VIDEO ANIMASI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE (VANTASE) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.1201.PF17Abstract
Abstrak
Pada era digital ini sangat memungkinkan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi yang menunjang proses pembelajaran yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Berdasarkan analisis kebutuhan yang peneliti lakukan yaitu 70,4% siswa merasa kesulitan pada materi elastisitas dan hukum hooke serta 73% siswa mengingkan video pembelajaran dengan video animasi. Penelitian ini berfokus pada pengembangan video animasi berbasis project-based learning pada materi elastisitas dan hukum hooke. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan langkah-langkah: Analyzing, Designing, Developing, Implementing, and Evaluating. Penelitian ini telah menghasilkan media pembelajaran video animasi berbasis project based learning pada materi fisika elastisitas dan hukum hooke yang diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru.
Kata-kata kunci: : video pembelajaran, media pembelajaran, elastisitas dan hukum hooke.
Abstract
In this era of digitalization, it is easier to develop a technology-based learning media that can be used anywhere and anytime, thus enhancing students’ learning capabilities. According to the analysis to determine student’s need for a better learning media to master the subject of Elasticity and Hooke’s Law, the data shows that 70,4% of students struggled in understanding the subject while 73% of students determine that an animated learning video would be a better tool to master the subject. Therefore, this research focused solely on the development of project-based learning video animation for Elasticity and Hooke’s Law subject. With this research, validated animated learning videos will be constructed to support students learning on Elasticity and Hooke’s Law subject. This research method employed the ADDIE model with steps: Analysing, Designing, Developing, Implementing, and Evaluating.
Keywords: educational video, learning media, hooke’s law and elasticity.
References
[2] N. Suryani, A. Setiawan, A. Putria, “Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya,” 2019.
[3] I. Hwang et al., “Use of animation as a supplementary learning material of physiology content,” In International Conference on e-Learning, Academic Conferences International Limited, p. 141, 2012.
[4] I. M. M. Saputra, I. B. S. Manuaba, “Media Video Animasi Berbasis Project dalam Muatan Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 10-16, 2021.
[5] M. R. Apriansyah, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta,” Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, vol. 9, no. 1, pp. 9-18, 2020.
[6] Mashuri, Delila Khoiriyah, Budiyono, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V,” Pengembangan Media Video Animasi, vol. 8, no. 5, pp. 1-11, 2020.
[7] D. Pangga, S. Ahzan, L. Pratama, “Efektifitas Penerapan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa,” ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 155-158, 2020.