RANCANGAN MODUL ELEKTRONIK DILEMMA-STEAM PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

Authors

  • Ruth Angelina Sirait Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya No. 11, Jakarta, Indonesia
  • Hadi Nasbey Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya No. 11, Jakarta, Indonesia
  • Esmar Budi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka Raya No. 11, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.1201.PF33

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik Dilemma-STEAM pada materi energi terbarukan yang layak digunakan sebagai bahan ajar fisika SMA kelas X dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Modul elektronik atau E-Modul berbasis Dilemma-STEAM adalah modul elektronik fisika yang didasarkan pada pendekatan Dilemma-STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) untuk mengajarkan materi energi terbarukan. Pendekatan ini bertujuan untuk melibatkan siswa dalam diskusi dan analisis tentang dilema yang berkaitan dengan pengembangan, penerapan, dan dampak energi terbarukan dalam kehidupan sehari-hari, di mana produk yang dihasilkan dapat memfasilitasi pembelajaran peserta didik pada materi energi terbarukan dengan cara yang lebih menarik dan efektif karena materi pembelajaran yang disajikan tidak hanya berupa cetakan tulisan yang menjenuhkan, melainkan juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat diakses, seperti gambar, animasi, dan video. Produk akhir dari penelitian ini berupa rancangan modul elektronik yang disajikan menggunakan situs web Flip PDF Profesional dan dapat diakses dengan mudah oleh peserta didik menggunakan perangkat elektronik yang mendukung.

Kata-kata kunci: modul elektronik, Dilemma-STEAM, energi terbarukan.

Abstract

This study aims to develop the Dilemma-STEAM electronic module on renewable energy materials that are suitable for use as physics teaching materials for class X SMA using the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The Dilemma-STEAM-based electronic module or E-Module is an electronic physics module based on the Dilemma-STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics) approach to teach renewable energy material. This approach aims to involve students in discussion and analysis of dilemmas related to the development, application, and impact of renewable energy in everyday life, where the products produced can facilitate students' learning on renewable energy material in a more interesting and effective way. because the learning material presented is not only in the form of saturated written prints, but also equipped with accessible features, such as pictures, animations, and videos. The final product of this research is an electronic module design that is presented using the Flip PDF Professional website and can be accessed easily by students using electronic devices that support.  

Keywords: electronic module, Dilemma-STEAM, renewable energy.

References

[1] F. Ayuningsih, S. Sutama, S. Suyatmini, “Pengembangan Modul Ajar Matematika Materi Kuantor Berbasis Steam Project Based Learning,” AKSIOMA Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 11, no. 4, pp. 3285-3299, 2022, doi: 10.24127/ajpm.v11i4.6021.
[2] N. Pajr, M. Hidayat, D. A. Kurniawan, “Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Rangkaian Listrik Untuk Siswa SMP Kelas IX,” Jurnal Fisika, vol. 2, pp. 94-100, 2013.
[3] E. S. Handayani, “Pengembangan E-Modul Fisika Terintegrasi Stem Untuk Melatih Kemampuan Berfikir Kritis Pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya,” Skripsi, 2022.
[4] Y. Rahmawati et al., “Students empowerment in chemistry learning through the integration of dilemma teaching pedagogy in plastic waste,” in Journal of Physics: Conference Series, vol. 1521, no. 4, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1521/4/042079.
[5] C. Conradty, S. A. Sotiriou, F. X. Bogner, “How creativity in STEAM modules intervenes with self-efficacy and motivation,” Education Science, vol. 10, no. 3, 2020, doi: 10.3390/educsci10030070.
[6] E. Natalya, Y. Rahmawati, E. Erdawati, “Integration dilemmas stories in STEAM project of colloid,” in Journal of Physics: Conference Series, vol. 1869, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1869/1/012046.
[7] Y. Rahmawati, A. Afrizal et al., “The integration of dilemmas stories with stem-project-based learning: Analyzing students’ thinking skills using hess’ cognitive rigor matrix,” Journal Technology Science Education, vol. 11, no. 2, pp. 419-439, 2021, doi: 10.3926/jotse.1292.
[8] F. Hidayat, M. Nizar, “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Jurnal Inov. Pendidikan Agama Islam, vol. 1, no. 1, pp. 28-38, 2021, doi: 10.15575/jipai.v1i1.11042.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Sirait, R. A., Nasbey, H., & Budi, E. (2024). RANCANGAN MODUL ELEKTRONIK DILEMMA-STEAM PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN . PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF–229. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF33

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya