PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA

  • Hajar Imtihani Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka Jakarta Timur, 13220 Indonesia
  • Fauzi Bakri Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka Jakarta Timur, 13220 Indonesia
  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka Jakarta Timur, 13220 Indonesia

Abstract

Abstrak

Memiliki keterampilan berpikir kritis menjadi bekal yang sangat penting bagi siswa sebelum memahami pelajaran fisika, sebab ada hubungan dua arah antara keterampilan berpikir kritis siswa dengan hasil belajar fisika di sekolah. Namun, kondisi kemampuan tingkat berpikir kritis siswa di beberapa daerah di Indonesia masih dalam kategori rendah. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk membantu guru melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran fisika di sekolah melalui penggunaan video pembelajaran sebagai media pendukung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan tahapan Lee & Owens. Langkah-langkah yang dilakukan adalah Need Assessment, Front-End Analysis, dan Design. Tahap Need Assessment dilakukan dengan studi literatur, sedangkan tahap Front-End Analysis dilakukan dengan menganalisis video pembelajaran fisika menggunakan kata kunci materi Gelombang Bunyi dan Cahaya untuk SMA kelas XI pada platform YouTube. Video yang diambil akan dianalisis berdasarkan kriteria kelayakan media. Dari 30 video yang dianalisis, diambil 3 video dengan skor tertinggi yang diteruskan kepada siswa untuk didapati penilaian berdasarkan perspektif pengguna menggunakan angket. Dari hasil analisis tersebut dilakukan tahap Design untuk mengembangkan video pembelajaran fisika. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah desain video pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir kritis dengan menambahkan pendekatan pembelajaran yang sesuai.

Kata kunci: Berpikir Kritis, Video Pembelajaran, Gelombang Bunyi dan Cahaya

Abstract

Having critical thinking skills is essential for students before understanding physics lessons because there is a two-way relationship between students' necessary thinking skills and physics learning outcomes at school. However, the condition of students' critical thinking ability in several regions in Indonesia is still in the low category. The use of appropriate learning media is an effort that can be made to help teachers train students' critical thinking skills in the learning process. Therefore, this study aims to provide solutions to the problems encountered in the physics learning process in schools through the use of learning videos as supporting media. The method used in this research is Research and Development with Lee & Owens stages. The steps taken are Need Assessment, Front-End Analysis, and Design. The Need Assessment stage is carried out by studying literature, while the Front-End Analysis stage is carried out by analyzing physics learning videos using the keywords Sound and Light Wave material for SMA class XI on the YouTube platform. The videos taken will be analyzed based on media eligibility criteria. Of the 30 videos analyzed, 3 videos with the highest scores were taken which were then forwarded to students for an assessment based on the user's perspective using a questionnaire. From the results of the analysis, the Design stage was carried out to develop physics learning videos. The results obtained in this study are the design of learning videos to practice critical thinking skills by adding appropriate learning approaches.

Keywords: Critical Thinking, Learning Videos, Sound and Light Waves

References

S. Sarjono, “Internalisasi Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika,” Jurnal Madaniyah, vol. 7, no. 2, 2017.

A. Rodrogues, M. Oliveira, “The role of critical thinking in physics learning,” Thinking through Physics education, 2008.

F. Ardiyanti, H. Nuroso, “Analisis Tingkat Keteranpilan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI MIPA Dalam Pembelajaran Fisika,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, vol. 4, no. 1, 2021.

R. Priyadi, A. Mustajab, M. Z. Tatsar, S. Kusairi, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X MIPA dalam Pembelajaran Fisika,” Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, vol. 6, no. 1, 2018.

S. R. Rosdiana, S. Kusairi, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Fluida Statis,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 4, no. 6, pp. 731-737, 2019.

M. F. Lathifah, “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Abad Ke 21,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikkan, vol. 5, no. 2, pp. 133-137, 2020.

W. W. Lee, D. L. Owens, “Multimedia-Based Intructional Design,” San Fransisco: Pfeiffer, 2004.

S. Hafizah, “Penggunaan Pengembangan Video dalam Pembelajaran Fisika,” Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 2, 2020.

M. Khairani, Sutisna, S. Suyanto, “Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik,” Journal Biolokus, vol. 2, no. 1, 2019.

R. Rusman, “Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan,” Jakarta: PT Kharisma Putra Utama, 2017.

H. Putri, Sahyar, “Analisis Pengaruh Proses Pembelajaran Dan Berfikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di Kelas X Madrasah Aliyah,” Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, vol. 7, no. 3, pp. 28-37, 2019.

Published
2023-01-31
How to Cite
Imtihani, H., Bakri, F., & Sunaryo, S. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN CAHAYA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 11(1), PF-247. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF34
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya