INTERAKTIF DIGITAL MODUL ENERGI TERBARUKAN (IDM-ET) BERBASIS STEM
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.1201.PF12Abstract
Abstrak
Salah satu pemanfaatan teknologi pada bidang pendidikan terutama pada media dan pendekatan pembelajaran yaitu penggabungan buku dengan teknologi yang berupa interaktif digital modul berbasis STEM. Berdasarkan analisis kebutuhan siswa, sebanyak 79% siswa membutuhkan modul pembelajaran digital interaktif yang dapat membantu dalam memahami materi fisika dan sebanyak 53% siswa tidak mengetahui tentang pendekatan STEM. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Interaktif Digital Modul Energi Terbarukan (IDM-ET) berbasis STEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian diperoleh dengan melakukan uji validasi IDM-ET oleh ahli media dan materi yang memperoleh skor rata-rata sebesar 85,7% dengan skala interpretasi valid dari aspek tampilan modul, bahasa dan penulisan, kemudahan penggunaan, isi materi, dan pembelajaran STEM. IDM-ET juga telah diuji cobakan kepada siswa SMA yang memperoleh skor rata-rata sebesar 91,8% dengan skala interpretasi sangat baik dari aspek tampilan modul, isi materi, dan kemanfaatan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa IDM-ET berbasis STEM yang dikembangkan telah dinyatakan valid dan sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika.
Kata-kata kunci: Interaktif Digital Modul, STEM, Energi Terbarukan.
Abstract
One of the uses of technology in the education sector, especially in media and learning approaches, is the combination of books with technology in the form of STEM-based interactive digital modules. Based on the analysis of student needs, 79% of students need interactive digital learning modules that can help them understand physics material and 53% of students do not know about the STEM approach. This research aims to produce Interactive Digital Modules Renewable Energy (IDM-ET) based on STEM. The method used in this study is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. The research results were obtained by conducting the IDM-ET validation test by media and material experts who obtained an average score of 85.7% with a valid interpretation scale from the aspects of module appearance, language and writing, ease of use, content, and STEM learning. IDM-ET has also been tested on high school students who obtained an average score of 91.8% with a very good interpretation scale from the aspect of module appearance, material content, and usability. Therefore, it can be concluded that the developed STEM-based IDM-ET has been declared valid and very good for use as a physics learning medium.
Keywords: Interactive Digital Module, STEM, Renewable Energy.
References
[2] A. G. Belyaev, A. G. Kaluzhskikh, E. V. Ovchinnikova, “Improving the process of integrated use of digital technology in education,” Advances in eco, business and manag research, vol. 18, pp. 560-563, 2019.
[3] D. V. F. T. Hudayanti, “Pemanfaatan canva sebagai modul digital interaktif matematika untuk mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh,” Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, vol. 1, no. 7, pp. 853-859, 2022.
[4] Nurhairunnisah, Sujarwo, “Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa SMA kelas X,” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol. 5, no. 2, pp. 192-203, 2018.
[5] Y. T. Lin, M. T. Wang, C. C. Wu, “Design and implementation of interdisciplinary stem instruction: teaching programming by computational physics,” Asia-Pacific Education Researcher, vol. 28, no. 1, pp. 77-91, 2018.
[6] F. C. Wibowo et al., “Interactive Book Augmented Reality (IBAR) for lesson physics on STEM,” Journal of Physics: Conference Series, pp. 1-6, 2021.
[7] N. S. Arnida, F. C. Wibowo, “Development of Digital Module 'Phymology' on Optical Instruments,” Journal of Physics: Conference Series, pp. 1-7, 2022.
[8] Faisal, “Urgensi pengaturan pengembangan energi terbarukan sebagai wujud mendukung ketahanan energi nasional,” Ensiklopedia Social Revew, vol. 3, no. 1, pp. 18-24, 2021.
[9] T. Guney, “Renewable energy, non-renewable energy and sustainable,” International Journal of Sustainable Development & World Ecology, vol. 26, no. 5, pp. 389-397, 2019.
[10] E. Widyastuti et al., “Using the ADDIE Model to Develop Learning Material for Actuarial Mathematics,” Journal of Physics: Conference Series, pp. 1-8, 2019.