VIDEO FLUIDA STATIS BERBASIS SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTUAN PLATFORM EDPUZZLE UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS

  • Luthfia Khofifa Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No.1, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220), Indonesia
  • I Made Astra Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No.1, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220), Indonesia
  • Andreas Handjoko Permana Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No.1, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220), Indonesia

Abstract

Abstrak

Kemampuan literasi sains sangat penting untuk dimiliki oleh peserta didik dalam era pembelajaran abad 21. Namun, kemampuan literasi sains peserta didik Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran fisika pada materi fluida statis berbasis SAVI berbantuan platform Edpuzzle untuk melatihkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini dilakukan kepada peserta didik kelas XI MIPA SMA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yakni Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, dari 68 responden peserta didik kelas XI MIPA pada Januari 2022, sebanyak 57,4% memilih menggunakan video pembelajaran yang interaktif untuk mendukung proses pembelajaran fisika. Kemudian, sebanyak 80,9% tertarik untuk menggunakan video fluida statis berbantuan platform Edpuzzle, dimana platform ini berfungsi sebagai alat evaluasi formatif berbasis literasi sains yang pertanyaannya akan muncul sebagai pop-up. Berdasarkan  analisis kebutuhan tersebut dapat  dinyatakan bahwa dibutuhkan pengembangan video pembelajaran fisika pada materi fluida statis berbasis SAVI berbantuan platform Edpuzzle untuk melatihkan kemampuan literasi sains.

Kata Kunci: Video, Fluida Statis, SAVI, Edpuzzle, Literasi Sains

Abstract

Science literacy skills are very important for students to have in the 21st century learning era. However, the science literacy skills of Indonesian students are still low. This study aims to develop a physics learning video on SAVI-based static fluid material with the help of the Edpuzzle platform to practice science literacy skills. This research was conducted on students of class XI MIPA SMA. The method used in this research is the Research and Development (R&D) method with the ADDIE development model consisting of five stages, namely Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Based on the results of the needs analysis, of the 68 respondents of class XI MIPA in January 2022, 57.4% chose to use interactive learning videos to support the physics learning process. Then, as many as 80.9% were interested in using the Edpuzzle-assisted static fluid video platform, where this platform functions as a science literacy-based formative test tool whose questions will appear as pop-ups. Based on the needs analysis, it can be stated that it is necessary to develop physics learning videos on SAVI-based static fluid materials with the help of the Edpuzzle platform to practice science literacy skills.

Keywords: Video, Static Fluid, SAVI, Edpuzzle, Science Literacy

References

Organisation for Economic Cooperation and Development, “PISA 2018 Science Framework,” OECD PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, pp. 97-117, 2019.

L. Laksmi, “Strategi Perpustakaan Menerapkan Literasi Untuk Meningkatkan Imajinasi, Kreativitas, Inovasi,” Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, vol. 4, no. 1, 2020.

Y. Yuliati, “Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA,” Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 3, no. 2, pp. 21-28, 2017.

H. Y. Suhendi, M. A. Ramdhani, F. S. Irwansyah, “Verification concept of assesment for physics education student learning outcome,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 3, 21, pp. 321-325, 2018.

D. Sukowati, A. Rusilowati, S. Sugianto, “Analisis Kemampuan Literasi Sains dan Metakogntif Peserta Didik,” Physics Communication, vol. 1, no. 1, pp. 16-22, 2017.

W. S. P. Sari, Ismet, N. Andriani, “Desain Instrumen Soal IPA Serupa PISA ( Programme for International Student Assessment ) pada Sekolah Menengah Pertama,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ipa, 2017.

R. Muzijah, M. Wati, S. Mahtari, “Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, vol. 4, no. 2, pp. 89-98, 2020.

D. Nurainun, S. Saehana, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Semikonduktor Fotokatalis,” Jurnal Imiah Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 3, pp. 89-93, 2019.

M. Yoon, J. Lee, I. H. Jo, “Video learning analytics: Investigating behavioral patterns and learner clusters in video-based online learning,” The Internet and Higher Education, vol. 50, p. 100806, 2021.

A. Ahmad, Z. bin Mohamed, “Improving Students’ Creativity in Mathematic Using SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectual) Approach,” AlphaMath: Journal of Mathematics Education, vol. 7, no. 1, pp. 73-83, 2021.

H. Dewi, “Penerapan Zoedpuzzleizz Sebagai Kelas Klinis Disertai Metode Remote Blended Learning,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 6, no. 1, pp. 117-126, 2021.

L. J. Mischel, “Watch and Learn ? Using EDpuzzle to Enhance the Use of Online Videos,” Management Teaching Review, pp. 1-7, 2018.

Hanafi, “Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan,” SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, vol. 4, no. 2, pp. 129-150, 2017.

Nauratun Nazhifah, A. Pasaribu, Ketang Wiyono, “Development of Computer Based Test Which is Integrated with Bengkulu Local Wisdom to Measure the Scientific Literacy Skills of Junior High School Students,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 1, pp. 45-56, Jun. 2022.

Y. R. Liana, S. Linuwih, S. Sulhadi, “The Development of Thermodynamics Law Experiment Media Based on IoT: Laboratory Activities Through Science Problem Solving for Gifted Young Scientists,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 51-64, Jun. 2020.

A. Salamah, T. Prastowo, E. Hariyono, “The Development Research: Assessment Instruments of Science Literacy Based on Minimum Competency Assessment (AKM) Level 4th for Solar System Concepts,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 1, pp. 115-124, Jun. 2022.

A. S. Budi et al, “Virtual Reality Technology in Physics Learning: Possibility, Trend, and Tools,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 23-34, Jul. 2021.

A. Rahayu, P. Nuryani, A. R. Riyadi, “Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 102-111, 2019.

B. L. O. M. I. Hamid, R. Suryadi, “Implementasi Pembelajaran Model Sole (Self Organized Learning Environment) Berbantu Aplikasi Edpuzzle dalam Pembelajaran Daring,” MEDIA BINA ILMIAH, vol. 16, no. 5, pp. 6983-6992, 2021.

S. J. Shelby, Z. D. Fralish, “Using Edpuzzle to improve student experience and performance in the biochemistry laboratory,” Biochemistry and Molecular Biology Education, vol. 49, no. 4, pp. 529-534, 2021.

Published
2023-01-31
How to Cite
Khofifa, L., Astra, I. M., & Handjoko Permana, A. (2023). VIDEO FLUIDA STATIS BERBASIS SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTUAN PLATFORM EDPUZZLE UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 11(1), PF-151. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF21
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya