VIDEO PEMBELAJARAN YANG KONTEKSTUAL UNTUK MATERI FLUIDA DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.1102.PF44Abstract
Abstrak
Artikel ini memaparkan hasil dari penelitian pengembangan video pembelajaran fisika. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah deskriptif kualitatif dari produk penelitian pengembangan tentang video pembelajaran yang kontekstual. Video dikembangkan dengan model Lee & Owens untuk materi Fluida di SMA. Tujuan dari penelitian ini adalah dihasilkannya sebuah video pembelajaran yang kontekstual untuk materi fluida di SMA. Video pembelajaran yang kontekstual menuntun pengguna dalam membangun konsep yang dipelajari (Kontruktivisme), menuntun pengguna dalam menemukan konsep melalui penyelidikan atau penemuan baru (Inkuiri), menuntun pengguna untuk menimbulkan rasa keingintahuan (Bertanya), menuntun pengguna dalam mengaplikasikan penggunaannya dalam kehidupan sehari–hari sebagai contoh pemanfaatan dalan kehidupan (Pemodelan), dan menuntun pengguna sebagai gambaran tentang perkembangan pemahaman materi yang pengguna pelajari (Penilaian Autentik). Kesimpulan dari penelitian ini telah dihasilkan video pembelajaran yang kontekstual untuk materi fluida di SMA yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika.
Kata-kata kunci: Video Pembelajaran, Media Pembelajaran, Kontekstual, Fluida
Abstract
This article describes the research results on the development of physics learning videos. The method used in this article is a qualitative description of the product development research about contextual learning videos. The video was developed with the Lee & Owens model for Fluids in senior high school. This research aims to produce a contextual learning video for fluid in senior high school. Contextual learning videos guide users in building the concepts being studied (Constructivism), guide users in finding concepts through new investigations or discoveries (Inquiry), lead users to arouse curiosity (Ask), guide users in applying their use in everyday life as examples of use in life (Modeling), and guide the user as an illustration of the development of understanding of the material that the user is learning (Authentic Assessment). This research has concluded that a contextual learning video for fluid in senior high school has been produced as a medium for learning physics.
Keywords: Learning Video, Learning Media, Contextual, Fluid
References
[2] D. Demonta, Panggabean, I. Ramadhani, “Pembuatan Media Video Pembelajaran Fisika SMA Dengan Whiteboard Animation,” Media Sains Indonesia, 2021.
[3] Daryanto, “Media Pembelajaran,” Yogyakarta, p. 104, 2016.
[4] C. Kustandi, “Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua,” Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.
[5] M. O'Donoghue, “Producing Video for Teaching and Learning,” New York : Taylor and France, 2018.
[6] R. A. Sumarni, Y. B. Bhakti, I. A. D. Astuti, D. Sulisworo, M. Toifur, “The Development of Animation Videos Based Flipped Classroom Learning on Heat and Temperature Topics,” Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, vol. 3, no. 3, 2020.
[7] F. Mufit, A. D. Fitri, “The Analysis of Experiment Video on Cognitive Conflict-Based Teaching Materials to Enhance Momentum-Impulse Concepts Understanding,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 2, pp. 293-304, 2022.
[8] K. P. Lestari, H. Nasbey, R. Raihanati, “The Development of ‘Poster Equipped with Video (POSEVI)’ on Fluids at Rest Topic for 11th Grade Students,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 91-98, 2021.
[9] S. Sunaryo, H. Nasbey, H. Amelia, “Learning Media Development using Transformative Learning Strategy Android Application as a Distance Learning Support on Static Fluid,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 61-72, 2021.