PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ELASTISITAS

  • Sharfina Adelia Widiantoro Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka Jakarta Timur, 13220, Indonesia
  • Agus Setyo Budi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka Jakarta Timur, 13220, Indonesia
  • Hadi Nasbey Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka Jakarta Timur, 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Media Pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi digunakan untuk keberlangsungan pembelajaran. Dalam Pendidikan, teknologi dapat digunakan untuk mempercepat tercapainya tujuan pendidikan serta dapat membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis sistem android. Materi pembelajaran pada konten media dibatasi pada materi elastisitas, dengan pendekatan model pembelajaran Problem Based Learning. Model pengembangan ADDIE (Analyze, Desain, Development, Implementation dan Evaluation) digunakan dalam penelitian Research and Development ini. Berdasarkan hasil dari validasi, nilai persentase rata rata yang diperoleh sebesar 93% dengan kriteria sangat layak dari ahli materi, kemudian 81% dengan kriteria layak dari ahli media, serta 94% dengan kriteria sangat layak dari ahli pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi android berbasis model Problem based learning telah memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang layak untuk mendukung pembelajaran pada materi Elastisitas.

Kata-kata kunci: Aplikasi Android, Problem Based Learning, Elastisitas.

Abstract

Learning media integrated with technology are used for the continuity of learning. In education, technology can be used to accelerate the achievement of educational goals and can support teachers in the delivery of learning content. Therefore, this study is to create physics learning media-based Android system. Learning material in media content limited to elasticity subject with the Problem Based Learning learning approach. The ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) model has been used in Research and Development. According to the validation results, the determined average percentage value was 93% with the very actionable criteria of material experts. Whereas, there are 81% the corresponding category of media criteria and 94% with the very actionable criteria of learning experts. Hence, it can be concluded that the Android-based application of the problem-based learning model has met the criteria as a learning medium suitable to support learning on elasticity subject.

Keywords: Android application, Problem Based Learning, Elasticity.

References

V. Sondole, H. Taunaumang, A. Komansilan, “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Elastisitas Bahan Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPA,” CHARM SAINS Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 4, no 1, p. 35, 2023.

I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni, D. L. Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android,” JPPPF-Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 1, p. 58, 2017.

S. A. K. Marhadini, I. Akhlis, I. Sumpono, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Gerak Parabola Untuk Siswa SMA,” Unnes Physics Education Journal, vol. 6, no. 3, p. 39, 2017.

N. Wulandari, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android di SMA Negeri 3 Ngabang,” Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, vol. 9, no. 1, p. 22, 2020.

N. Syaputrizal, R. Jannah, “Media Pembelajaran Fisika Berbasis Mobile Learning pada Platform Android Menggunakan Aplikasi App Inventor untuk Meningkatkan KemandirPeserta Didikian Belajar,” Natural Science: Jurnal Penelitian bidang IPA dan Pendidikan IPA, vol. 5, no. 1, p. 801, 2019.

S. A. Kumala, N. Dwitiyanti, F. Widiyatun, “Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Sfifi Pada Materi Besaran dan Satuan,” JIP Jurnal Inovasi Penelitian, vol. 2, no. 8, p. 2756, 2022.

R. D. Astutik, M. N. R. Jauhariyah, “Studi Meta Analisis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Fisika,” ORBITA Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, p. 166, 2021.

C. D. Mayangsari, B. H. Iswanto, D. Susanti, “Handout Berbasis Android Untuk Pembelajaran Usaha dan Energi di SMA Dengan Model Problem Based Learning,” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2018, p. 71, 2018.

A. D. A. Kurniawan, R. Perdana, H. Pathoni, “Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi,” Unnes Physics Education Journal, vol. 8, no. 1, p. 35, 2019.

D. S. Putra, A. Lumbantoruan, S. C. Samosir, “Deskripsi Sikap Siswa : Adopsi Sikap Ilmiah, Ketertarikan Memperbanyak Waktu Belajar Fisika dan Ketertarikan Berkarir di Bidang Fisika,” Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 8, no. 2, p. 92, 2019.

S. A. Oktavia et al., “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Fisika Kelas XI pada Materi Elastisitas,” Prosiding Seminar Nasional Fisika, vol. 6, p. 88, 2020.

Sugiyono, “Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development,” Bandung: Penerbit Alfabeta, 2015.

R. M. Branch, “Instructional Design: The ADDIE Approach,” New York: Springer Science+Business Media, 2009.

R. Sundayana, “Statistika Penelitian Pendidikan,” Bandung: Alfabeta, 2020.

Published
2024-01-31
How to Cite
Widiantoro, S. A., Budi, A. S., & Nasbey, H. (2024). PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ELASTISITAS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF-249. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF36
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya