MODUL DIGITAL FISIKA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING MATHEMATICS (STEM) BERBANTUAN WEBSITE 2 APK BUILDER PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

  • Nur Fadhilah Syahidah Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka Jakarta Timur, 13220, Indonesia
  • Vina Serevina Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka Jakarta Timur, 13220, Indonesia
  • Hadi Nasbey Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka Jakarta Timur, 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Sulitnya memahami materi yang diajarkan dapat membuat kualitas belajar peserta didik menurun dan tidak sesuai yang diharapkan. Saat ini, masih banyak peserta didik yang belum memahami konsep pelajaran fisika, terutama materi momentum dan impuls. Salah satu produk pembelajaran yang dapat menunjang hal tersebut ialah modul digital berbasis STEM berbantuan website 2 apk builder.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat modul digital fisika berbasis STEM berbantuan website 2 apk builder pada materi momentum dan impuls. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini ialah sebagai referensi tambahan dalam mengembangkan bahan ajar berupa modul digital pada pembelajaran fisika dalam bidang pendidikan, terutama bagi guru fisika.

Kata-kata kunci: modul digital, STEM, momentum dan impuls.

Abstract

The difficulty of understanding the material taught can make the quality of students’ learning decrease and not as expected.  Currently, there are still many students who do not understand the concept of physics lessons, especially momentum and impulse material.  One of the learning products that can support this is a STEM-based digital module assisted by a website 2 apk builder.  The method used in this research is the Research and Development (R&D) method.  The model used in this research is the ADDIE model which consists of several stages, namely Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation.  This research aims to create a STEM-based physics digital module assisted by website 2 apk builder on momentum and impulse material.  The expected results in this research are as an additional reference in developing teaching materials in the form of digital modules in physics learning in the field of education, especially for physics teachers.

Keywords: digital module, STEM, momentum and impulse.

References

G. Samudra, M. Suastra, M. Suma, “Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika,” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, vol. 4, no. 1, pp. 1-7, 2014.

U. Rosada, “Diagnosis of Learning Difficulties and Guidance Learning Services to Slow Learner Student,” in GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, vol. 6, no. 1, p. 61, 2016.

I. Rafianti, “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Matriks Kelas XI SMA,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, pp. 45-52, 2017.

M. A. Dhina, G. Hadisoebroto, S. R. Mubaroq, “Development of E-Practicum Module for Pharmacy Physics Learning,” in Momentum: Physics Education Journal, vol. 3, no. 2, pp. 5-102, 2019.

R. Linda et al., “Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi E-Modul Interaktif IPA Terpadu Tipe Connected Pada Materi Energi SMP/MTs,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 9, no. 2, pp. 191-200, 2021.

E. S. Handayani et al., “Development of STEM-Integrated Physics E-Module to Train Critical Thinking Skills: The Perspective of Preservice Teachers,” in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, vol. 1796, no. 1, 2021.

E. M. Ulfa, S. Subiki, L. Nuraini, “Efektivitas Penggunaan Modul Fisika Terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Materi Usaha dan Energi di SMA,” Jurnal Pembelajaran Fisika, vol. 10, no. 4, pp. 136-142, 2021.

D. Sartika, “Pentingnya pendidikan berbasis STEM dalam kurikulum 2013,” Jurnal Ilmu Sosail dan Pendidikan, vol. 3, no. 3, pp. 89-93, 2019.

I. V. Sulthon, H. Permana, F. C. Wibowo, “Pengembangan E-Modul Berbasis Android dengan Metode Fodem pada Materi Listrik Dinamis,” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), vol. 9, pp. 123-130, 2020.

R. Sidiq, Najuah, “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar,” Jurnal Pendidikan Sejarah, vol. 9, no. 1, pp. 1-14, 2020.

E. Royani, M. Haris, S. Hadisaputra, “Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Website 2 Apk Builder pada Materi Larutan Asam Basa,” in Chemistry Education Practice, vol. 4, no. 2, pp. 194-200, 2021.

Yuberti et al., “Approaching Problem-Solving Skills of Momentum and Impulse Phenomena Using Context and Problem-Based Learning,” in European Journal of Educational Research, vol. 8, no. 4, pp. 1217-1227, 2019.

I. Sahrianti et al., “Development of Physics Learning Tools Model Discovery Learning on Momentum and Impulse Material,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 7, no. 3, pp. 370-374, 2021.

R. A. Septarini, A. Kholiq, “Pengembangan Media Prest untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA pada Materi Momentum dan Impuls,” in IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, vol. 10, no. 1, pp. 32-38, 2021.

E. Ultay, “Implementing React Strategy in a Context-Based Physics Class: Impulse and Momentum Example,” in Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies, vol. 4, no. 1, pp. 233-240, 2012.

Published
2024-01-31
How to Cite
Syahidah, N. F., Serevina, V., & Nasbey, H. (2024). MODUL DIGITAL FISIKA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING MATHEMATICS (STEM) BERBANTUAN WEBSITE 2 APK BUILDER PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS . PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF-21. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF04
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya