INTERACTIVE DIGITAL MODUL PHYSICS (IDMP) BERBASIS INQUIRY PADA KONSEP ENERGI ALTERNATIF

  • Al Kautsar Zain Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Firmanul C. Wibowo Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Hadi Nasbey Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Penerapan teknologi informasi dalam media pembelajaran dengan maksud untuk meningkatkan kompetensi peserta didik terhadap pembelajaran dengan keterampilan abad 21 dimana mengubah paradigma teaching menjadi paradigma learning, artinya pembelajaran berpusat pada peserta didik dan guru sebagai fasilitator. Salah satu media pembelajaran yang bisa dipadukan menjadi satu antara model pembelajaran, bahan ajar, dan pemanfaatan teknologi komputer, yaitu modul digital. Pengembangan modul digital dijadikan sebagai sarana dalam mengatasi permasalahan pembelajaran dengan perkembangan teknologi. Studi pendahuluan yang telah dilakukan ke sejumlah siswa SMA, sebanyak 59,4% peserta didik mengalami kesulitan memahami materi energi alternatif melalui bahan ajar dan model pembelajaran yang diterapkan guru serta 65,6% peserta didik membutuhkan modul dalam memahami suatu materi lewat internet. Ada beberapa model pembelajaran berbasis inkuiri, penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dan sangat efektif untuk diterapkan pada pembelajaran fisika untuk merancang modul digital dalam pembelajaran energi alternatif. Penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian R&D dengan model ADDIE dan bertujuan untuk menghasilkan perangkat digital modul berbasis inquiry materi energi alternatif dan penerapan pada peserta didik SMA kelas X sebagai media yang valid, praktis, efektif, dan dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika. Penelitian yang dilakukan masih dalam proses dan terus berlanjut.

Kata-kata kunci: interactive, digital, modul, inkuiri, energi alternatif.

 

Abstract

The application of information technology in learning media with the aim of increasing student competence in learning with 21st century skills which changes the teaching paradigm to a learning paradigm, meaning that learning is centered on students and the teacher as a facilitator. One of the learning media that can be integrated into one learning model, teaching materials, and the use of computer technology, namely digital modules. The development of digital modules is used as a means of overcoming learning problems with technological developments. Preliminary studies that have been conducted on a number of high school students, as many as 59.4% of students have difficulty understanding alternative energy material through teaching materials and learning models applied by teachers and 65.6% of students need modules to understand material via the internet. There are several inquiry-based learning models, the use of inquiry learning models can improve students' mastery of concepts and is very effective to apply to physics learning to design digital modules in alternative energy learning. This study was designed using the R&D research method with the ADDIE model and aims to produce a digital module based on inquiry on alternative energy material and its application to class X high school students as a valid, practical, effective, and applicable medium in learning physics. Research conducted is still in process and continues.

Keywords: interactive, digital, modul, inquiry alternative energy.

References

I. S. Sari, S. R. Lestari, M. S. Sari, “Preliminary study of guided inquiry-based e-module development based on research results to improve student’s creative thinking skills and cognitive learning outcomes,” AIP Conference Proceedings, vol. 2330, no. 1, 2021.

D. T. Andani, M. Yulian, “Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat,” Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, vol. 2, no. 1, pp. 1-6, 2018, https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730. .

R. D. Agustina, R. P. Putra, M. Listiawati, “Development of Sophisticated Thinking Blending Laboratory (STB-LAB) to Improve 4C Skills for Students as Physics Teacher Candidate,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 1, pp. 65-82, 2022.

D. A. Cook, W. G. Thompson, “Comfort and experience with online learning: Trends over nine years and associations with knowledge,” BMC Medical Education, vol. 14, no. 1, p. 128, 2014, https://doi.org/ 10.1186/1472-6920-14-128.

Sutarto, R. P. K. Wardhany, Subiki, “Media Video Kejadian Fisika Dalam Pembelajaran Fisika di SMA,” Jurnal Pembelajaran Fisika, p. 1, 2014.

N. Bekti et al., “Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Materi Optik Geometri,” Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 123-135, 2021.

F. Topuz, O. Birgin, “Students’ Views about GeoGebra-Supported Teaching Material Developed for “Circle and Disc” Subject at the Seventh Grade,” Journal Of Computer And Education Research, pp. 1-27, 2020, https://doi.org/10.18009/jcer.638142.

K. Osman, A. Lay, “MyKimDG module: an interactive platform towards development of twenty-first century skills and improvement of students’ knowledge in chemistry,” Interactive Learning Environments, pp. 1-14, 2020, https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1729208.

A. Rahmawati, N. L. Nisfah, S. Kusairi, “The Capability Analysis of High Order Thinking Skills (HOTS) on Dynamic Electricity Material in Junior High School,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 5, no. 2, pp. 163-168, 2019.

Aisa, L. Lisvita, “Penggunaan Teknologi Informasi dalam pembelajaran Online Masa Covid19,” Journal of Education and Management Studies, vol. 3, no. 4, p. 51, 2020.

S. Singerin, “Manajemen Mutu Pendidikan Melalui Lesson Study Fisika,” Sumatra Barat: Intan Cendekia Mandiri, 2021.

A. Rusli, “Pendidikan Fisika untuk Abad ke-21: Kesadaran, Wawasan, Kedalaman, Etika,” Jurnal Fisika Indonesia, vol. 17, no. 50, pp. 16-19, 2013.

A. D. Puspitasari, “Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA,” Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 17-25, 2019.

A. C. Yusro, M. Sasono, “Penggunaan modul ilustratif berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan kinematika gerak lurus untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa kelas VII SMPN 14 Madiun,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan, vol. 2, no. 1, pp. 29-35, 2016.

S. Sunaryo, H. Nasbey, H. Amelia, “Learning Media Development using Transformative Learning Strategy Android Application as a Distance Learning Support on Static Fluid,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 61-72, 2021.

Latifah, Nurul et al., “Pengembangan e-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik,” JIPS: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, vol. 1, no. 1, pp. 1-7, 2020.

H. Kurniawati, D. Desnita, S. Siswoyo, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D PageFlip Fisika untuk Materi Getaran dan Gelombang Bunyi,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 1, pp. 97-102, 2016.

S. W. Rahmatsyah, K. Dwiningsih, “Development of Interactive E-Module on The Periodic System Materials as an Online Learning Media,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 7, no. 2, p. 255, 2021, doi: 10.29303/jppipa.v7i2.582.

V. Serevina, I. Hamidah, “Science, Technology, Engineering, and Math (STEM) based Geothermal Energy Source Digital Module Assisted by Canva Application,” In Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing, vol. 2377, no. 1, p. 012063, 2022.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D ),” Bandung: Alfabeta, 2015

I. Irkhamni, “Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul pembelajaran matematika terhadap minat belajar peserta didik,” Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, vol. 2, pp. 127-134, 2021

A. Mudlofir, E. F. Rusydiyah, “Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik,” Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, p. 214, 2016.

I. G. W. Sudatha, K. Suranata, “Media Pembelajaran Digital untuk Pembelajaran Bimbingan Konseling,” Tasikmalaya: PRCI, 2022.

R. M. Branch, “Instructional Design: The ADDIE Approach,” New York: Springer, 2009.

L. Dewi, “Learning Design Using ADDIE Approach to Improve Students' Critical Thinking Skills in Becoming Ethical Librarians,” Edulib Journal, vol. 8, no. 1, p. 199, 2018.

E. Y. Lina, D. Desnita, “Validity and Reliability of Critical Thinking Instruments to Measure the Effectiveness of Context-Based Physics E-Module on Wave Materials,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 1, pp. 57-64, 2022.

N. R. Utami, A. Jufriadi, H. D. Ayu, “Interactive E-module Based on H-Guided Inquiry: Optimize the ICT Skills and Learning Achievements,” Physics Education Scientific Periodical, vol. 8, no. 3, p. 183, 2020, doi: 10.20527/bipf.v8i3.8604.

Budi murtiyasa, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika,” Jurnal Pendidikan Matematika, FKIP, pp. 1-19, 2012.

M. Maison et al., “Process Skills-Based E-Module: Impact On Analytical Thinking Skills,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 8, no. 1, pp. 23-34, 2022.

R. L. Bell, L. Smetana, I. Binns, “Simplifying inquiry instruction,” The Science Teacher, vol. 72, no. 7, pp. 30-33, 2005.

National Research Council, “Inquiry and the National Science Education Standards: A Guide for Teaching and Learning,” National Academies Press, 2000.

Published
2024-01-31
How to Cite
Zain, A. K., Wibowo, F. C., & Nasbey, H. (2024). INTERACTIVE DIGITAL MODUL PHYSICS (IDMP) BERBASIS INQUIRY PADA KONSEP ENERGI ALTERNATIF. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF-189. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF27
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya