E-MODUL FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI FLUIDA
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.1102.PF23Abstract
Abstrak
Pemahaman terhadap fisika telah berkembang dari fisika sebagai produk dari ilmu pengetahuan menjadi fisika sebagai cara berfikir dan bertindak. Namun, pembelajaran fisika memiliki permasalahan klasikal yang sering terjadi di kelas, yakni pasifnya peserta didik dalam pembelajaran fisika di sekolah. Alternatif yang dapat memudahkan peserta didik dalam memahami konsep dan keterlibatan aktif peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang diintegrasikan ke dalam sebuah media digital penunjang pembelajaran, yakni e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-Modul Fisika berbasis Project Based Learning pada materi Fluida. E-modul fisika dibuat dengan menggunakan sebuah aplikasi flipbook bernama Flip PDF Professional. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada langkah-langkah ADDIE. Produk yang dihasilkan berupa E-modul fisika diuji secara terbatas oleh pendidik dan peserta didik.
Kata-kata kunci: E-Modul, Fluida, Project Based Learning, Fisika
References
[2] N. K. Elfaki, I. Abdulraheem, R. Abdulrahim, “Impact of e-learning vs traditional learning on students’ performance and attitude,” Article in International Medical Journal, vol. 24, no. 3, 2019.
[3] T. R. Padwa, P. N. Erdi, “Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning,” JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, vol. 1, no. 1, pp. 21-25, 2021.
[4] M. Ma’arij, M. fathkul, “Effectiveness of Project Based Learning (PjBL) Model on Learning Achievement in Physics,” Jurnal Pendidikan, vol. 18, no. 1, pp. 25-41, 2017.
[5] A. Prameswari, W. Wahyudi, “Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Problem Based Learning dan Project Based Learning Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Fluida,” Jurnal Pendidikan Sains, vol. 2, no. 2, pp. 60-65, 2019.
[6] R. Haryadi, H. Pujiastuti, “The Science Literacy Capabilities Profile Using Guided Inquiry Learning Models,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 81-88, Jun. 2020.
[7] J. Hutapea, M. P. Simanjuntak, “Penggaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBl) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA,” Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, vol. 5, no. 1, pp. 48-55, 2017.
[8] F. Giannakas, A. Papasalouros, G. Kambourakis, S. Gritzalis, “A comprehensive cybersecurity learning platform for elementary education,” Information Security Journal, vol. 28, no. 3, pp. 81-106, 2019.
[9] S. R. Patel, P. J. Margolies, N. H. Covell, C. Lipscomb, L. B. Dixon, “Using Instructional Design, Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate, to Develop e-Learning Modules to Disseminate Supported Employment for Community Behavioral Health Treatment Programs in New York State,” Frontiers in Public Health, 2018.
[10] S. Saenab, S. R. Yunus, A. R. Saleh, A. N. Virninda, L. Hamka, N. A. Sofyan, “Project-based Learning as the Atmoshphere for Promoting Students’ Communication Skills,” Journal of Physics: Conference Series, vol. 1028, no. 1, 2018.
[11] R. Haryadi, H. Pujiastuti, “The Science Literacy Capabilities Profile Using Guided Inquiry Learning Models,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 81-88, Jun. 2020.