

Abstract

The era of revolution 4.0 has added to the challenges of education. Students must have 4C skills, namely critical thinking, creativity, collaboration, and communication. One way to improve these skills is to improve the quality of textbooks. The application of TPACK in textbooks can make it easier for students to learn the concepts being studied. This article uses a qualitative descriptive method that describes the results of research and development of a TPACK-based textbook on work and energy. The implementation of TK in the form of using technology in the preparation of Work and energy. The implementation of PK in the form of apperception components at the beginning of the book. The implementation of CK in the form of accurate and multi-represented using images, videos, and graphics. PCK implementation in the form of using strategies for 4C skills in compile work and energy materials. The implementation of TPK is in the form of using Augmented Reality in visualizing work and energy. The implementation of TCK is in the form of material content regarding technology related to work and energy.

Keywords: TPACK, buku teks fisika, usaha dan energi

References

[1] A. S. Budi, “Virtual Reality Technology in Physics Learning: Possibility, Trend, and Tools,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 23-34, Jul. 2021.
[2] B. Trilling, C. Fadel, “21st Century Skills : Learning for Life in Our Times,” San Fransisco, California: Jossey-Bass, 2009.
[3] A. Awalludin, “Pengembangan Buku Teks Sintaksis Bahasa Indonesia,” Yogyakarta: DEEPUBLISH, 2017.
[4] G. Rahmawati, “Buku teks pelajaran sebagai sumber belajar siswa diperpustakaan sekolah SMAN 3 Bandung,” EduLib, vol. 5, no. 1, 2015.
[5] T. H. Tarigan, “Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia,” Bandung: Angkasa, 1986.
[6] I. Ulumudin, M. Mahdiansyah, B. S. Joko, “Kajian Buku Teks dan Pengayaan : Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 Serta Kebijakan Penumbuhan Minat Baca Siswa,” Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
[7] U. Hanifah, “Pentingnya Buku ajar yang berkualitas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa arab,” Jurnal Ilmu Tarbiyah, vol. 3, no. 3, 2014.
[8] A. W. Purnanto, P. M. Triana, L. E. Rahmawati, D. M. Gajewski, “Kompleksitas dan Determinasi Luaran Pembelajaran pada Buku Teks Kurikulum 2013 Kelas 4 Sekolah Dasar Tema 2,” Jurnal Inspirasi Pendidikan, vol. 10, no. 1, pp. 41-50, 2020.
[9] M. Muslich, “Dasar - dasar Pemahaman, Penulis, dan Pemakaian Buku Teks,” Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
[10] I. Solikhah, “Pedoman Lengkap Pengembangan Buku Teks dan Bahan Ajar untuk Perguruan Tinggi,” Sukoharjo: Pusat Kajian Bahasa dan Budaya, 2016.
[11] E. Kosasih, “Pengembangan Bahan Ajar,” Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2021.
[12] B. Hartono, “Dasar-dasar kajian buku teks : konsep dasar, pemilihan, pemanfaatan, penilaian, dan pengembangannya / Bambang Hartono,” Semarang: Unress Press, 2016.
[13] N. Baya'a, W. Daher, “The Development of College Instructors' Technological Pedagogical and Content Knowledge,” Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 174, pp. 1166-1175, 2015.
[14] M. J. Koehler, “What Is Technological Pedagogical ?,” Journal of Education, vol. 193, no. 3, pp. 13-19. 2015.
[15] Y. Guntara, I. S. Utami, “Measuring the Classification of Digital Natives use Digital Natives Assessment Scale: The Implementation on Pre-Service Physics Teachers in Banten-Indonesia and Its Implications,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 161-168, Dec. 2021.
[16] A. Malik, S. Susanti, “Learning Designing for Establishment Physics Content and Teacher Pedagogic Aspects Through Lesson Study-based In-House Training,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 145-152, Dec. 2021.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Mega Hartina, M., Bakri, F., & Muliyati, D. (2023). IMPLEMENTASI TPACK FRAMEWORK PADA PENGEMBANGAN BUKU TEKS FISIKA TOPIK USAHA DAN ENERGI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 11(1), PF–143. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF20

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya