ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMA PADA KONSEP FLUIDA

  • Yuli Eri Susanti Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1 Jakarta Timur, 13220, Indonesia.
  • Esmar Budi Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1 Jakarta Timur, 13220, Indonesia.
  • Dwi Susanti Program Studi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1 Jakarta Timur, 13220, Indonesia.

Abstract

Abstrak

Miskonsepsi merupakan bentuk kegagalan seseorang dalam mengonstruksikan pemahamannya yang sesuai dengan literasi sains. Fisika sebagai bagian dari ilmu sains menyimpan banyak konsep ilmiah yang perlu dikuasai siswa selama proses pembelajaran, salah satu diantaranya adalah konsep Fluida. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi dalam konsep fluida yang terjadi pada siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yang melibatkan 65 siswa kelas XI SMAIT Al Fidaa. Metode ini digunakan untuk mengetahui secara mendalam bentuk-bentuk miskonsepsi yang terjadi pada siswa seputar konsep fluida. Penelitian dilakukan dengan menganalisis hasil belajar siswa dan melakukan wawancara dengan guru bidang studi Fisika kelas XI. Hasil dari penelitian ini ditemukan adanya miskonsepsi yang terjadi pada sebagian siswa dalam konsep fluida statis dan fluida dinamis. Miskonsepsi tersebut terjadi pada konsep-konsep yang berkaitan dengan Debit, Asas Kontinuitas, Prinsip Bernoulli, Gaya Angkat, dan Prinsip Archimedes.

Kata-kata kunci: miskonsepsi, siswa SMA, fluida statis dan dinamis.

Abstract

Misconception is a form of a person's failure to construct an understanding that is in accordance with scientific literacy. Physics as part of science holds many scientific concepts that students need to master during the learning process, one of them is the concept of fluid. This study aims to analyze the misconceptions in the concept of fluid that occur in high school students. The method used in this study is a quantitative descriptive method involving 65 students of class XI SMAIT Al Fidaa. This method is used to find out in depth the forms of misconceptions that occur in students about the concept of fluid. The research was conducted by analyzing student learning outcomes and conducting interviews with class XI Physics teachers. The results of this study found that there were misconceptions that occurred to some students in the concept of static and dynamic fluid. This misconception occurs in concepts related to discharge, continuity principle, Bernoulli principle, lift force, and Archimedes principle.

Keywords: misconception, high school student, static and dynamic fluid.

References

J. D. Novak, B. Gowin, “Learning How to Learn,” Cambridge, Cambridge University Press, p. 140, 1985.

V. E. Oktavia, S. Admoko, “Penggunaan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Dinamika Rotasi,” Inovasi Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 2, pp. 540-543, 2019.

D. K. Gurel, A. Eryilmaz, L. C. McDermott, “A Review and Comparison of Diagnostic Instruments to Identify Students' Misconceptions in Science,” Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, vol. 11, no. 5, pp. 989-1008, 2015.

L. Shui-Te, I. W. Kusuma, S. Wardani dan Harjito, “Hasil Identifikasi Miskonsepsi Siswa Ditinjau dari Aspek Makroskopis, Mikroskopis, dan Simbolik (MMS) pada Pokok Bahasan Partikulat Sifat Materi di Taiwan,” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, vol. 12, no. 1, pp. 2019-2030, 2018.

P. Suparno, “Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika,” Jakarta: Grasindo, 2013.

I. Savira et al., “Desain Instrumen Tes Three Tiers Multiple Choice Untuk Analisis Miskonsepsi Siswa Terkait Larutan Penyangga,” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, vol. 13, no. 1, pp. 2277-2286, 2019.

R. Diani et al., “Physics Learning Based on Virtual Laboratory to Remediate Misconception in Fluid Material,” Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, vol. 3, no. 2, pp. 167-181, 2018.

R. A. Negoro, V. Karina, “Development of A Four-Tier Diagnostic Test For Misconception of Oscillation and Waves,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 5, no. 2, pp. 69-76, 2019.

D. Setiawan, N. Faoziyah, “Development of a Five-Tier Diagnostic Test to Reveal the Student Concept in Fluids,” Physics Communication, vol. 4, no. 1, pp. 6-13, 2020.

Sunyono, L. Tania, A. Saputra, “A Leraning Exercise Using Simple and Real-Time Visualization Tool to Counter Misconceptions About Orbitals and Quantum Numbers,” Journal of Baltic Science Education, vol. 15, no. 4, pp. 453-463, 2016.

I. E. Putra, Adlim, A. Halim, “Analisis Miskonsepsi dan Upaya Remediasi Pembelajaran Listrik Dinamis dengan Menggunakan Media Pembelajaran Lectora Inspire dan PhET Simulation di SMAN Unggul Tunas Bangsa,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 4, no. 2, pp. 13-19, 2016.

J. Gooding, B. Metz, “From Misconceptions to Conceptual Change,” The Science Teacher, vol. 78, no. 4, pp. 34-37, 2011.

T. W. Ling, “Fostering Understanding and Reducing Misconceptions About Image Formation by a Plane Mirror Using Constructivist-Based Hands-on Activities,” Overcoming Students’ Misconceptions in Science, pp. 203-222, 2017.

M. N. Ali, L. Halim, K. Osman, “The Integration of Fund of Knowledge in the Hybridization Cognitive Strategy to Enhance Secondary Students’ Understanding of Physics Optical Concepts and Remediating Their Misconceptions,” Overcoming Students’ Misconceptions in Science, pp. 181-201, 2017.

E. B. Ozdemir, “The Impacts of STEM Supported Science Teaching on 8th Grade Students' Elimination of Misconceptions About "Solid, Fluid, and Gas Pressure, and Their Attitudes Towards Science and STEM,” International Online Journal of Education and Teaching (IOJET), vol. 8, no. 1, pp. 205-228, 2021.

R. A. Serway, J. W. Jewett, “Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics Tenth Edition,” Boston: Cengage, 2019.

Published
2024-01-31
How to Cite
Susanti, Y. E., Budi, E., & Susanti, D. (2024). ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMA PADA KONSEP FLUIDA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF-121. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF18
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya