INTERAKTIF DIGITAL MODUL BERBASIS STEM - PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN UNTUK SISWA SMA

Authors

  • Hadi Nasbey Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Vina Serevina Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Citra Indah Permata Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.1201.PF24

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menciptakan produk baru berupa interaktif digital modul berbasis STEM - Problem Based Learning (PBL) pada materi energi terbarukan yang valid digunakan sebagai bahan ajar fisika untuk siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Langkah – langkah yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis kebutuhan, merancang produk, menghasilkan dan memvalidasi produk, mempersiapkan lingkungan belajar dan menilai kualitas instruksional produk. Produk yang dikembangkan adalahmodul digital interaktif dengan bantuan google sites. Berdasarkan hasil uji validasi oleh para ahli diperoleh persentase skor sebesar 84,75% (sangat valid) dari ahli materi, 87,5% (sangat valid) dari ahli pembelajaran dan 75,2% (valid) dari ahli media. Selanjutnya, hasil uji coba produk oleh pengguna diperoleh persentase skor sebesar 84,24% (sangat valid) dari guru dan 92,72% (sangat valid) dari siswa. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa interaktif digital modul berbasis STEM - Problem Based Learning (PBL) pada materi energi terbarukan yang dikembangkan valid digunakan sebagai bahan ajar fisika di Sekolah Menengah Atas.

Kata-kata kunci: E-module, STEM-PBL, Energi Terbarukan.

Abstract

This research aims to develop and create a new product in the form of an interactive digital module based on STEM - Problem Based Learning (PBL) on renewable energy material that is valid for use as physics teaching material for high school students. The method used in this research is Research and Development (R&D) with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) development model. The steps taken in this research are needs analysis, product design, product production and validation, preparing the learning environment and assessing the product's instructional quality. The product developed is an interactive digital module with the help of Google Sites. Based on the results of validation tests by experts, a score percentage of 84.75% (very valid) was obtained from material experts, 87.5% (very valid) from learning experts and 75.2% (valid) from media experts. Furthermore, the results of product trials by users obtained a score percentage of 84.24% (very valid) from teachers and 92.72% (very valid) from students. Based on this research, it can be concluded that the interactive digital module based on STEM - Problem Based Learning (PBL) on renewable energy material developed is valid for use as physics teaching material in high schools.

Keywords: E-module, STEM-PBL, Renewable Energy.

References

Aiken, LR 1985, ‘Three Coefficients for Analyzing the Reliability, and Validity of Ratings’, Educational and Psychological Measurement, vol. 45, no. 1, pp. 131-142.

Alamsyah, Rizki 2018, ‘Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang’, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 1, no. 3, pp. 229-236.

Arianti, R & Wicaksono, I 2020, Efektivitas Media Video Animasi Untuk Pembelajaran Pemanasan Global Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 5, no. 2, pp. 92-103.

Ayuliandari, F & Sylvia, I 2022, ‘Efektivitas Media Video Animasi dalam Pembelajaran Sosiologi terhadap Peningkatan Pemahaman Materi Peserta Didik pada SMAN 12 Merangin’, Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, vol. 1, no. 2, pp. 113-117.

Dalvi 2006, ‘Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam pembelajaran Agama dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team’, Jurnal Guru, vol. 3, no. 1.

Fadilah, RU 2019, ‘Penerapan Model Pembelajaran Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS 2 Sman 8 Kediri Di Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019’, Journal of Sharia Economics, vol. 1, no. 2, pp. 146-164.

Fauziyah, E, Praherdhiono, H & Ulfa, S 2020, ‘Efektivitas Penggunaan Video dengan Pengayaan Tokoh dan Animasi terhadap Pemahaman Konseptual Siswa’, JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 3, no. 4, pp. 448-455.

Hapsari, GPP & Zulherman, Z 2021, ‘Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2384-2394.

Helmiati, H & Ag, M 2012, ‘Model Pembelajaran’, Aswaja Pressindo.

Ika, M 2021, ‘Pengembangan Media Animaker Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator Di Kelas Iv Sd Ump’, EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, vol. 5, no. 1, pp. 1-11.

Jannah, M 2018, ‘Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas V, Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 6, no. 2.

Latif, A 2020, ‘Tantangan Guru dan Masalah di Era Digital’, Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, vol. 4, no. 3, p. 614.

Maharani 2019, ‘Peningkatan aktivitas dan hasil belajar tematik siswa melalui strategi pembelajaran team quiz dan media teka teki silang’, International Journal of Elementary Education, vol. 3, no. 2, pp. 151-158.

Martha, ASD & Santoso, HB 2019, ‘The Design And Impact Of The Pedagogical Agent: A Systematic Literature Review’, Journal of Educators Online, vol. 16, no. 1.

Mashuri, DK 2020, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V’, Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 8, no. 5.

Puspita, WI, Sutopo, S & Yuliati, L 2019, ‘Identifikasi penguasaan konsep fluida statis pada siswa’, Momentum: Physics Education Journal, pp. 53-57.

Putri, DP 2020, ‘Penggunaan Metode Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn’, Journal of Education Action Research, vol. 4, no. 4, pp. 452-458.

Rizqi, A, Parmin, P & Nurhayati, S 2013, ‘Pengembangan Modul IPA Terpadu Berkarakter Tema Pemanasan Global untuk Siswa SMP/MTs’, Unnes Science Education Journal, vol. 2, no. 1.

Sundayana, R 2016, ‘Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika, untuk guru, calon guru, orang tua dan para pecinta matematika’, Alfabeta, Bandung.

Trilling, B & Fadel, C 2009, ‘21st Century Skills: Learning for Life in Our Times’, John Wiley & Sons.

Ulfiati, R 2019, ‘Penerapan Model Pembelajaran Quiz Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xi Ips 2 Sman 8 Kediri Di Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019’, Journal of Sharia Economics, vol. 1, no. 2.

Yusrizal, 2016, ‘Analysis of difficulty level of physics national examination’s questions’, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol. 5, no. 1, pp. 140-149.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Nasbey, H., Serevina , V., & Permata, C. I. (2024). INTERAKTIF DIGITAL MODUL BERBASIS STEM - PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN UNTUK SISWA SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF–167. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF24

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya