LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE-BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

  • Aimena Salma Khumaira Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Jakarta 13220, Indonesia
  • Hadi Nasbey Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Jakarta 13220, Indonesia
  • Dwi Susanti Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Jakarta 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Pemanasan global merupakan salah satu permasalahan utama di dunia yang terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Pendidikan memiliki peran yang substansial dalam menyosialisasikan penyebab, konsekuensi, dan menumbuhkan respons peserta didik dalam menghadapi pemanasan global. Dalam mendukung hal tersebut, diperlukan bahan ajar yang menyajikan pemahaman bahwa pemanasan global turut disebabkan oleh aktivitas manusia, menjelaskan dampak jangka panjang dan pendek pemanasan global, beserta menyusun strategi-strategi yang lebih luas dalam merespons fenomena pemanasan global. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik pemanasan global berbasis challenge-based learning yang terintegrasi STEM, yang valid digunakan dalam mendukung proses pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D), dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri atas lima tahapan. LKPD dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran fisika sebagai bahan ajar pendukung dalam proses pembelajaran yang diharapkan dapat membantu peserta didik memahami materi pemanasan global, serta meningkatkan kesadaran peserta didik dalam mencegah dan mengupayakan pengurangan emisi karbon penyebab pemanasan global.

Kata- kata kunci: LKPD, pemanasan global, challenge-based learning.

Abstract

Global warming has become one of the long-term major issues across the world. Education plays a substantial role in educating youth about the causes and consequences of global warming, as well as encouraging their responses to global warming. Thus, teaching materials that explain how human activity has become one of the main causes of current climate change, as well as the long and near-term impact, and a broader set of strategies for responding to this phenomenon, are basically needed. This research is focused on developing worksheets on the Global Warming topic based on the challenge-based learning model, which is integrated with STEM, that are suitable for use in supporting the physics learning process. The research method used is the research and development (R & D) method, with the ADDIE research and developement model as the research model applied. This worksheet can be implemented in physics learning activities as a supporting teaching material in the learning process, which is expected to help students understand global warming as well as to increase their awareness to make some efforts in an attempt to reduce carbon emissions that cause global warming.

Keywords: Worksheets, global warming, challenge-based learning

References

P. Nuryani, Y. Abidin, Y. T. Herlambang, “Model Pedagogik Multiliterasi dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Abad Ke-21,” Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, vol. 11, no. 2, pp. 117-126, 2019.

W. Anderegg et al., “Expert Credibility Inclimate Change,” Proceedings of the National Academy of Sciences, vol. 107, pp. 12107-12109, 2010.

U. United Nations Framework Convention on Climate Change, “The First Ten Years,” 2004.

C. R. Meehan, B. L. M. Levy, L. C. Gildard, “lobal Climate Change in U.S. High School Curricula: Portrayals of the Causes, Consequences, and Potential Responses,” Science Education, pp. 1-29, 2018.

B. Wulandari, “Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK,” 2013.

R. Ardiansyah, A. Corebima, F. Rohman, “Analisis Kebutuhan Pengembangan bahan Ajar Perubahan Materi Genetik pada Mata Kuliah genetika di Universitas Negeri Malang,” Seminar Nasional Pendidikan Saintek, pp. 749-752, 2016.

L. H. Nirmayani, “Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19,” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 3, no. 1, pp. 9-16, 2022.

L. F. Johnson et al., “Challenge-Based Learning: An Aproach for Our Time, Austin,” Texas: The New Media Consortium, 2009.

I. Purnamasari, “Stimulasi keterampilan hots dalam paud melalui pembelajaran steam,” Prosiding Semniar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), vol. 3, no. 1, pp. 506-516, 2020.

R. M. Branch, “Instructional Design-The ADDIE Approach,” New York: Springer, 2009.

ESDM-RI, “Handbook of Energy and Economic Statistics of Indonesia,” 2022.

Sigalingging, C. P. Roy, “Studi Dampak Penggunaan Insulasi pada Bangunan Rumah Tinggal terhadap Konsumsi Energi Pendingin Ruangan,” Journal of Science and Applicative Technology, vol. 5, no. 2, pp. 418-426, 2021.

Cahyaningrum, “Implementasi Prinsip Desain Arsitektur Bioklimatik Pada bangunan Perpustakaan Di Klaten,” Jurnal Arsitektura, vol. 15, no. 2, pp. 434-438, 2017.

A. M. Omer, “Renewable building energy systems and passive human comfort solutions,” Renew. Sustain. Energy Review, vol. 12, pp. 1562-1587, 2008.

I. Abd-Manaf, “Performance modelling and comparative assessment of desiccant evaporative cooling system for hot and humid climate,” Loughborough University, 2020.

E. Puspitasari et al., “Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor di SMA,” Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), vol. 2, no. 1, pp. 44-52, 2021, https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.465.

C. Rahmatillah, A. Ardiansyah, “Telaah Bahan Ajar dengan Model Challenge Based Learning bernuansa STEM berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa,” prisma, vol. 6, pp. 40-46, 2023.

T. Widyantini, “Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai Bahan Ajar,” Yogyakarta: PPPPTK Matematika, 2013.

Published
2024-01-31
How to Cite
Khumaira, A. S., Nasbey, H., & Susanti, D. (2024). LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE-BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF-33. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF06
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya