DESAIN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS

Authors

  • Anna Hafsah Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jl. R.Mangun Muka Raya, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jl. R.Mangun Muka Raya, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Upik Rahma Fitri Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jl. R.Mangun Muka Raya, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur 13220, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.1201.PF21

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul interaktif berbasis Discovery Learning pada materi fluida statis yang layak digunakan untuk siswa SMA kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan, yaitu tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah produk berupa e-modul interaktif fisika yang dilengkapi dengan fitur pembelajaran yang menggabungkan dua atau lebih teks, grafik, audio, video, atau animasi yang bersifat interaktif, untuk mengendalikan suatu perintah, yang kemudian menimbulkan terjadinya hubungan dua arah antara modul dengan penggunanya. E-modul ini berbasis discovery learning, model pembelajaran ini membimbing siswa untuk mengamati, menanya, bereksperimen, menganalisis dan mengkomunikasikan sehingga pembelajaran mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri berbagai konsep. Berdasarkan studi literatur, penelitian yang dilakukan Yasmine Anneila hasil analisis kebutuhan berupa kuesioner yang disebarkan kepada 74 peserta didik kelas XI SMA IPA, sebesar 81.1% memilih penjelasan langsung oleh guru dengan menggunakan bahan ajar yang kreatif dan 74.3% peserta didik tertarik menggunakan media pembelajaran berupa modul elektronik dan diperoleh sebesar 70.3% menganggap materi fluida statis merupakan salah satu pelajaran yang sulit dipelajari. Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut dapat dinyatakan bahwa dibutuhkan pengembangan E-modul interaktif berbasis Discovery Learning pada materi Fluida Statis.

Kata-kata kunci: E-modul intearktif, discovery learning, fluida statis.

Abstract

This study aims to produce an interactive e-module based on Discovery Learning on static fluid material that is suitable for use for class XI high school students. The method used in this study is the Research and Development (R&D) method with the 4D development model which is modified into 3 stages, namely the Define, Design and Develop stages. The results obtained from this study are products in the form of interactive physics e-modules which are equipped with learning features that combine two or more texts, graphics, audio, video or animation that are interactive, to control an order, which then creates a two-way relationship. between the module and the user. This e-module is based on discovery learning, this learning model guides students to observe, ask, experiment, analyze and communicate so that learning directs students to discover various concepts for themselves. Based on a literature study, the research conducted by Yasmine Anneila resulted in a needs analysis in the form of a questionnaire distributed to 74 students in class XI SMA IPA, 81.1% chose direct explanations by the teacher using creative teaching materials and 74.3% of students were interested in using learning media in the form of modules electronics and obtained 70.3% consider static fluid material is one of the subjects that are difficult to learn. Based on this needs analysis, it can be stated that it is necessary to develop interactive E-modules based on Discovery Learning on Static Fluid material.

Keywords: Interactive E-module, discovery learning, static fluid.

References

Fauziah, F. Millenia, “Systematic Literature Review: Bagaimanakah Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains yang Efektif Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis?,” Jurnal Pendidikan Mipa, vol. 12, no. 3, pp. 455-463, 2022.

Wulandari et al., “Keefektifan Pembelajaran IPA Berbantuan Virtual Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Smp Di Abad 21: Review Artikel,” In Proceeding Seminar Nasional IPA, pp. 106-115, 2022.

Valerina, “Tinjauan Efektivitas Berbagai Metode Deteksi Metanil Yellow Pada Pemalsuan Kunyit,” Review Of The Effectiveness Of Various Methods Of Detecting Metanil Yellow In Turmeric Adulteration, Other thesis, Unika Soegijapranata Semarang, 2022.

S. Nengsih, “Pengaruh Kehadiran Medan Magnetik Terhadap Pemurnian Air Dari Perbedaan Intensitas Cahaya,” Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, vol. 2018, no. 2, pp. 5-17, 2020.

Putra, R. Mahendra, “Cahaya Dan Penerapan Sifat-Sifat Cahaya,” Cv Media Edukasi Creative : Jakarta, 2022.

U. R. Fitri, M. Ziveria and I. Muhara, “Determination of Planck's Constant Using the Photoelectric Effect Experiment,” JPCS Journal of Physics: Conference Series, vol. 2377, no. 1, p. 012076, 2022.

P. D. S. Subkannayla, “Development of Learning Media Android-Based Physics Laboratory To Improve Learning's Competence On Black Body Radiation,” Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, vol. 16, no. 1, pp. 9-20, 2022.

Fan, Bin et al., “The molecular mechanism of retina light injury focuses on damage from short-wavelength light,” Oxidative Medicine and Cellular Longevity, 2022.

Tim Laboratorium Fisika UNJ, “Panduan Praktikum Fisika Modern,” UNJ: Jakarta, 2017.

Anwar et al., “Eksperimen Efek Foto Listrik Berbasis Simulasi Phet. Paedagoria,” Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, vol. 4, no. 2, pp. 9-15, 2018.

Febriana, Nurul Shafira, “Pengaruh Lama Penyinaran Lampu Ultraviolet Terhadap Penurunan Angka Kuman Udara Di Laboratorium Jurusan Analis Kesehatan,” Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, 2021.

Vicente et al., “Effect of correlated color temperature and S/P-ratio of LED light sources on reaction time in off-axis vision and mesopic lighting levels,” Leukos, vol. 19, no. 1, pp. 4-15, 2023.

Ponto, Hantje, “Dasar Teknik Listrik,” Deepublish, 2018.

Chen et al., “Photovoltaic memristors based on photoelectric synaptic plasticity of a bulk photovoltaic effect device,” Journal of Materials Chemistry C, vol. 10, no. 45, pp. 17386-17397, 2022.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Hafsah, A., Sunaryo, S., & Fitri, U. R. (2024). DESAIN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF–141. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF21

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya