RANCANGAN MODUL DIGITAL “PHYQSURE” BERBASIS STAD PADA MATERI BESARAN FISIKA DAN PENGUKURAN

  • Fadia Fatasya Rahmatika Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya No. 11, Jakarta, Indonesia
  • Hadi Nasbey Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya No. 11, Jakarta, Indonesia
  • Esmar Budi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya No. 11, Jakarta, Indonesia

Abstract

Abstrak

Modul digital “Phyqsure” berbasis STAD adalah sebuah inovasi bahan ajar yang dikembangkan dalam rangka mendukung pembelajaran yang relevan dengan perkembangan teknologi pada era digital di mana produk yang dihasilkan dapat memfasilitasi pembelajaran peserta didik pada materi besaran fisika dan pengukuran dengan cara yang lebih menarik dan efektif karena materi pembelajaran yang disajikan tidak hanya berupa cetakan tulisan yang menjenuhkan, melainkan juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat diakses, seperti gambar, animasi, dan video. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital “Phyqsure” berbasis STAD (Student Teams Achievement Division) pada materi besaran fisika dan pengukuran yang valid digunakan sebagai bahan ajar fisika SMA kelas X dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Produk akhir dari penelitian ini berupa rancangan modul digital yang disajikan menggunakan situs web Heyzine Flipbook dan dapat diakses dengan mudah oleh peserta didik menggunakan perangkat elektronik yang mendukung.

Kata-kata kunci: modul digital, Student Teams Achievement Division, besaran fisika dan pengukuran.

Abstract

The STAD-based "Phyqsure" digital module is an innovative teaching material developed in order to support learning that is relevant to technological developments in the digital era where the product produced can facilitate student’s learning on physical quantities and measurement in a more interesting and effective way because the learning material presented is not only in the form of dull text, but is also equipped with accessible features, such as pictures, animations, and videos. This study aims to develop a digital module "Phyqsure" based on STAD (Student Teams Achievement Division) on the learning material of physics quantities and measurement that are valid to be used as physics teaching materials for 10th grade high school using the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The final product of this research is a digital module design that is presented using the Heyzine Flipbook website and can be accessed easily by students using a supporting electronic device.  

Keywords: digital module, Student Teams Achievement Division, physics quantities and measurement.

References

Abdul, Cecep, “Analisis Dampak Supervisi Kelas Terhadap Kualitas Kinerja Pendidik,” Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 1, no. 1, pp. 48-58, 2022.

Saekowati, R. D. Setyawati, Sugiyanti, “Efektivitas Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantu E-Modul Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis,” in Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Semarang, pp. 239-240, 2018.

R. Kismawati, T. Ernawati, P. H. Winingsih, “Pengembangan E-Komik Berbasis Heyzine Flipbook pada Materi Sistem Pencernaan bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP,” Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, vol. 6, no. 3, pp. 359-370, 2022.

Suswanto, “Kompetensi Guru,” Jurnal Ilmiah dalam Pendidikan, vol. 1, no. 2, p. 14, 2018.

K. T. Satriaman, N. M. Pujani, P. Sarini, “Implementasi Pendekatan Student Centered Learning dalam Pembelajaran IPA dan Relevansinya dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, vol. 1, no. 1, p. 13, 2018.

G. Wang, “On the Application of Cooperative Learning in College English,” International Education Studies, vol. 13, no. 6, p. 62, 2020.

Noviyanti, G Gamaputra, “Model Pengembangan ADDIE,” Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial, vol. 4, no. 2, pp. 109-117, 2020.

Salsabila, Tasya, “Pengembangan E-Modul Berbasis STAD pada Materi Tata Surya Di SMP/MTs,” Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 2022.

Published
2024-01-31
How to Cite
Rahmatika, F. F., Nasbey, H., & Budi, E. (2024). RANCANGAN MODUL DIGITAL “PHYQSURE” BERBASIS STAD PADA MATERI BESARAN FISIKA DAN PENGUKURAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF-217. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF31
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya