REDESAIN ALAT PERAGA DAN LEMBAR KERJA PERCOBAAN BANDUL SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BEREKSPERIMEN
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.SNF2017.01.RND.01Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi karena ditemukan kesulitan siswa ketika melakukan percobaan bandul sederhana untuk menentukan nilai percepatan gravitasi. Kesulitan – kesulitan tersebut diantaranya. Pertama, gerakan bandul yang terjadi tidak harmonis, ini bisa dikarekan ikatan bandul yang tidak baik, tali yang kurang panjang, pelepasan bandul yang tidak presisi. Kedua, hasil perhitungan nilai gravitasi jauh dari tetapan yang ada, ini dikarekan gerakan bandul yang tidak harmonis. Ketiga, Tidak tepatnya (tidak berbarengan) waktu hitung dengan waktu distop watch (selisih beberapa saat). Diduga kuat, lembar kerja yang ada kurang memfasilitasi siswa untuk melakukan percobaan dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki lembar kerja percobaan dan meredesain alat percobaan, sehingga siswa akan lebih mudah memahami cara melakukan percobaan dengan benar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik. Kemampuan siswa bereksperimen diperoleh dengan cara membandingkan jawaban lembar kerja siswa sebelum direkonstruksi dan jawaban siswa setelah direkonstruksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja yang telah direkonstruksi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bereksperimen
Kata-kata kunci: Redesain Alat Peraga dan Lembar Kerja Percobaan, kemampuan bereksperimen
Abstract
This study was motivated because it found students' difficulties when performing a simple pendulum experiment to determine the gravity acceleration. The difficulties are. First, the pendulum motion is not harmonious, it’s because the bond of the pendulum is not good, the rope is less long, release of the pendulum that is not precision. Second, the result of calculating of gravity acceleration is far away from the existing constellation, it’s because the movement of the pendulum that is not harmonious. Third, Not exactly (not simultaneously) the time to count with the time on the stopwatch (the difference a few moments). Existing worksheets do not facilitate students to experiment properly. This study aims to improve the experimental worksheet and redesign the experimental tool, so students will more easily understand how to experiment properly. This research is an analytical descriptive research. Students' experimental abilities were obtained by comparing the answers of student worksheets before reconstruction and student answers after reconstruction. The results show that reconstructed worksheets can improve students' ability to experiment.
Keywords: Redisign experiment tools and worksheet, the experimental ability