RANCANGAN MODUL DIGITAL BERBASIS STEM-PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.1201.PF14Abstract
Abstrak
Kurikulum Merdeka berfokus pada pengetahuan dan pengembangan kemampuan peserta didik melalui proyek. Pembelajaran tersebut tentunya membutuhkan media pembelajaran fisika yang dapat diakses kapanpun dan di manapun yang dilengkapi dengan audio visual yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul digital berbasis STEM-Project Based Learnning pada materi energi terbarukan yang valid digunakan sebagai media pembelajaran fisika yang dilengkapi dengan gambar mendukung, video, contoh soal dan pembahasan, serta soal latihan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Produk akhir dari penelitian ini berupa rancangan modul digital dengan format html yang dapat diakses melalui Chrome atau browser internet lainnya sehingga dapat diakses dengan mudah melalui laptop maupun smartphone. Produk akan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran, serta dilakukan ujicoba kepada guru fisika dan peserta didik.
Kata-kata kunci: modul digital, STEM-Project Based Learning, energi terbarukan.
Abstract
The Merdeka curriculum focuses on the knowledge and ability development of students through projects. This learning certainly requires physics learning media that can be accessed anytime and anywhere equipped with interesting audio visuals. This study aims to produce digital modules based on STEM-Project Based Learning on renewable energy materials that are valid to be used as physics learning media equipped with supporting images, videos, examples of questions and discussion, as well as practice questions. This development research uses the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). The final product of this research is a digital module design in html format which can be accessed via Chrome or other internet browsers so that it can be accessed easily via laptops or smartphones. The product will be validated by media experts, material experts, and learning experts, and trials will be carried out on physics teachers and students.
Keywords: digital module, STEM-Project Based Learning, renewable energy.
References
[2] Irwandani et al., “Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio'13: Pengembangan Pada Materi Gerak Melingkar Kelas X,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, vol. 6, no. 2, pp. 221-231, 2017.
[3] S. W. Rahmatsyah, K. Dwiningsih, “Development of Interactive E-Module on The Periodic System Materials as an Online Learning Media,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 7, no. 2, pp. 255-261, 2021.
[4] Sriwahyuni et al., “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip PDF Professional Pada Materi Alat-Alat Optik di SMA,” Jurnal Kumparan Fisika, vol. 2, no. 3, pp. 145-152, 2019.
[5] A. Ellysia, Irfan, Dedy, “Pengembangan E-Modul dengan Flip PDF Professional pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika,” Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, vol. 9, no. 3, pp. 91-96, 2021.
[6] Amayati et al., “Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis PjBL-STEM Untuk Pembelajaran Daring Siswa SMA Pada Materi Larutan Penyangga,” Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, vol. 13, no. 2, pp. 84-91, 2021.
[7] D. Triana, Y. U. Anggraito, S. Ridlo, “Effectiveness of Environmental Change Learning Tools Based on STEM-PjBL Towards 4C Skills of Student,” Journal of Innovative Science Education, vol. 9, no. 2, pp. 181-187, 2020.