IDENTIFIKASI TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GELOMBANG MENGGUNAKAN FIVE-TIER DIAGNOSTIC TEST ONLINE

Authors

  • Diana Mellyana A. R Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilm Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • A. Handjoko Permana Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilm Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta
  • Fauzi Bakri Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilm Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.1201.PF19

Abstract

Abstrak

Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji sifat, fenomena alam dan gejala-gejalanya sehingga lebih memerlukan pemahaman konsep pada proses penemuan dan penyajian data matematis, salah satunya adalah pada materi Gelombang. Tes diagnostik five-tier merupakan salah satu tes yang dapat digunakan untuk mendiagnosis pemahaman siswa. Dengan menggunakan teknologi komputer dan internet, guru dapat membuat tes diagnostik secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat five-tier diagnostic test online yang layak digunakan sebagai media untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman siswa pada materi gelombang di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Produk yang dihasilkan merupakan media evaluasi pembelajaran berupa perangkat five-tier diagnostic test online materi gelombang mekanik, gelombang bunyi, dan gelombang cahaya yang dapat digunakan dengan bantuan komputer ataupun smartphone. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji validitas yang dilakukan pada butir soal sebesar 0,52 yang termasuk dalam kategori validitas sedang.

Kata-kata kunci: pemahaman konsep, tes diagnostik, gelombang.

Abstract

Physics is a science that examines the nature, natural phenomena and their symptoms so that it requires more conceptual understanding in the process of discovering and presenting mathematical data, one of which is the material Waves. The five-tier diagnostic test is one of the tests that can be used to diagnose student understanding. By using computer and internet technology, teachers can make diagnostic tests online. The purpose of this research is to produce a five-tier online diagnostic test that is suitable for use as a medium to identify the level of students' understanding of wave material in high school. The method used in this research is research and development (Research and Development). The resulting product is a learning evaluation media in the form of a five-tier diagnostic test online on mechanical waves, sound waves, and light waves that can be used with the help of a computer or smartphone. The results of the research show the results of the validity test conducted on the items of 0.52 which are included in the category of moderate validity.

Keywords: conceptual understanding, diagnostic test, waves.

References

[1] Z. Amrina, “Evaluasi Pendidikan,” Padang: Lppm Universitas Bung Hatta, 2022.
[2] R. S. Anam et al., “Developing A Five-Tier Diagnostic Test To Identify Students’ Misconceptions In Science: An Example Of The Heat Transfer Concepts,” Elementary Education Online, vol. 18, no. 3, pp. 1014-1029, 2019.
[3] T. Bayuni, W. Sopandi, A. Sujana, “Identification Misconception Of Primary School Teacher Education Students In Changes Of Matters Using A Five-Tier Diagnostic Test,” Physics Conference Series, vol. 1031, no. 1, p. 012086, 2018.
[4] H. M. Dirman, F. Mufit, Festiyed, “Review And Comparison Of Four-Tier Multiple Choice and Five-Tier Multiple Choice Diagnostic Tests To Identify Mastery of Physics Concepts,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, pp. 1-12, 2022.
[5] S. Nurjan, “Psikologi Belajar,” Ponorogo: Wade Group, 2016.
[6] Purwanto, “Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah,” Magelang: Staiapress, 2018.
[7] W. K. Putri, F. U. Ermawati, “Pengembangan, Uji Validitas Dan Reliabilitas Tes Diagnostik Five-Tier Untuk Materi Getaran Harmonis Sederhana Beserta Hasil Uji Coba Terbatasnya,” Pendipa Journal Of Science Education, vol. 5, no. 1, pp. 92-101, 2021.
[8] Radiusman, “Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika,” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, pp. 1-8, 2020.
[9] A. Riyadi, E. H. Hermaliani, D. Y. Utami, “Pembuatan Aplikasi Sistem Ujian Online Pada SMK Garuda Nusantara Bekasi,” Jurnal Ilmiah Sinus, pp. 23-36, 2019.
[10] Suwarto, “Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran,” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
[11] A. W. Utama, “Perancangan Sistem Ujian Online Berbasis Web B (Studi Kasus Di SMP Negeri 1 Cikarang Selatan, Bekasi),” Jurnal Citra Widya Edukasi, vol. 9, no. 1, pp. 21-30, 2019.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Mellyana A. R, D., Permana, A. H., & Bakri, F. (2024). IDENTIFIKASI TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GELOMBANG MENGGUNAKAN FIVE-TIER DIAGNOSTIC TEST ONLINE . PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF–127. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF19

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya