PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PENGUKURAN

Authors

  • Khairatunnisa Khairatunnisa Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Jalan Rawamangun Muka, Jakarta 13220, Indonesia
  • Vina Serevina Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Jalan Rawamangun Muka, Jakarta 13220, Indonesia
  • Hadi Nasbey Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Jalan Rawamangun Muka, Jakarta 13220, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.1201.PF29

Abstract

Abstrak

Modul digital adalah media belajar mandiri yang dikemas dalam bentuk digital yang memiliki tujuan untuk mewujudkan kompetensi pembelajaran yang ingin dicapai, serta dapat menjadikan peserta didik lebih interaktif dengan menggunakan aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul digital interaktif dengan model discovery learning yang dilengkapi dengan pembahasan materi, kuis, dan latihan serta hasil penilaian yang akan dikirimkan kepada guru dan siswa melalui email. Materi yang akan dibahas adalah pengukuran dengan model discovery learning untuk kelas X SMA. Aplikasi yang digunakan adalah iSpring Suite 11. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian terhadap 50 siswa di salah satu SMA di kota Jakarta Timur mengenai penggunaan modul digital interaktif. Didapatkan bahwa 92% reseponden menyatakan perlu adanya penggunaan modul digital interaktif. Sehingga dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi pengajaran untuk guru dalam proses pembelajaran fisika di kelas.

Kata-kata kunci: modul digital interaktif, discovery learning , iSpring Suite, pengukuran.

Abstract

Digital modules are independent learning media that are packaged in digital form which have the goal of realizing the learning competencies to be achieved and can make students more interactive by using the application. This study aims to develop interactive digital modules with a discovery learning model which is complemented by discussion of material, quizzes, and exercises as well as assessment results which will be sent to teachers and students via email. The material to be discussed is measurement with the discovery learning model for class X SMA. The application used is iSpring Suite 11. The research method used is Research and Development (RnD) with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Based on the results of research on 50 students at a high school in East Jakarta regarding the use of interactive digital modules. It was found that 92% of respondents stated the need for the use of interactive digital modules. So that from this research it is hoped that it can be used as teaching evaluation material for teachers in the physics learning process in class.

Keywords: interactive digital module, discovery learning , iSpring Suite, measurement.

References

[1] C. Ayudia, “Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkanpartisipasi Orang Tua Di SDN Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman,” Jurnal Administrasi Pendidikan Halaman, vol. 2, no. 1, pp. 100-107, 2014.
[2] J. N. Midroro, S. H. B. Prastowo, L. Nuraini, “Analisis Respon Siswa Sma Plus Al-Azhar Jember Terhadap Modul Fisika Digital Berbasis Articulate Storyline 3 Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gravitasi,” Jurnal Pembelajaran Fisika, vol. 10, no. 1, p. 8, 2021, https://doi.org/10.19184/jpf.v10i1.23762.
[3] F. Ailiyah, E. Supriana, N. Hidayat, “Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis 3D Pageflip Professional dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Membantu Siswa dalam Menerapkan Hukum Fluida Statis,” Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, pp. 11-17, 2019, http://conference.um.ac.id/index.php/fis/article/view/497
[4] M. S. Dewi et al., “Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) dengan Pendekatan STEM pada Materi Vektor di Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 2 Jember,” Jurnal Pembelajaran Fisika, vol. 9, no. 1, p. 44, 2020, https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17963.
[5] Nurdyansyah, E. F. Fahyuni, “Inovasi Model Pembelajaran sesuai Kurikulum,” In Nizmania Learning Center, 2016.
[6] A. Marisya, E. Sukma, “Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 4, no. 3, pp. 2189-2198, 2020.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Khairatunnisa, K., Serevina, V., & Nasbey, H. (2024). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PENGUKURAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF–205. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF29

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya