PENGEMBANGAN E-LKPD BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS DENGAN MODEL POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.21009/03.1201.PF41Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbantuan Liveworksheets dengan model POE (Predict-Observe-Explain) pada materi teori kinetik gas untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMA kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model Dick & Carey. Tahapan prosedur dalam model Dick & Carey terdiri dari sepuluh tahap yang dapat membantu peserta didik mengalami proses pembelajaran secara sistematis. Penilaian kelayakan lembar kerja siswa ini menggunakan instrumen skala Likert.
Kata-kata kunci: E-LKPD, Liveworksheets, POE, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.
Abstract
This research was conducted to develop E-LKPD assisted by Liveworksheets with POE (Predict-Observe-Explain) model on gas kinetic theory material to train high level thinking skills of class XI high school students. The method used in this research is R&D (Research and Development) with the Dick & Carey model. The stages of the procedure in the Dick & Carey model consist of ten stages that can help students experience the learning process systematically. The feasibility assessment of this student worksheet uses a Likert scale instrument.
Keywords: E-LKPD, Liveworksheets, POE, Higher Order Thinking Skills.
References
[2] J. Voogt, G. Knezek, “Rethinking learning in a digital age: Outcomes from EDUsummIT 2017,” Technology, Knowledge and Learning, 23(3), 369-375, 2018
[3] Muliyati, D., Nurindrasari, M., Ervina, E., & Rustana, C., “Student Worksheet Based On PhET Simulation For Parabolic Motion: A Design Worksheet Using Predict-Observe-Explain Model,” In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), vol. 3, pp. 155-162, 2019.
[4] B. FitzPatrick, H. Schulz, “Do Curriculum Outcomes and Assessment Activities in Science Encourage Higher Order Thinking?,” Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education, vol. 15, no. 2, pp. 136-154, 2015.
[5] F. Yusmar, R. E. Fadilah, “Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil PISA dan Faktor Penyebab,” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, vol. 13, no. 1, pp. 11-19, 2023.
[6] I. Rahmawati, A. Setiani, H. S. Lukman, “Eksperimentasi Model Pembelajaran POE dengan Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa,” PRISMA, vol. 11 no. 2, pp. 320-328, 2022.
[7] M. D. Bani, “Penerapan Model Pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE) Dengan Teknik Giving Question And Getting Answers (Gqga) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa,” Jurnal Gatranusantara, vol. 17, no. 1, pp. 59-68, 2019.
[8] Nugraha et al., “Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Pemahaman Konsep,” In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), vol. 4, pp. 174-179, 2019.
[9] Amelia et al., “Penerapan Model Poe Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas XI SMA,” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 121-127, 2021.
[10] N. R. Nita, “Penerapan Predict-Observe-Explain (POE) Berbantuan Lkpd Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA 2 MAN Buleleng: Implementation Of Predict-Observe-Explain (POE) Assisted By LKPD To Inprove Critical Thinking Ability And Learning Outcomes Of Physics In XI MIPA 2 Man Buleleng,” Widyadewata, vol. 5, no. 2, pp. 129-137, 2022.
[11] I. G. Suryawirawati, “Remediasi Miskonsepsi Siswa Smp Pada Konsep Pemanasan Global Menggunakan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE),” Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 2018.
[12] A. Widyawati, R. N. Indahsari, D. Hasanah, “The Development of Electronic Student Worksheets (E-LKPD) based on Scaffolding of Energy Material in Life System Class VII,” In The International Conference on Technology, Education, and Science, vol. 4, no. 1, pp. 129-139, 2022.
[13] M. Rachmasari, V. Serevina, A. S. Budi, “Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi,” In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), vol. 8, 2019.
[14] M. Rahmawati, H. Ansori, Y. Suryaningsih, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis HOTS Melalui Pendekatan Realistik Berbantukan Liveworksheet Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Tingkat SMP,” JURMADIKTA, vol. 2 no. 2, pp. 26-37, 2022.
[15] H. K. Widyaningrum et al., “The use of Edmodo apps in flipped classroom learning. How is the students’ creative thinking ability?,” Ingenierie Des Systemes d’Information, vol. 25 no.1, pp. 69-74, 2020.
[16] E. M. Ramadani, N. Nana, “Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet Pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA: Literature review,” JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), vol. 8, no. 1, 2020.
[17] M. Agustina, Y. Yushardi, A. D. Lesmono, “Analisis Penguasaan Konsep-Konsep Teori Kinetik Gas Menggunakan Taksonomi Bloom Berbasis Hots Pada Siswa Kelas XI IPA di MAN Jember,” Jurnal pembelajaran fisika, vol. 7, no. 4, pp. 334-340, 2018.
[18] H. Hanafi, “Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan,” SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, vol. 4, no. 2, pp. 129-150, 2017.
[19] W. Fitriani, F. Bakri, S. Sunaryo, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill) Siswa SMA,” WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, 2017.