PENGEMBANGAN E-LKPD BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS DENGAN MODEL POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

  • Sarah Febriyana Putria Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia
  • Hadi Nasbey Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia
  • Umiatin Umiatin Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbantuan Liveworksheets dengan model POE (Predict-Observe-Explain) pada materi teori kinetik gas untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMA kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model Dick & Carey. Tahapan prosedur dalam model Dick & Carey terdiri dari sepuluh tahap yang dapat membantu peserta didik mengalami proses pembelajaran secara sistematis. Penilaian kelayakan lembar kerja siswa ini menggunakan instrumen skala Likert.

Kata-kata kunci: E-LKPD, Liveworksheets, POE, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Abstract

This research was conducted to develop E-LKPD assisted by Liveworksheets with POE (Predict-Observe-Explain) model on gas kinetic theory material to train high level thinking skills of class XI high school students. The method used in this research is R&D (Research and Development) with the Dick & Carey model. The stages of the procedure in the Dick & Carey model consist of ten stages that can help students experience the learning process systematically. The feasibility assessment of this student worksheet uses a Likert scale instrument.

Keywords: E-LKPD, Liveworksheets, POE, Higher Order Thinking Skills.

References

N. F. Ikhlashul Amalia et al., “Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatankan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 8153-8162, 2022.

J. Voogt, G. Knezek, “Rethinking learning in a digital age: Outcomes from EDUsummIT 2017,” Technology, Knowledge and Learning, 23(3), 369-375, 2018

Muliyati, D., Nurindrasari, M., Ervina, E., & Rustana, C., “Student Worksheet Based On PhET Simulation For Parabolic Motion: A Design Worksheet Using Predict-Observe-Explain Model,” In Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), vol. 3, pp. 155-162, 2019.

B. FitzPatrick, H. Schulz, “Do Curriculum Outcomes and Assessment Activities in Science Encourage Higher Order Thinking?,” Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education, vol. 15, no. 2, pp. 136-154, 2015.

F. Yusmar, R. E. Fadilah, “Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil PISA dan Faktor Penyebab,” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, vol. 13, no. 1, pp. 11-19, 2023.

I. Rahmawati, A. Setiani, H. S. Lukman, “Eksperimentasi Model Pembelajaran POE dengan Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa,” PRISMA, vol. 11 no. 2, pp. 320-328, 2022.

M. D. Bani, “Penerapan Model Pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE) Dengan Teknik Giving Question And Getting Answers (Gqga) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa,” Jurnal Gatranusantara, vol. 17, no. 1, pp. 59-68, 2019.

Nugraha et al., “Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Pemahaman Konsep,” In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), vol. 4, pp. 174-179, 2019.

Amelia et al., “Penerapan Model Poe Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas XI SMA,” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 121-127, 2021.

N. R. Nita, “Penerapan Predict-Observe-Explain (POE) Berbantuan Lkpd Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI MIPA 2 MAN Buleleng: Implementation Of Predict-Observe-Explain (POE) Assisted By LKPD To Inprove Critical Thinking Ability And Learning Outcomes Of Physics In XI MIPA 2 Man Buleleng,” Widyadewata, vol. 5, no. 2, pp. 129-137, 2022.

I. G. Suryawirawati, “Remediasi Miskonsepsi Siswa Smp Pada Konsep Pemanasan Global Menggunakan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE),” Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 2018.

A. Widyawati, R. N. Indahsari, D. Hasanah, “The Development of Electronic Student Worksheets (E-LKPD) based on Scaffolding of Energy Material in Life System Class VII,” In The International Conference on Technology, Education, and Science, vol. 4, no. 1, pp. 129-139, 2022.

M. Rachmasari, V. Serevina, A. S. Budi, “Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi,” In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), vol. 8, 2019.

M. Rahmawati, H. Ansori, Y. Suryaningsih, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis HOTS Melalui Pendekatan Realistik Berbantukan Liveworksheet Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Tingkat SMP,” JURMADIKTA, vol. 2 no. 2, pp. 26-37, 2022.

H. K. Widyaningrum et al., “The use of Edmodo apps in flipped classroom learning. How is the students’ creative thinking ability?,” Ingenierie Des Systemes d’Information, vol. 25 no.1, pp. 69-74, 2020.

E. M. Ramadani, N. Nana, “Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab Phet Pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA: Literature review,” JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), vol. 8, no. 1, 2020.

M. Agustina, Y. Yushardi, A. D. Lesmono, “Analisis Penguasaan Konsep-Konsep Teori Kinetik Gas Menggunakan Taksonomi Bloom Berbasis Hots Pada Siswa Kelas XI IPA di MAN Jember,” Jurnal pembelajaran fisika, vol. 7, no. 4, pp. 334-340, 2018.

H. Hanafi, “Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan,” SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, vol. 4, no. 2, pp. 129-150, 2017.

W. Fitriani, F. Bakri, S. Sunaryo, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill) Siswa SMA,” WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, 2017.

Published
2024-01-31
How to Cite
Putria, S. F., Nasbey, H., & Umiatin, U. (2024). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS DENGAN MODEL POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 12(1), PF-283. https://doi.org/10.21009/03.1201.PF41
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya