INTERACTIVE DIGITAL MODULE OF GLOBAL WARMING (IDMOGW) BERBASIS STEM-PROJECT BASED LEARNING UNTUK SISWA SMA

  • Vina Serevina Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Hadi Nasbey Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Antika Antika Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan “Interactive Digital Module Of Global Warming (IDMOGW) Berbasis STEM-Project Based Learning” yang valid sebagai bahan ajar fisika di Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluation). Langkah-langkah penelitian yang dilakukan ialah analisis kebutuhan, merancang bahan ajar, menghasilkan dan memvalidasi bahan ajar, mempersiapkan lingkungan belajar dan menilai kualitas instruksional bahan ajar. Produk dikembangkan dengan bantuan aplikasi Canva. Berdasarkan hasil uji validasi oleh para ahli diperoleh interpretasi skor sebesar 84,23% dari ahli media, 83,66% dari ahli materi, dan 87,5% dari ahli pembelajaran. Selanjutnya, hasil uji coba produk oleh pengguna diperoleh interpretasi skor sebesar 96,38% dari guru dan 89,77% dari siswa. Hasil interpretasi skor dari uji validasi dan uji coba tersebut menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan sangat valid sesuai dengan kriteria tabel interpretasi skor. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Interactive Digital Module Of Global Warming (IDMOGW) Berbasis STEM-Project Based Learning yang dikembangkan sangat valid digunakan sebagai bahan ajar fisika di Sekolah Menengah Atas (SMA).

Kata-kata Kunci: Modul, STEM-PJBL, Pemanasan Global.

Abstract

This research aims to develop a valid "STEM-Project Based Learning Interactive Digital Module Of Global Warming (IDMOGW)" as physics teaching material in High Schools (SMA). The method used in this research is Research and Development (R&D) with the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluation). The research steps carried out were needs analysis, designing teaching materials, producing and validating teaching materials, preparing the learning environment and assessing the instructional quality of teaching materials. Products are developed with the help of the Canva application. Based on the results of the validation test by experts, it was obtained an interpretation of scores of 84.23% from media experts, 83.66% from material experts, and 87.5% from learning experts. Furthermore, the results of product trials by users obtained a score interpretation of 96.38% from teachers and 89.77% from students. The results of the interpretation of the scores from the validation tests and trials show that the teaching materials developed are very valid according to the criteria for the score interpretation table. Based on this research, it can be concluded that the developed STEM-Project Based Learning Interactive Digital Module Of Global Warming (IDMOGW) is very valid to be used as physics teaching material in High Schools (SMA).

Keywords: Module, STEM-PJBL, Global Warming.

References

K. A. Suprapto, V. Serevina, M. A. Marpaung, “The development of electronic module based on problem based learning on balance and rotation dynamic topic to improve science literacy of senior high school students,” in AIP Conference Proceedings, 2021.

R. Sujanem, I. Suswandi, U. P. Ganesha, “Pengembangan Modul Software Multimedia Interaktif dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII SMA,” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 1, no. 1, p. 13-27, 2012.

S. Akaygun, F. Tutak, “STEM Images Revealing STEM Conceptions of Pre-Service Chemistry and Mathematics Teachers,” International Journal of Education in Mathematics, vol. 4, no. 2, pp. 56-71, 2016.

E. E. Virtue, B. N. Hinnant Crawford, “We’re doing things that are meaningful: Student Perspectives of Project-based Learning Across the Disciplines,” Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, vol. 13, no. 2, 2019.

S. Han et al., “The effect of STEM PJBL on students' Achievement in four mathematics topics,” Journal of Turkish Science Education, vol. 13, pp. 3-30, 2016.

D. Laboy Rush, “Integrated STEM Education through Project-Based Learning,” New York: Learning.com, 2010.

L. Meita et al., “Eksperimen Model PBL dan PJBL Terintegrasi Stem Untuk Mengingkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Siswa Pada Kompetensi Dasar Teknologi Pengolahan Susu,” Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 35, no. 1, pp. 49-60, 2018.

S. A. Kushermawati, M. Delina, “E-Modules on Problem Based Learning to Improve Students' Higher Order Thinking Skills (HOTS),” International Journal of Innovation, vol. 11, no. 1, pp. 444-457, 2020.

D. A. Siregar, S. Asmaidah, N. Siregar, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Materi Gejala Pemanasan Global di SMA Negeri 1 Halongonan,” Jurnal PhysEdu Pendidikan FISIKA IPTS, vol. 3, no. 3, pp. 37-39, 2021.

B. Puspitaningrum, S. Bektiarso, ”Tingkat Validitas LKS Berbasis Masalah dengan Mind Mapping pada Materi Pemanasan Global Kelas XI,” Seminar Nasional Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 2, pp. 45-49, 2018.

A. P. Pradita, R. Budiharti, S. Budiawanti, ”Analisis Kebutuhan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Materi Gejala Pemanasan Global,” Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, vol. 10, no. 1, pp. 20-24, 2020.

Published
2024-01-31
How to Cite
Serevina, V., Nasbey, H., & Antika, A. (2024). INTERACTIVE DIGITAL MODULE OF GLOBAL WARMING (IDMOGW) BERBASIS STEM-PROJECT BASED LEARNING UNTUK SISWA SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF-1. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF01
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya