PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MATAKULIAH PENDAHULUAN FISIKA NUKLIR DENGAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF
DOI:
https://doi.org/10.21009/0305010102Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan mahasiswa dalam matakuliah Pendahuluan Fisika Nuklir dengan indikator adalah soft skill mahasiswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar mahasiswa yang diukur dalam ranah kognitif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah action research. Selain peningkatan hasil belajar mahasiswa, penelitian ini diharapkan juga mendapatkan model pembelajaran kolaboratif (collaborative learning) yang efektif digunakan dalam perkuliahan Pendahuluan Fisika Nuklir di Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada semester 104 yaitu Februari – Juni 2016, aktivitas penelitian mulai bulan Februari sampai dengan bulan April 2016 dengan subjek penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika semester 6 sebanyak 2 kelas. Hasil yang didapat direncakan dilakukan selama 6 siklus tindakan tetapi model kolaboratif yang memenuhi kriteria penelitian didapat di akhir siklus ke 4, sehingga siklus ke 5 dan 6 dilakukan pemantapan model yang didapat. Hasil akhir penelitian didapat bahwa terbentuk soft skill mahasiswa dalama proses pembelajaran dan didapatnya hasil pembelajaran sesuai dengan harapan.Hasil akhir matakuliah ini memberikan rata-rata nilai mahasiswa 3,70 (dalam skala 4) yang meningkat tahun 2010/2011 (capaian tertinggi) yang rata-ratanya 3,25, sedangkan 2014/2015 rata-ratanya 2,76.
Keywords: action research, collaborative learning