DESAIN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATERI GELOMBANG BUNYI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Salsabila Khairun Nisa Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jl. R.Mangun Muka Raya, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jl. R.Mangun Muka Raya, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Upik Rahma Fitri Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jl. R.Mangun Muka Raya, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur 13220, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.1201.PF22

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain e-modul interaktif berbasis Problem based Learning pada materi gelombang bunyi untuk siswa SMA kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 2 tahapan, yaitu tahap Define (Pendefinisian), dan Design (Perancangan). E-modul interaktif ini dilengkapi dengan fitur pembelajaran seperti teks, gambar, video, animasi, serta interaktif dengan fitur-fitur seperti quiz, latihan soal, dan navigasi yang memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan materi pembelajaran. Menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pembelajaran yang mempusatkan pembelajaran kepada masalah-masalah yang disajikan. Kemudian, siswa menyelesaikan masalah tersebut dengan seluruh pengetahuan dan keterampilan mereka dari berbagai sumber yang dapat diperoleh. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan kepada 40 peserta didik kelas XI didapatkan sebanyak 40% peserta didik belajar memilih subbab gelombang bunyi, 25% peserta didik belajar memilih subbab termodinamika, 17,5% peserta didik belajar memilih subbab gelombang cahaya, 12,5% peserta didik belajar memilih subbab fluida dinamis, dan 5% peserta didik belajar memilih subbab suhu dan kalor sebagai materi yang masih dibutuhkan untuk membuat elektronik modul interaktif. Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut dapat dinyatakan bahwa dibutuhkan pengembangan e-modul interaktif berbasis Problem based Learning pada materi gelombang bunyi.

Kata-kata kunci: E-modul Interaktif, Problem Based Learning, Gelombang Bunyi.

Abstract

This study aims to produce an interactive e-module design based on Problem-based Learning on sound wave material for high school students in grade XI. The method used in this research is the Research and Development (R&D) method with the 4D development model modified into 2 stages, namely the Define, and Design stages. This interactive e-module is equipped with learning features such as text, images, videos, and animations, and interactive with features such as quizzes, practice questions, and navigation that make it easier for users to interact with learning materials. Using the Problem-Based Learning model with learning that centers learning on the problems presented. Then, students solve the problem with all their knowledge and skills from various sources that can be obtained. Based on the needs analysis conducted on 40 students in class XI, it was found that 40% of students learned to choose the subchapter of sound waves, 25% of students learned to choose the subchapter of thermodynamics, 17.5% of students learned to choose the subchapter of light waves, 12.5% of students learned to choose the subchapter of dynamic fluids, and 5% of students learned to choose the subchapter of temperature and heat as material that was still needed to make interactive electronic modules. Based on the needs analysis, it can be stated that the development of interactive e-modules based on Problem-based Learning on sound waves material is needed.

Keywords: Interactive E-module, Problem-Based Learning, Sound Waves.

References

[1] K. Fenditasari et al., “Identification of misconceptions on heat and temperature among physics education students using four-tier diagnostic test,” Journal of Physics: Conference Series, vol. 1470, no. 1, 2020.
[2] D. A. Safitri, H. Sri, S. Eny, “Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction di SMAN 4 Jember,” Seminar Nasional Pendidikan Fisika, vol. 4, no. 1, pp. 141-145, 2019.
[3] S. Hartini, D. Suci Abyati, M. Abdul Salam, “Developing high school physics teaching materials through 7E learning cycle model,” Journal of Physics: Conference Series, vol. 1422, no. 1, 2020.
[4] R. Sagala et al., “The effectiveness of stem-based on gender differences: The impact of physics concept understanding,” European Journal of Educational Research, vol. 8, no. 3, pp. 753-761, 2019.
[5] H. Hutabarat, E. Rahmatika, S. H. Muhammad, “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri Sekota Padang Sidempuan,” Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), vol. 5, no. 3, pp. 58-69, 2022.
[6] F. Rahmawati, S. Sarwanto, S. Budiawanti, “Persepsi Guru Fisika Terhadap Kebutuhan E-Modul Berbasis Android Dengan Model Hybrid-PBL pada Materi Gelombang Bunyi,” In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), vol. 10, 2022.
[7] Asmianto et al., “Developing Android-Based Interactive E-Modules on Trigonometry to Enhance the Learning Motivation of Students,” International Journal of Interactive Mobile Technologies, vol. 16, no. 2, pp. 159-170, 2022.
[8] E. Lestari, L. Nulhakim, D. Indah Suryani, “Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII,” PENDIPA Journal of Science Education, vol. 6, no. 2, pp. 338-345, 2022.
[9] Cahyanto, Arman, Albertus Djoko Lesmono, “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi,” Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), vol. 3, no. 2, pp. 154-164, 2022.
[10] S. V. G. Permatasari, P. Pujayanto, A. Fauzi, “Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Berbasis VAK Learning,” Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, vol. 11, no. 2, pp. 102-109, 2021.
[11] M. Y. Hidayat, H. M. Siti Rikha, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep,” Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 2, pp. 25-30, 2022.
[12] T. Andani et al., “Efektivitas Penggunaan E-Modul Fisika Sebagai Bahan Ajar Berbasis problem Based Learning (PBL) terhadap Kemandirian Belajar Siswa,” EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, vol. 7, no. 2, pp. 201-208, 2020.
[13] F. Marinda, N. Muhammad, S. Saprudin, “Pengembangan Konten E-Modul Interaktif Materi Getaran dan Gelombang Berbasis Problem Based Learning,” Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 11, no. 1, pp. 94-107, 2023.
[14] D. R. Gita, M. Dewati, “Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa,” In SINASIS (Seminar Nasional Sains), vol. 3, no. 1, 2022.
[15] Kemendikbud, “Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka,” 2022.
[16] A. Maydiantoro, “Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development),” Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI), 2021.
[17] L. Lismaya, “Berpikir Kritis & PBL: (Problem Based Learning),” Jurnal Media Sahbat Cendekia, 2019.
[18] A. H. Fauzi, “Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Kubus dan Balok,” Media Sains Indonesia, 2021.
[19] Kemendikbud, “Panduan Praktis Penyusun E-Modul Pembelajaran,” Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2017.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Nisa, S. K., Sunaryo, S., & Fitri, U. R. (2024). DESAIN E-MODUL INTERAKTIF PADA MATERI GELOMBANG BUNYI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING . PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF–149. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF22

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya