PENGEMBANGAN PROTOTYPE BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN FISIKA TENTANG KARAKTERISTIK GELOMBANG MEKANIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.1201.PF11Abstract
Abstrak
Kurikulum Merdeka berfokus pada penguatan kompetensi dasar pada materi esensial. Masih terdapat banyak kendala pada materi esensial pelajaran fisika karakteristik gelombang mekanik kelas XI SMA dari segi pemahaman peserta didik dan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototype buku pengayaan pengetahuan fisika tentang karakteristik gelombang mekanik berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai model pertama dari produk buku yang akan digunakan oleh peserta didik dan guru. Prototype ini dapat dievaluasi sebelum uji coba di SMA. produk keseluruhan yang sebenarnya digunakan oleh peserta didik dan guru sebagai bahan ajar pendukung di SMA. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Prototype buku pengayaan pengetahuan fisika tentang karakteristik gelombang mekanik berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) memuat materi yang dihubungkan dengan proses pembelajaran kontekstual.
Kata-kata kunci: buku pengayaan, contextual teaching and learning, karakteristik gelombang mekanik.
Abstract
Kurikulum Merdeka focuses on strengthening the basic competencies in essential subjects. There are still many obstacles in the essential physics lesson mechanical waves properties topic for high school in terms of students' understanding and learning resources. This study aims to produce a prototype of physics enrichment book about mechanical waves properties based on Contextual Teaching and Learning (CTL) as the first model of the real book product that will be used by students and teachers as supporting teaching material. This prototype can be evaluated before the trial in high school.This research refers to the ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) model. The prototype of physics enrichment book about the mechanical waves properties based on Contextual Teaching and Learning (CTL) contains materials that relates to the contextual learning process.
Keywords: enrichment book, contextual teaching and learning, mechanical waves properties.
References
[2] Kemendikbud, ”Diambil kembali dari Kurikulum Merdeka,” 2023, https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka.
[3] Sutopo, “Pemahaman Mahasiswa Tentang Konsep-Konsep Dasar Gelombang Mekanik,” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol. 12, no. 5, pp. 41-53, 2016.
[4] Rahmawati, W. A. Yusuf, Khaeruddin, “Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Metode Brainstorming Untuk Membenahi Pemahaman Konsep Siswa Sma Pada Topik Gelombang Mekanik,” Jurnal Kajian Pendidikan Sains, vol. 8, no. 1, pp. 27-36, 2022.
[5] N. Afifah, “Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep,” J. Numer, vol. 2, no. 6, pp. 229-246, 2019.
[6] A. Kurniawati, J. Widiyanto, Pujiati, “Penyusunan Buku Pengayaan Kelas X Berbasis Penelitian Identifikasi Makro Invertebrate Sebagai Bioindikator Kualitas Air Sungai Catur,” Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS V, Madiun, 2020.
[7] M. A. Oktavianie, D. Irwandi, D. Murniati, “Pengembangan Buku Pengayaan Kimia Berbasis Kontekstual Pada Konsep Elektrokimia,” JTK: Jurnal Tadris Kimiya, vol. 3, no. 1, pp. 22-31, 2018.
[8] D. Siregar, “Perlindungan Hak Cipta Buku,” Qiara Media, 2022.
[9] A. Marina et al., “Sistem Informasi Akuntansi : Teori Dan Praktikal,” Surabaya: UM Surabaya Publishing, 2018.
[10] Saluky et al., “Ilmu Komputer,” Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2023.
[11] R. Habibi, I. D. S. Tarigan, M. Alif, “Aplikasi Data Aset Barang Politeknik POS Indonesia,” Bandung: Kreatif Nusantara Indonesia, 2020.
[12] Ponidi et al., “Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif,” Indramayu: Penerbit Adab, 2021.
[13] A. Amin, Sulistiyono, “Pengembangan Handout Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA,” Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, vol. 1, no. 11, pp. 29-38, 2016.
[14] R. P. Waruwu, A. Telaumbanua, R. B. Harefa, “Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 127-138, 2022.