DEVELOPMENT OF INTERACTIVE DIGITAL MODULES BASED ON PROBLEM-BASED LEARNING ON GLOBAL WARMING MATERIALS FOR HIGH SCHOOL STUDENTS

  • Naufal Hibatullah Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia.
  • Vina Serevina Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia.
  • Hadi Nasbey Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia.

Abstract

Abstrak

Modul Digital Interaktif berbasis Problem Based Learning (PBL) adalah sebuah inovasi pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa memahami konsep pemanasan global dalam pembelajaran fisika dengan cara yang lebih interaktif dan tentunya efektif. Modul ini berisi beberapa komponen seperti materi, soal dan contoh dalam kehidupan berupa foto maupun video yang saling terintegrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul digital interaktif berbasis Problem Based Learnning pada materi pemanasan global yang valid digunakan sebagai media pembelajaran fisika yang dilengkapi dengan teknologi digital yang memungkinkan siswa untuk memperoleh informasi melalui berbagai media seperti video, simulasi, dan animasi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Produk akhir dari penelitian ini berupa modul digital interaktif yang dapat diakses dengan mudah melalui perangkat komputer, laptop, dan smartphone. Produk akan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran, serta dilakukan ujicoba kepada guru fisika dan peserta didik.

Kata-kata kunci: Modul digital, Problem Based Learning, Pemanasan global, interaktif.

 

Abstract

Interactive Digital Module based on Problem Based Learning (PBL) is a learning innovation designed to help students understand the concept of global warming in physics learning more interactively and effectively. This module contains several components such as materials, questions, and examples in life in the form of photos and videos that are integrated. This study aims to produce an interactive digital module based on Problem-Based Learning on global warming material that is valid for use as a physics learning medium equipped with digital technology that allows students to obtain information through various media such as video, simulation, and animation. This development research uses ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) model. The final product of this research is an interactive digital module that can be accessed easily through computers, laptops, and smartphones. The products will be validated by media experts, material experts, and learning experts, and conducted tests to physics teachers and learners.

Keywords: Digital modules, Problem Based Learning, Global Warming, interactive.

References

S. Guntoro, “Saatnya Menerapkan Pertanian Tekno-Ekologis,” Jakarta: Agromedia Pustaka, 2011.

M. Sari, “Blended learning, model pembelajaran abad ke-21 di perguruan tinggi,” Ta'dib, vol. 17, no. 2, pp. 126-136, 2016.

N. Jalinus, “Media & Sumber Pembelajaran,” Jakarta: Kencana, 2016.

Published
2024-01-31
How to Cite
Hibatullah, N., Serevina, V., & Nasbey , H. (2024). DEVELOPMENT OF INTERACTIVE DIGITAL MODULES BASED ON PROBLEM-BASED LEARNING ON GLOBAL WARMING MATERIALS FOR HIGH SCHOOL STUDENTS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF-211. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF30
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya