PENGEMBANGAN ALAT PERAGA ENERGI TERBARUKAN
DOI:
https://doi.org/10.21009/0305010210Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari temuan dilapangan bahwa alat peraga energi terbarukan masih sangat terbatas ketersediaan dan penggunaannya. Sejalan dengan hal tersebut tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan alat peraga energi terbarukan untuk siswa SMA. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dan kajian pustaka. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg and Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan media. Hasil validitas dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment, sedangkan reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20. Alat peraga yang telah berhasil dikembangkan berupa miniatur rumah dengan sumber listrik berbasis energi matahari dan energi mekanik pada atapnya. Alat peraga ini dilengkapi charge untuk menyimpan energi listrik, lampu, kipas dan bel sebagai indikator outputnya. Memberikan kemudahan kepada siswa untuk mengubah sudut terhadap datangnya cahaya atau jatuhnya benda sehingga memudahkan siswa mengambil data untuk membandingkan energi listrik yang dihasilkan pada sudut dan ketinggian benda jatuh yang berdeda-beda.
Kata kunci: Alat peraga, Energi Terbarukan, Pengembangan Media.