RANCANGAN WEBSITE “FIDIKENYA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

  • Ni Made Ayu Diarti Putri Artasya Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia
  • Hadi Nasbey Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia
  • Esmar Budi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Website “FIDIKENYA” sebagai media pembelajaran fisika merupakan sebuah inovasi media pemblejaran yang dikembangkan dengan pendekatan kontekstual. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan dalam rangka mendukung pembelajaran yang relevan dengan perkembangan teknologi pada era digital di mana produk yang dihasilkan dapat memfasilitasi pembelajaran peserta didik pada pembelajaran fisika dengan cara yang lebih menarik dan efektif karena menyajikan materi dan konsep-konsep fisika yang dipelajari melalui penjelasan cara kerja alat, fenomena alam, serta kegiatan manusia pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan website “FIDIKENYA” sebagai media pembelajaran kontekstual fisika dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Produk akhir dari penelitian ini berupa rancangan website media pembelajaran fisika yang disajikan menggunakan situs web wix.com dan dapat diakses dengan mudah oleh peserta didik menggunakan perangkat elektronik yang mendukung.

Kata-kata kunci: website, media pembelajaran, pembelajaran kontekstual, fisika.

Abstract

The "FIDIKENYA" website as a physics learning media is an innovative learning media developed with a contextual approach. The development of this learning media is carried out in order to support a student learning activity that is relevant to technological developments in the digital era where the products produced can facilitate student learning physics in a more interesting and effective way because it presents material and physics concepts that are learned through explanations of how works of a tools, natural phenomena, and human activities in everyday life. This study aims to develop the "FIDIKENYA" website as a media for contextual learning of physics in everyday life using the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The final product of this research is in the form of a website design for learning media which is presented using the wix.com website and can be accessed easily by students using any supporting electronic devices.

Key words: websites, learning media, contextual learning, physics.

References

Trianto, “Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik,” of Publisher, Jakarta, Indonesia: Prestasi Pustaka, 2017.

Atsani, “Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19,” in Jurnal Studi Islam, vol. 1, no. 1, pp. 82-93, 2020.

T. Solihudin, “Pengembangan E-Modul Berbasis Web untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika pada Materi Listrik Statis dan Listrik Dinamis SMA,” in Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, pp. 51-61, 2018.

F. Yolanda, P. Wahyuni, “Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME,” in Supremum Journal of Mathematics Education, p. 172, 2020.

N. Dwitiyanti, S. A. Kumala, F. Widiyatun, “Using the ADDIE Model in the Development of Physics Unit Conversion Application Based on Android as Learning Media,” in Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, pp. 126-127, 2020.

J. D. Cutnell, K. W. Johnson, “in Physics edition 9th ed,” of Publisher, United States of America: Wiley and Sons, 2009.

K. Alavi, M. S. Rahman, “Microwave Processing of Foods,” in Jurnal: Food and Bioprocess Technology, vol. 3, no. 6, 2010.

A. V. Todic, M. Zivanovic, S. N. Vujanovic, “Experimental Study of Heat Transfer in Induction Hobs for Different Cookware Materials,” in Jurnal: Energy Conversion and Management, vol. 158, 2018.

P. V. Madhusudhan Rao, C. V. R. Murty, “Thermal Expansion of Window Frames and Seals: Analysis and Design Considerations,” in Jurnal: Journal of Structural Engineering, vol. 132, no. 7, 2006.

K. B. Kefayati, E. Farnazsadat, “Water Flow and Fluid Mechanics in Showers: A Review,” in Jurnal: Building Services Engineering Research & Technology, vol. 39, no. 5, 2018.

L. Rijal, G. S. Brager, “Thermal Comfort in Bathrooms: A Review,” in Jurnal: Building and Environment, vol. 46, no. 7, 2011.

S. N. Mohd Hisham, M. R. Ahmad, N. M. Tawil, “Optimization of clothes hanger design for reducing the risk of clothes slipping,” in Procedia Engineering, vol. 41, 2012.

Published
2024-01-31
How to Cite
Artasya, N. M. A. D. P., Nasbey, H., & Budi, E. (2024). RANCANGAN WEBSITE “FIDIKENYA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF-223. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF32
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya