RANCANG BANGUN ALAT PERAGA KATUP TESLA PADA MATERI FLUIDA

Authors

  • Kukuh Kurniawan Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No.1, Jakarta Timur, Kode Pos (13220), Indonesia.
  • Agus Setyo Budi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No.1, Jakarta Timur, Kode Pos (13220), Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.1201.PF20

Abstract

Abstrak

Fisika merupakan bagian dari sains sangat dibutuhkan kehadirannya dalam perbaikan kehidupan saat ini. Telah banyak kemajuan teknologi yang membantu umat manusia dimana fisika ikut andil dalam penciptaan maupun perkembangan teknologi tersebut. Namun sangat disayangkan, dewasa ini ada pelemahan pembelajaran sains yang menyebabkan peserta didik kurang mampu untuk memahami konsep fisika seutuhnya salah satunya pada materi fluida dinamis. Fluida dinamis merupakan salah satu materi fisika yang abstrak sehingga diperlukan media yang tepat saat proses pembelajaran.

Media yang diharapkan dapat memaksimalkan proses pembelajaran fisika. Dimana dengan media tersebut peserta didik terbantu untuk memahami konsep di setiap materi yang mereka pelajari. Salah satu cara untuk memaksimalkan proses belajar dengan menghadirkan media yang dapat memberikan pengalaman langsung terkait konsep yang sedang diajarkan. Hal tersebut dapat diperoleh dari alat peraga.

Dengan menggunakan alat peraga peserta didik akan dimudahkan untuk memahami konsep materi yang sedang dipelajari. Alat peraga yang dibuat pada penelitian ini menggunakan desain produk Nicola Tesla dengan menerapkan konsep fluida dinamis yaitu hukum bernoulli. Dengan menggunakan desain produk tersebut diharapkan dapat memaksimalkan proses pembelajaran sehingga dapat memahami konsep fluida secara komprehensif.

Kata-kata kunci: Media Pembelajaran, Alat Peraga, Katup Tesla dan Fluida.

Abstract

Physics is a part of science that really needs to improve life today. There have been many technological advances that have helped humanity where physics has contributed to the creation and development of the technology. Unfortunately, nowadays there is a weakening of science learning which causes students to be less able to fully understand the concepts of physics, one of which is in dynamic fluid subjects. Dynamic fluid is one of the abstract physics subjects, so the right media is needed during the learning process.

The expected media is one that can maximize the physics learning process. Where with this media students are helped to understand the concepts in each subjects they learn. One way to maximize the learning process is by presenting media that can provide direct experience related to the concept being taught, this can be obtained from props.

By using props, it will be easier for students to understand the concept of the subjects being studied. The props created in this study use Nicola Tesla's product design by applying the dynamic fluid concept, namely Bernoulli's law. By using the product design it is hoped that it can maximize the learning process so that it can understand the dynamic fluid concept comprehensively.

Keywords: Learning Media, Props, Tesla Valve and Fluid.

References

[1] A. Nugroho Catur Saputro et al., “Pembelajaran Sains,” Yayasan Kita Menulis, 2021.
[2] N. W. Suparmi, “Hasil Belajar Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Inkuiri Terbimbing,” Journal of Education Technology, vol. 2, no. 4, pp. 192-196, 2019, doi: 10.23887/jet.v2i4.16548.
[3] A. Salim, S. Taib, “FISIKA DASAR 1,” Deepublish, 2018.
[4] S. Sopiah, Wiyanto, Sugianto, “Pembiasaan Bekerja Ilmiah pada Pembelajaran Sains Fisika untuk Siswa SMP,” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol. 5, no. 1, pp. 14-19, 2009.
[5] A. Febianti, “Analisis Pengaruh Model pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didika Dalam Pembelajaran Fisika,” pp. 1-2, 2019.
[6] Nisrina Najikhah, R. W. Akhdinirwanto, A. Ashari, “Perancangan Alat Peraga Kincir Air Berbasis Android Dalam Pembelajaran Fluida Dinamis,” Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), vol. 2, no. 1, pp. 9-17, 2021, doi: 10.37729/jips.v2i1.585.
[7] S. U. S. Supardi et al., “Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika,” Formatif Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, vol. 2, no. 1, pp. 71-81, 2015, doi: 10.30998/formatif.v2i1.86.
[8] Rohmani, W. Sunarno, Sukarmin, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Terintegrasi Dengan LKS Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak Kelas X SMA/MA,” Jurnal Inkuiri, vol. 4, no. 1, pp. 152-162, 2015.
[9] H. U. Kaltsum, “Pemanfaatan Alat Peraga Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar,” Urecol, pp. 19-24, 2017.
[10] W. Indrasari, A. S. Budi, D. P. Fadilla, “Rancang Bangun Alat Peraga Tumbukan Berbasis Mikrokontroller Untuk Sma,” vol. 9, pp. 91-96, 2020, doi: 10.21009/03.snf2020.02.pf.14.
[11] A. Prasetyarini, S. D. Fatmaryanti, R. W. Akhdinirwanto, “Pemanfaatan Alat Peraga Ipa Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa Smp Negeri I Buluspesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013,” Radiasi Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 1, pp. 7-10, 2013, [Online]. Available: https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/370.
[12] R. Holubova, “How to Motivate our Students to Study Physics?,” Universal Journal Education Research, vol. 3, no. 10, pp. 727-734, 2015, doi: 10.13189/ujer.2015.031011.
[13] F. T. Wahyuningsih, Y. Al Hakim, A. Ashari, “Pengembangan Alat Peraga Pengukur Debit Air Menggunakan Sensor Flow Berbasis Arduino Sebagai Media Pembelajaran Fluida,” Radiasi Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, vol. 12, no. 1, pp. 38-45, 2019, doi: 10.37729/radiasi.v12i1.31.
[14] D. Stith, “The Tesla valve - A fluidic diode,” The Physics Teacher, vol. 57, no. 3, pp. 201-201, 2019, doi: 10.1119/1.5092491.
[15] R. Yumithasari, S. Sunyono, M. Munaris, “Pengembangan Instrumen Asesmen Portofolio Untuk Mengukur Kemampuan Berbahasa Indonesia Tulis Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar,” Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 3, pp. 4713-4720, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i3.2796.
[16] R. M. Branch, “Instructional design: The ADDIE approach,” Springer, vol. 722, 2009.
[17] J. yuan Qian et al., “A numerical investigation of the flow of nanofluids through a micro Tesla valve,” J. Zhejiang Univ. Sci. A, vol. 20, no. 1, pp. 50-60, 2019, doi: 10.1631/jzus.A1800431.
[18] Q. Fitriyah, A. Agung Dananto Setyawan, M. Prihadi Eko, “Aplikasi Hukum Bernoulli Pada Alat Peraga Flow Meter Untuk Praktikum Mekanika Fluida,” Prosiding Seminar Nasional NCIET, vol. 1, no. 1, pp. 277-285, 2020, doi: 10.32497/nciet.v1i1.97.
[19] A. Atrisna, P. H. M. Lubis, “Pengaruh Metode Demonstrasi Dengan Menggunakan Alat Peraga Pipa Venturi Terhadap Pemahaman Konsep Fluida Dinamis Kelas XI di SMA Unggul Negeri 8,” Seminar Nasional Pendidikan IPA, pp. 52-55, 2017, [Online]. Available: http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/670%0Ahttp://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/viewFile/670/287.
[20] S. Ida Kholida, T. Sunarti, “Growing Science Process Skills and Student’s Understanding of Physics Concepts on Bernoulli’s Law Using Aeromodelling Props,” Physics Education Journal, vol. 4, no. 1, pp. 21-31, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.unipa.ac.id/index.php/kpej.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Kurniawan, K., & Budi, A. S. (2024). RANCANG BANGUN ALAT PERAGA KATUP TESLA PADA MATERI FLUIDA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF–135. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF20

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya