DESAIN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS

  • Anna Hafsah Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jl. R.Mangun Muka Raya, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jl. R.Mangun Muka Raya, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Upik Rahma Fitri Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jl. R.Mangun Muka Raya, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul interaktif berbasis Discovery Learning pada materi fluida statis yang layak digunakan untuk siswa SMA kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan, yaitu tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah produk berupa e-modul interaktif fisika yang dilengkapi dengan fitur pembelajaran yang menggabungkan dua atau lebih teks, grafik, audio, video, atau animasi yang bersifat interaktif, untuk mengendalikan suatu perintah, yang kemudian menimbulkan terjadinya hubungan dua arah antara modul dengan penggunanya. E-modul ini berbasis discovery learning, model pembelajaran ini membimbing siswa untuk mengamati, menanya, bereksperimen, menganalisis dan mengkomunikasikan sehingga pembelajaran mengarahkan siswa untuk menemukan sendiri berbagai konsep. Berdasarkan studi literatur, penelitian yang dilakukan Yasmine Anneila hasil analisis kebutuhan berupa kuesioner yang disebarkan kepada 74 peserta didik kelas XI SMA IPA, sebesar 81.1% memilih penjelasan langsung oleh guru dengan menggunakan bahan ajar yang kreatif dan 74.3% peserta didik tertarik menggunakan media pembelajaran berupa modul elektronik dan diperoleh sebesar 70.3% menganggap materi fluida statis merupakan salah satu pelajaran yang sulit dipelajari. Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut dapat dinyatakan bahwa dibutuhkan pengembangan E-modul interaktif berbasis Discovery Learning pada materi Fluida Statis.

Kata-kata kunci: E-modul intearktif, discovery learning, fluida statis.

Abstract

This study aims to produce an interactive e-module based on Discovery Learning on static fluid material that is suitable for use for class XI high school students. The method used in this study is the Research and Development (R&D) method with the 4D development model which is modified into 3 stages, namely the Define, Design and Develop stages. The results obtained from this study are products in the form of interactive physics e-modules which are equipped with learning features that combine two or more texts, graphics, audio, video or animation that are interactive, to control an order, which then creates a two-way relationship. between the module and the user. This e-module is based on discovery learning, this learning model guides students to observe, ask, experiment, analyze and communicate so that learning directs students to discover various concepts for themselves. Based on a literature study, the research conducted by Yasmine Anneila resulted in a needs analysis in the form of a questionnaire distributed to 74 students in class XI SMA IPA, 81.1% chose direct explanations by the teacher using creative teaching materials and 74.3% of students were interested in using learning media in the form of modules electronics and obtained 70.3% consider static fluid material is one of the subjects that are difficult to learn. Based on this needs analysis, it can be stated that it is necessary to develop interactive E-modules based on Discovery Learning on Static Fluid material.

Keywords: Interactive E-module, discovery learning, static fluid.

References

W. Mukti, Y. Puspita, Z. Anggraeni, “Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites Pada Materi Listrik Statis,” Webinar Pendidikan Fisika, vol. 5, no. 1, pp. 51-59, 2020.

Y. Aneilla, H. Nasbey, A. Handjoko, “E-Modul Fluida Statis Berbasis Somatic, Auditory, Visual, Intellectual ( Savi ) Berbantuan Flip Pdf Professional,” Seminar Nasional fisika, vol. 11, pp. 225-232, 2023.

A. Azzahra, E. Budi, “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Pendekatan Sets (Science, Environment, Technology and Society) Menggunakan Program Lectora Inspire Pada Materi Sumber Energi Terbarukan,” Seminar Nasional fisika, vol. 10, pp. 73-80, 2022.

J. B. Manalu et al., “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar,” Prosiding Pendidikan Dasar: Mahesa Centre Research, vol. 1, no.1, pp. 80-86, 2022.

N. Mabsutsah, Y. Yushardi, “Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global,” Jurnal Pendidikan Mipa, vol. 12, no. 2, pp. 205-213, 2022.

U. Maulinda, “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka,” Tarbawi, vol. 5, no. 2, pp 130-138, 2022.

Afifah, S. Nur, “Pengaruh Pendekatan Saintifik Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menganalisis Materi Suhu dan Kalor Siswa Kelas XI MAN 1 Malang,” JRPF (Jurnal Riset Pendidikan Fisika), vol.4, no.1, pp. 59-63, 2019.

P. P. Cbl, “Model Penelitian Pengembangan,” Chemistry Education Review (CER), vol. 3, no. 2, pp. 185, 2020.

P. A. Sihite, M. Farid, A. Mayub, “Implementasi Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Temperatur, Tekanan dan Energi untuk Meningkatkan Pembelajaran Fisika di SMA Kelas X,” PENDIPA Journal of Science Education, vol. 3, no. 1, pp. 90-94, 2019.

W. Marsila, C. Connie, E. Swistoro, “Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik,” Jurnal Kumparan Fisika, vol. 2, no. 1, pp. 1-8, 2019.

I. W. Widia, “Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa,” Indonesian Journal of Educational Development, vol. 1, no. 2, pp. 262-273, 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, “Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu, Pendidikan tentang Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning),” Jakarta : Kementrian Pendidikan Nasional, 2013.

P. K. Nissa, F. Bakri, D. Muliyati, “PENGEMBANGAN BUKU FISIKA BERDASARKAN KERANGKA KERJA TPACK PADA TOPIK FLUIDA STATIS,” Seminar Nasional fisika, vol. 11, pp. 285-294, 2023.

A. Rambe et al., “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Pada Materi Alat-Alat Optik Di Kelas X SMA,” Journal of Physics and Science Learning, vol. 6, no. 1, pp. 40-51, 2022.

Published
2024-01-31
How to Cite
Hafsah, A., Sunaryo, S., & Fitri, U. R. (2024). DESAIN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF-141. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF21
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya