E-MODUL FLUIDA STATIS BERBASIS SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL

Authors

  • Yasmine Aneilla Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220), Indonesia
  • Hadi Nasbey Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220), Indonesia
  • Andreas Handjoko Permana Prodi Pendidikan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220), Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.1102.PF31

Abstract

Abstrak

Di era digital saat ini, perkembangan teknologi berjalan semakin pesat dalam berbagai aspek kehidupan. Keterbatasan pada modul cetak sebagai media pembelajaran merupakan keterbelakangan dari kemajuan teknologi yang menyebabkan kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan berupa kuesioner yang disebarkan kepada 74 peserta didik kelas XI SMA IPA pada Januari 2022, sebesar 81.1% memilih penjelasan langsung oleh guru dengan menggunakan bahan ajar yang kreatif dan 74.3% peserta didik tertarik menggunakan media pembelajaran berupa modul elektronik. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu media pembelajaran yang menarik dan dikemas dengan menerapkan kemajuan teknologi seperti e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul fisika pada materi fluida statis berbasis SAVI yang digunakan sebagai media pembelajaran. E-Modul tersebut menggunakan software berupa Flip PDF Professional yang berfungsi dapat membuka e-modul pada gadget peserta didik dan menambahkan gambar, video, serta suara terkait materi fluida statis ke dalam e-modul guna untuk memudahkan siswa memahami materi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Dengan demikian, e-modul merupakan bahan ajar alternatif yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar mandiri serta dapat digunakan kapan dan dimana saja. Berdasarkan analisis kebutuhan di atas, maka dibutuhkannya pengembangan e-modul fisika pada materi fluida statis berbasis SAVI berbantuan Flip PDF Professional.

Kata Kunci: E-Modul, Fluida Statis, SAVI, Flip PDF Professional

Abstract

In today’s digital era, technological developments are progressing rapidly in various aspects of life. The limitations of the print module as a learning medium are the backwardness of technological advances which causes a lack of student motivation in learning. Based on the results of the needs analysis in the form of a questionnaire distributed to 74 students of class XI SMA IPA in January 2022, 81.1% chose direct explanations by teachers using creative teaching materials and 74.3% of students were interested in using electronic module learning media. Therefore, it is necessary to develop an attractive and packaged learning media by applying advanced technology such as e-modules. This study aims to develop a physics e-module on SAVI based static fluid material which is used as a learning medium. The e-module uses software in the form of Flip PDF Professional which functions to open e-modules on student gadgets and add images, videos, and sounds related to statistical material into the e-modules in order to make it easier for students to understand the material. This study uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE development model. Thus, e-modules are alternative teaching material that students can use for independent study and can be used anytime and anywhere. Based on the needs analysis above, it is necessary to develop a physics e-module on SAVI based static fluid materials with the help of Flip PDF Professional.

Keywords: E-Module, Static Fluids, SAVI, Flip PDF Professional

References

[1] F. Fitriani, L. Cantika, N. Lolita, “Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Materi Fisika SMA Besaran, Satuan, dan Pengukuran di MAN 2 Kota Jambi,” Jurnal Penelitian, vol. 5, no. 1, pp. 81-88, 2021.
[2] M. Miswati, A. Amin, E. Lovisia, “Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Macro Berbasis Problem Based Learning Materi Besaran dan Pengukuran Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X Silampari,” Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, vol. 2, no. 2, pp. 77-91, 2020.
[3] N. Bekti, W. Dwi, N. Gola, R. Raudhotus, L. Nuraini, F. Kusuma, A. Anggraeni, “Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Materi Optik Geometri,” Jurnal Hasil Kajia, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 123-135, 2021.
[4] A. D. Puspitasari, “Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA,” Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 17-25, 2019.
[5] A. C. Yusro, M. Sasono, “Penggunaan modul ilustratif berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan kinematika gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa kelas VII SMPN 14 Madiun,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, vol. 2, no. 1, pp. 29-35, 2016.
[6] K. Khairinal, S. Suratno, R. Y. Aftiani, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip PDF Professional Untuk Meningkatksn Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh,” Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 2, no. 1, pp. 458-470, 2021.
[7] E. Watin, R. Kustijono, “Efektivitas Penggunaan E-Book dengan Flip PDF Professional untuk Melatih Keterampilan Proses Sains,” Prosiding Seminar Nasional Fisika, vol. 1, no. 1, pp. 124-129, 2017.
[8] D. S. Indah, W. Sunarno, S. Sarwanto, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMK Jurusan Multimedia dengan Topik Impuls dan Momentum,” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, vol. 7, no. 2, p. 273, 2018.
[9] M. Meier, D. Dave, “The Accelerated Learning Handbooks: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan,” Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti, Bandung: Kaifa, 2002.
[10] R. W. Dari, N. R. Nasih, “Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum Menggunakan E-Modul,” Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, vol. 8, no. 2, pp. 12-21, 2020.
[11] A. Rahayu, P. Nuryani, A. R. Riyadi, “Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa,” Jurnal Pendidik Guru Sekolah Dasar, vol. 4, no. 2, pp. 102-111, 2019.
[12] D. S. Indah, W. Sunarno, S. Sarwanto, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMK Jurusan Multimedia dengan Topik Impuls dan Momentum,” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, vol. 7, no. 2, p. 273, 2018.
[13] E. Angjela, D. Irfan, “Pengembangan E-Modul dengan Flip PDF Professional pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika,” Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, vol. 9, no. 3, pp. 92-96, 2021.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Aneilla, Y., Nasbey, H., & Handjoko Permana, A. (2023). E-MODUL FLUIDA STATIS BERBASIS SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 11(1), PF–225. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF31

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya