PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS HYPERCONTENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA KELAS XI

Authors

  • Khairul Bariyyah Magister Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan.Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara 20221, Indonesia.
  • Sahat Hasiholan Pakpahan Magister Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan.Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara 20221, Indonesia.
  • Ester Sari Febrina Sinaga Magister Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Medan.Jalan Willeam Iskandar Pasar V Medan Estate Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara 20221, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.21009/03.1201.PF39

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) validitas modul ajar berbasis hypercontent yang dikembangkan, 2) kepraktisan modul ajar berbasis hypercontent yang dikembangkan, dan 3) keefektifan terhadap penerapan setiap indikator kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Research and Development menggunakan desain ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas XI di sekolah SMA Negeri 1 Sei Suka. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket validasi ahli media, angket validasi ahli eksperimen, angket respon siswa, lembar observasi kemampuan berpikir kreatif dan instrumen hasil belajar siswa. Hasil penelitian oleh ahli media diperoleh skor rata-rata 88,6% dengan kategori sangat valid dan untuk penilaian ahli eksperimen skor rata-rata 94% dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan modul yang ditinjau dari angket respon siswa diperoleh skor kepraktisan sebesar 85,5%, dengan kategori sangat praktis. Adapun aspek keefektifan diperoleh adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 83% dengan kategori sangat efektif dan peningkatan hasil belajar siswa diperoleh n-gain sebesar 0,70 dengan kriteria cukup  efektif.

Kata-kata kunci: modul Hypercontent, berpikir kreatif.

Abstract

This study aims to determine: 1) the validity of the developed hypercontent-based teaching modules, 2) the practicality of the developed hypercontent-based teaching modules, and 3) the effectiveness of implementing each indicator of creative thinking skills and student learning outcomes. This type of research is Research and Development using the ADDIE design (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The population in the study were all students of class XI at SMA Negeri 1 Sei Suka. The instruments used in the study were media expert validation questionnaires, experimental expert validation questionnaires, student response questionnaires, observation sheets for creative thinking skills and student learning outcomes instruments. The results of research by media experts obtained an average score of 88.6% with a very valid category and for the assessment of experimental experts an average score of 94% with a very valid category. The results of the practicality of the module in terms of the student response questionnaire obtained a practicality score of 85.5%, with a very practical category. As for the aspect of effectiveness, it was obtained that there was an increase in students' creative thinking abilities of 83% with very effective categories and an increase in student learning outcomes obtained an n-gain of 0.70 with criteria quite effective.

Keywords: Hypercontent module, think creatively.

References

[1] M. Amin, S. Muslim, M. K. Wirasti, “Modul Pembelajaran Hypercontent Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer Untuk Mahasiswa Asal Daerah 3T Di STKIP Surya,” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, vol. 9, no. 2, pp. 229-242, 2020.
[2] Amin, Suyitno Muslim, Murti Kusuma Wirasti, “Modul Pembelajaran Hypercontent Pengenalan Perangkat Jaringan Komputer untuk Mahasiswa Asal Daerah 3T di STKIP Surya,” Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2020, Diunduh dari file:///C:/Users/ASUS/AppData/Local/Temp/24142-54233-1-PB.pdf.
[3] Y. Handayani, D. H. Marisda, “Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Hypercontent Pada Konsep Suhu dan Kalor,” Karst:Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, vol. 3, no. 1, pp. 122-127, 2020, https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.574.
[4] Marta et al., ”E-Modul Berbasis Hypercontent : Upaya Untuk Mengatasi Kesulitan Pemmbelajaran Sejarah di Masa Pandemi Covid-19,” Journal Of History Education, vol. 4, 2020.
[5] D. S. Prawiradilaga, R. Widyaningrum, D. Ariani, “Modul, Prinsip-prinsip Dasar Pengembangan Hypercontent, Berpendekatan,” Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, vol. 5, no. 2, pp. 57-65, 2017, https://learntechlib.org/p/209355.
[6] H. Putranta, Supahar, “Synthesis of the cognitive aspects’ science literacy and higher order thinking skills (HOTS) in chapter momentum and impulse,” Journal of Physics: Conference Series, vol. 1397, pp. 1-12, 2019.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Bariyyah, K., Pakpahan, S. H., & Sinaga, E. S. F. (2024). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS HYPERCONTENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA KELAS XI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF–269. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF39

Issue

Section

Pendidikan Fisika dan Aplikasinya