IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI FLUIDA DINAMIS DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER UNTUK SISWA SMA KELAS XI

Authors

  • Rena Afifah Putri Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, 13220 Indonesia
  • Handjoko Permana Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, 13220 Indonesia
  • Hadi Nasbey Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, 13220 Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.1102.PF25

Abstract

Abstrak

Guru perlu memperhatikan tingkat pemahaman siswa atas konsep-konsep fisika yang diajarkan. Adanya miskonsepsi perlu untuk dideteksi sejak dini. Penggunaan tes diagnostik pilihan ganda four-tier dapat menjadi salah satu cara untuk mengetahui adanya miskonsepsi siswa.. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes diagnostik pilihan ganda four-tier untuk topik fluida dinamis. Butir soal tes diagnostik pilihan ganda four-tier divalidasi kelayakannya oleh para ahli materi dan ahli evaluasi sebelum diujicobakan ke peserta didik. Hasil dari validasi tersebut akan diujikan ke peserta didik utuk selanjutnya diindentifikasi presentase miskonsepsi yang terjadi pada siswa untuk topik fluida dinamis. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 40 siswa di salah satu SMA di kota Jakarta Timur dalam pembelajaran dan analisis soal-soal, miskonsepsi yang terjadi umumnya disebabkan logika siswa yang kurang tepat yaitu pada sub materi persamaan kontinuitas dan persamaan Bernoulli. Perolehan presentase miskonsepsi paling tinggi pada sub materi Persamaan Bernoulii sebesar 73% pada 11 siswa, sedangkan pada sub materi persamaan kontinuitas presentase miskonsepsi paling tinggi sebesar 28% pada 4 siswa. Sehingga dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi pengajaran untuk guru-guru dalam proses pembelajaran fisika di kelas.

Kata-kata kunci: miskonsepsi, tes diagnostik, four-tier, fluida dinamis.

Abstract

Teachers need to pay attention to the level of students' understanding of the physics concepts being taught. The existence of misconceptions needs to be detected early. The use of a four-tier multiple-choice diagnostic test can be one way to find out if there are students' misconceptions. This study aims to develop a four-tier multiple-choice diagnostic test for fluid dynamics. Material and evaluation experts validated the items of the four-tier multiple-choice diagnostic test before being tested on students. The validation results will be tested on students to identify further the percentage of misconceptions that occur in students for dynamic fluid topics. Based on the results of research on 40 students in one high school in East Jakarta in learning and analyzing questions, the misconceptions that occur are generally caused by students' inappropriate logic, namely in the continuity equations and Bernoulli equations sub-materials. The highest percentage of misconceptions was obtained in the Bernoulli equation sub-material of 73% for 11 students, while in the continuity equation sub-material, the highest percentage of misconceptions was 28% for four students. From this research, it is hoped that it can be used as a teaching evaluation material for teachers in the physics learning process in the classroom.

Keywords: misconception, diagnostic test, four-tier, dynamic fluid

References

[1] Permendikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018,” 2018.
[2] O. Savitri, S. F. Meilana, “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7242-7249, 2022.
[3] E. Septiyani, D. Nanto, “Four-Tier Diagnostic Test Assisted Website for Identifies Misconceptions Heat and Temperature,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 35-42, Jul. 2021.
[4] M. Maison, N. Lestari, A. Widaningtyas, “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 6, no. 1, pp. 32-39, Jan. 2020.
[5] U. N. Fajari, “Analisis Miskonsepsi Siswa pada materi bangun datar dan bangun ruang,” Jurnal kiprah, vol. 8, no. 2, pp. 113-122, 2020.
[6] G. Resbiantoro, R. Setiani, “A review of misconception in physics: the diagnosis, causes, and remediation,” Journal of Turkish Science Education, vol. 19, no. 2, 2022.
[7] S. Arikunto, “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua,” Jakarta: Bumi Aksara, 2015.
[8] A. H. Permana, A. Sekartaji, D. Ambarwulan, “Development of Diagnostic Test of Learning Difficulties for High School on Newton’s Law Material using Moodle Learning Platform,” In Journal of Physics: Conference Series, vol. 2377, no. 1, p. 012070, 2022.
[9] H. Permana, F. Bakri, I. H. Salsabila, D. Ambarwulan, D. Muliyati, D. Sumardani, “The Development of Augmented Reality Application to Explore Fluid Concepts,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 53-60, Jul. 2021.
[10] K. P. Lestari, H. Nasbey, R. Raihanati, “The Development of ‘Poster Equipped with Video (POSEVI)’ on Fluids at Rest Topic for 11th Grade Students,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 91-98, Jul. 2021.
[11] P. Khoirun Nissa, B. Lorenza Dheanti, “The E-Learning Design for Problem Based Learning in Dynamic Fluid Topic using Microsoft Sway,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 115-122, Dec. 2021.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Afifah Putri, R., Permana, H., & Nasbey, H. (2023). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI FLUIDA DINAMIS DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER UNTUK SISWA SMA KELAS XI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 11(1), PF–181. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF25

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya