PENERAPAN TPACK DALAM BUKU TEKS FISIKA SMA PADA TOPIK TEORI RELATIVITAS KHUSUS

Authors

  • Raffa Fitra Ramadannisa Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Jl. Ramawangun Muka, Jakarta, 13220, Indonesia
  • Fauzi Bakri Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Jl. Ramawangun Muka, Jakarta, 13220, Indonesia
  • Dewi Muliyati Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Jl. Ramawangun Muka, Jakarta, 13220, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.1102.PF37

Abstract

Abstrak

Fisika memiliki konsep faktual dan abstrak. Konsep faktual adalah konsep yang dapat diamati secara langsung sedangkan konsep abstrak tidak dapat diamati secara langsung. Salah satu topik fisika yang memuat konsep abstrak adalah teori relativitas khusus karena membahas mengenai benda yang bergerak dengan kecepatan cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Dick and Carey. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku teks fisika yang menerapkan TPACK (Techonological Pedagogical and Content Knowledge) pada topik teori relativitas khusus. Secara keseluruhan, penerapan kerangka TPACK pada buku fisika topik relativitas khusus yaitu berupa penyajian konten materi yang akurat, penggunaan strategi pembelajaran yang sesuai, dan pemaduan teknologi dengan konten materi. Teknologi yang digunakan pada buku yang dikembangkan yaitu berupa penggunaan Augmented Reality dengan untuk memudahkan visualisasi fenomena relativitas khusus yang abstrak dan sulit divisualisasikan. Buku teks fisika topik teori relativitas khusus telah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi, buku teks fisika topik teori relativitas khusus yang disusun menggunakan kerangka TPACK diharapkan dapat menjadi bahan ajar dan sumber belajar alternatif di SMA.

Kata-kata kunci: TPACK, buku teks fisika, teori relativitas khusus

Abstract

Physics has factual and abstract concepts. Factual concepts are concepts that can be observed directly while abstract concepts cannot be observed directly. One of the physics topics that contains abstract concepts is the special theory of relativity, because it discusses objects moving at the speed of light. This research used Dick and Carey methods to produce a physics textbook that applies TPACK (Techonological Pedagogical and Content Knowledge) on the topic of special relativity theory. The application of TPACK framework in the textbook is in the form of accurate material content, appropriate learning strategies, and technology that is integrated with material content. The technology used is Augmented Reality to facilitate the visualization of special relativity phenomena that are abstract and difficult to visualize. The developed textbook had been validated by material experts, media experts, and learning experts. Based on the results of the validation, physics textbook on the topic of special relativity theory compiled using the TPACK framework is expected to be teaching materials and alternative learning resources in high school.

Keywords: TPACK, physics textbook, special relativity theory

References

[1] B. Dara Amin, Nurhayati, A. Azis, A. Swandi, “Identifikasi Potensi Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Simulasi Komputer yang Interaktif dengan Model Inkuiri Terbimbing pada Konsep Abstrak: Studi Literatur and Survey,” pp. 386-399, 2019.
[2] O. E. Tsivitanidou, Y. Georgiou, A. Ioannou, “A Learning Experience in Inquiry-Based Physics with Immersive Virtual Reality: Student Perceptions and an Interaction Effect Between Conceptual Gains and Attitudinal Profiles,” Journal of Science Education and Technology, vol. 30, no. 6, pp. 841-861, 2021, doi: 10.1007/s10956-021-09924-1.
[3] X. Prado, J. Manuel Domínguez, I. Area, J. Edelstein, J. Mira, Á. Paredes, “Learning and Teaching Einstein’s Theory of Special Relativity: State of The Art,” 2020, [Online],Available:https://orcid.org/0000-0001-9535-7499http://orcid.org/0000-0003-0872-5017http://orcid.org/0000-0002-6024-6294.
[4] D. Sumardani, A. Putri, R. R. Saraswati, D. Muliyati, F. Bakri, “Virtual Reality Media: The Simulation of Relativity Theory on Smartphone,” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, vol. 10, no. 1, 2020, doi: 10.30998/formatif.v10i1.5063.
[5] P. Alstein, K. Krijtenburg-Lewerissa, W. R. Van Joolingen, “Teaching and learning special relativity theory in secondary and lower undergraduate education: A literature review,” Physical Review Physics Education Research, vol. 17, no. 2, 2021, doi: 10.1103/PhysRevPhysEducRes.17.023101.
[6] P. B. Marsa, D. Desnita, “Analisis Media, Sumber Belajar, dan Bahan Ajar Yang Digunakan Guru Fisika SMA Materi Gelombang Di Sumatera Barat Ditinjau Dari Kebutuhan Belajar Abad 21,” Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), vol. 4, no. 1, p. 81, 2020, doi: 10.24036/jep/vol4-iss1/422.
[7] J. L. Carvalho, R. L. González, L. M. Casas García, J. C. Juarez, “What Is Better to Study: The Printed Book or the Digital Book?: An Exploratory Study of Qualitative Nature,” Springer International Publishing, pp. 34-45, 2019, doi: 10.1007/978-3-030-01406-3_4.
[8] F. Bakri, D. Ambarwulan, D. Muliyati, “Pengembangan Buku Pembelajaran Yang Dilengkapi Augmented RealityPada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi Dan Optik,” Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, vol. 4, no. 2, 2018.
[9] F. Bakri, K. Kusuma, A. Permana, “TPACK Implementation in Physics Textbook: Practice Problem-Solving Skill in Newton’s Law of Motion for Senior High School Students,” Journal of Physics: Conference Series, vol. 2019, no. 1, p. 012057, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/2019/1/012057.
[10] K. W. Ariyanti, D. Sulisworo, “Integrasi Tpack Dalam Pengembangan Multimedia Berbasis Powtoon Pada Pembelajaran Dengan Pokok Bahasan Gelombang Berjalan Dan Gelombang Stasioner Di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta,” Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 2, p. 1, 2019, doi: 10.12928/jrkpf.vxix.xxxx.
[11] F. Bakri, R. Kusuma, A. Permana, “TPACK and Augmented Reality in Kinematics Practicum Module: Forming HOTS Physics Education Students,” Journal of Physics: Conference Series, vol. 2019, no. 1, p. 012041, Oct. 2021, doi: 10.1088/1742-6596/2019/1/012041.
[12] S. Cai, C. Liu, T. Wang, E. Liu, J. C. Liang, “Effects of learning physics using Augmented Reality on students’ self-efficacy and conceptions of learning,” British Journal of Educational Technology, vol. 52, no. 1, pp. 235-251, Jan. 2021, doi: 10.1111/bjet.13020.
[13] M. Thees, S. Kapp, M. P. Strzys, F. Beil, P. Lukowicz, J. Kuhn, “Effects of augmented reality on learning and cognitive load in university physics laboratory courses,” Computers in Human Behavior, vol. 108, Jul. 2020, doi: 10.1016/j.chb.2020.106316.
[14] M. S. Abdusselam, H. Karal, “The effect of using augmented reality and sensing technology to teach magnetism in high school physics,” Technology, Pedagogy and Education, vol. 29, no. 4, pp. 407-424, Aug. 2020, doi: 10.1080/1475939X.2020.1766550.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Fitra Ramadannisa, R., Bakri, F., & Muliyati, D. (2023). PENERAPAN TPACK DALAM BUKU TEKS FISIKA SMA PADA TOPIK TEORI RELATIVITAS KHUSUS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 11(1), PF–267. https://doi.org/10.21009/03.1102.PF37

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya